Makalah Taktik Meningkatkan Sales / Penjualan



MANAJEMEN STRATEGI

STRATEGI MENINGKATKAN SALES / PENJUALAN







Disusun Oleh Kelompok 1 :
Agit Sanjaya                          201305063
Avrilia Sabattini                    2013050221
Galuh Cristianto                    2012052986
Nur Halimah                          2013050300


UNIVERSITAS PAMULANG
Jl. Surya Kencana No.1,Pamulang
2015





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya kami sanggup menuntaskan makalah ini dengan baik. Makalah yang berjudul meningkatkan sales / pejualan perusahaan ini membahas mengenai Strategi dalam meningkatkan sales/penjualan dalam suatu perusahaan.
            Dalam penulisan makalah ini kami banyak mendapat proteksi dari aneka macam pihak. Oleh lantaran itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini.

            Kami sadar bahwa dalam makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan kami. Oleh lantaran itu,kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini sanggup bermanfaat bagi kita.

            Akhir kata, kami memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan.



Pamulang, Mei 2015
Penulis

(Kelompok 1)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Saatnya merubah taktik penjualan anda untuk meningkatkan penjualan secara dramatis. Dari taktik penjualan yang hanya menarik konsumen gres menjadi menarik hati konsumen yang terjamin akan kembali untuk membeli lagi.
Omset sebuah bisnis merupakan sebuah kunci utama untuk mengembangkan perjuangan kita, meningkatnya omset di dalam penjualan bisa menjadi citra akan potensi suksesnya bisnis tersebut, untuk seorang sales rasanya sudah bukan hal yang absurd lagi, hampir 80% sales/marketing di sebuah perusahaan di target omset perbulan ,per 3 bulan dan pertahun.
Promosi pada hakekatnya yakni suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha berbagi informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya biar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan
Adapun tujuan dari pada perusahaan melaksanakan promosi berdasarkan Tjiptono (2001 : 221) yakni menginformasikan (informing), menghipnotis dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding) pelangggan perihal perusahaan dan bauran pemasarannya. Sistaningrum (2002 : 98) menjelaskan tujuan promosi yakni empat hal, yaitu memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi dan membentuk tingkah laris serta mengingatkan kembali perihal produk dan perusahaan yang bersangkutan.
 Pada prinsipnya antara keduanya yakni sama, yaitu sama-sama menjelaskan bila produk masih gres maka perlu memperkenalkan atau menginformasikan kepada konsumen bahwa dikala ini ada produk gres yang tidak kalah dengan produk yang lama. Setelah konsumen mengetahui produk yang baru, diharapkan konsumen akan terpengaruh dan terbujuk sehingga beralih ke produk tersebut. Dan pada akhirnya, perusahaan hanya sekedar mengingatkan bahwa produk tersebut tetap anggun untuk dikonsumsi.Hal ini dilakukan lantaran banyaknya serangan yang tiba dari para pesaing.
Strategi yang ampuh & efektif dalam Meningkatkan Penjualan Produk Barang bisa menggunakan aneka macam cara, sistem dan inovasi. Semakin banyak orang yang Anda jangkau, semakin banyak pula angka penjulan yang bisa Anda capai.
 Oleh lantaran itu, marketing merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan untuk seorang entrepreneur.Meskipun begitu, hal yang paling esensial yang harus anda perhatikan dalam marketing Anda pertama-tama yakni taktik marketing yang baik.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang problem di atas, maka sanggup dirumuskan problem sebagai berikut:
·         Bagaimana taktik yang digunakanperusahaan  untuk meningkatkan penjualan?
·         Hal hal apa saja yang harus di perhatikan oleh perusahaan dalam meningkatkan Penjualan?
·         Bagaimana cara untuk perusahaan biar sanggup bersaing dengan perusahanaan lainnya?



1.3  Tujuan Penulisan 
Penulisan ini dilakukan untuk menyampaikan informasi atau citra mengenai:
1.              Mengetahui  Informasi-informasi yang sanggup meningkatkan penjualan perusahaan
2.              Mengetahui Strategi yang benar dalam meningkatkan penjualan
3.              Mengetahui cara enghadapi persaingan di pasar





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Omset

Omset sebuah bisnis merupakan sebuah kunci utama untuk mengembangkan perjuangan kita (cara meningkatkan omset penjualan),meningkatnya omset di dalam penjualan bisa menjadi citra akan potensi suksesnya bisnis tersebut,untuk seorang sales saya rasa sudah bukan hal yang absurd lagi,hampir 80% sales/marketing di sebuah perusahaan di target omset perbulan ,per 3 bulan dan pertahun.
            Kondisi pasar, ini penting untuk para pembisnis, biar perjuangan kita lancar kita harus mengetahui terlebih dahulu perihal apa bidang bisnis yang kita jalanin sesuai dengan lokasi di kawasan tersebut,apakah mungkin produk kita akan di respon baik oleh masyarakat sekitar,dan yang tidak kalah penting yakni usang kelangsungan bisnis kita jalanin tersebut,
            Untuk memulai bisnis banyak orang menyampaikan merupaakan hal yang tidak begitu sulit,namum untuk bertahan dan bersaing di pasar yakni sebuah hal yang sulit,tanpa pengalaman dan mengetahui tata cara kelolah bisnis dengan benar ,maka dengan gampang sebuah bisnis tersebut kalah saing dan omset setiap bulan akan menurun dratis, dengan di lengkapi taktik pemasaran yang kuat dan di lengkapi pengalaman dan pengetahuan yang sangat baik perihal kawasan tempat bisnis anda dikala ini,maka dengan gampang anda bisa menaikan omset penjualan 2x lipas sesuai dengan kebutuhan pasar dan taktik pemasaran yang tepat.

  2.2 Pengertian Promosi.

Menurut 2 Ahli berikut menyatakan :
a.      Tjiptono (2001 : 219)
 Promosi pada hakekatnya yakni suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha berbagi informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya biar bersedia menerima, membeli dan loyal pada poduk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

b.      Sistaningrum (2002 : 98)
Mengungkapkan arti promosi yakni suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam menghipnotis ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” biar mereka mau melaksanakan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, dikala ini atau dimasa yang akan datang. Konsumen positif yakni konsumen yang pribadi membeli produk yang ditawarkan pada dikala atau sesaat sesudah promosi produk tersebut dilancarkan perusahaan.

Adapun tujuan dari pada perusahaan melaksanakan promosi berdasarkan Tjiptono (2001 : 221) yakni menginformasikan (informing), menghipnotis dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding) pelangggan perihal perusahaan dan bauran pemasarannya. Sistaningrum (2002 : 98) menjelaskan tujuan promosi yakni empat hal, yaitu memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi dan membentuk tingkah laris serta mengingatkan kembali perihal produk dan perusahaan yang bersangkutan.

Pada prinsipnya antara keduanya yakni sama, yaitu sama-sama menjelaskan bila produk masih gres maka perlu memperkenalkan atau menginformasikan kepada konsumen bahwa dikala ini ada produk gres yang tidak kalah dengan produk yang lama. Setelah konsumen mengetahui produk yang baru, diharapkan konsumen akan terpengaruh dan terbujuk sehingga beralih ke produk tersebut. Dan pada akhirnya, perusahaan hanya sekedar mengingatkan bahwa produk tersebut tetap anggun untuk dikonsumsi.Hal ini dilakukan lantaran banyaknya serangan yang tiba dari para pesaing. Dalam melaksanakan promosi biar sanggup efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi aneka macam jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

Ada empat jenis kegiatan promosi, antara lain : (Kotler, 2001:98-100).

1.      Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan aneka macam media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
2.      Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi mulut dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
3.      Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan perjuangan tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
4.      Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
5.      Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk penjualan perorangan secara pribadi ditujukan untuk menghipnotis pembelian konsumen.



Promosi penjualan yang dilakukan oleh penjual sanggup dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai. Pengelompokan tersebut yakni sebagai berikut :

1. Customer promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
2. Trade promotion, yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang grosir, pengecer, eksportir dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa dari sponsor.
3. Sales-force promotion, yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjualan.
4. Business promotion, yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahankan kontrak kekerabatan dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada pelanggan usang dan mendidik pelanggan.

Namun yang terang apapun jenis kebutuhan yang akan diprogramkan untuk dipengaruhi, tetap pada perencanaan bagaimana biar perusahaan tetap eksis dan berkembang. Apalagi jikalau perusahaan tersebut mempunyai lini produk lebih dari satu macam.

Jika Anda dikala ini sedang mengelola sebuah bisnis retail dan ingin meningkatkan hasil penjualnnya, ada beberapa taktik yang bisa membuat konsumen menjadi tertarik untuk membeli produk Anda. Promosi, merchandise, bonus pembelian, pemberian harga khusus untuk member, serta kejujuran dalam melayani customer
2.3 Metode Yang Efektif Untuk Membuat Bisnis Retail Anda Bisa Cepat Berkembang.
ü    Menjalankan bisnis dengan jujur.
Jujur sudah tentu hal yang terpuji, entah dalam hal apapun itu.Terlebih lagi ketika Anda menjalankan bisnis.Tidak ada yang lebih baik dari menjalankan bisnis Anda dengan kejujuran.Usahakan dari awal Anda merintis bisnis, kelolalah secara trasnparansi dan tidak menutup-nutupi.
 Memberikan harga yang wajar, pelayanan terbaik untuk konsumen yakni faktor yang mendukung konsumen menjadi pelanggan setia Anda. Dan nantinya juga  percepatan bisnis menjadi semakin bagus.
 Jika konsumen Anda merasa sangat bahagia ketika membeli produk Anda maka sudah barang tentu mereka akan mereferensikan bisnis Anda kepada rekan-rekannya. Lihatlah imbas viral yang akan terjadi nanti.
ü    Beriklan
Tunjukkan kepada konsumen bahwa Anda serius untuk memasarkan produk yang Anda miliki dengan cara beriklan secara teratur. Semakin sering produk Anda melintas diberbagai media iklan yang ada, maka konsumen akan semakin teringat terus perihal produk Anda.
Namun satu hal yang harus Anda perhatikan pada dikala melaksanakan promosi.Jangan mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan secara terus-menerus jikalau belum tepat sasaran pasarnya.Anda tidak harus membayar biaya iklan pada media-media besar, meski bahwasanya itu bagus.
Namun lihat dulu kondisi kas yang ada pada perusahaan Anda. Jangan hingga Anda mengeluarkan banyak cost iklan namun revenue yang didapatkan tidak seberapa. Pertimbangkan juga media yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda tersebut.
ü    Apresiasai pelanggan
 Jika Anda mempunyai beberapa pelanggan setia, biar mereka tetap terus menjadi pelanggan setia Anda, yang perlu Anda lakukan yakni menyampaikan sebuah apresiasi kepada mereka. Entah berupa diskon khusus, ucapan hari raya, maupun bentuk-bentuk apresiasi lainnya yang bisa membuat mereka lebih respect terhadap Anda dan tentunya bisnis Anda. Cari tahu apa yang membuat pelanggan menjadi makin suka terhadap produk yang Anda miliki dikala ini. Memberikan cuilan harga mungkin membuat Anda tidak bisa mendapatkan pemasukan yang besar, namun ingatlah imbas viral yang terjadi ketika pelanggan setia Anda tersebut mereferensikan bisnis Anda kepada teman-temannya.
ü    Penawaran paket
Startegi lainnya yang bisa Anda terapkan yakni menyampaikan penawaran paket khusus yang berisi aneka macam macam produk dengan harga yang lebih ekonomis. Dengan menggabungkan beberapa produk yang saling berkaitan ditambah dengan penawaran harga yang lebih murah, tentu akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk membelinya. Dalam waktu yang singkat Anda akan melihat penjualan yang cukup meningkat drastis dengan model promosi menyerupai ini. Strategi menyerupai ini juga sering diterapkan pada mall-mall besar, supermarket dan juga beberapa minimarket lainnya.
ü    Jalankan taktik dan lakukan promosi
Kombinasikan aneka macam macam taktik yang telah Anda buat, dan lakukan juga promosi yang tepat secara terus-menerus.Agar konsumen tahu bahwa Anda dikala ini sedang mengadakan bazar, promosi produk, atau diskon khusus. Tentunya ini yang akan meningkatkan percepatan laba pada bisnis
2.4. Strategi sukses meningkatkan penjualan Produk.
 Strategi yang ampuh & efektif dalam Meningkatkan Penjualan Produk Barang bisa menggunakan aneka macam cara, sistem dan inovasi. Semakin banyak orang yang Anda jangkau, semakin banyak pula angka penjulan yang bisa Anda capai.

            Oleh lantaran itu, marketing merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan untuk seorang entrepreneur.Meskipun begitu, hal yang paling esensial yang harus anda perhatikan dalam marketing Anda pertama-tama yakni taktik marketing yang baik. Jangan sia-siakan seluruh dana Anda untuk sat chanel saja, tapi lihatlah segala kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai penjualan yang lebih luas dan lebih jauh lagi.
            Hal penting lainnya yang harus Anda ingat bahwa marketing merupakan hal yang terus berubah, maka Anda pun harus bisa terus berinovasi. Berinovasilah sehinga produk yang Anda jual bisa berbeda dari produk-produk yang ada di pasaran.
Berikut yakni beberapa taktik yang sanggup meningkatkan penjualan dalam peruahaan.
1.      Buatlah pembeli Anda sebagai distributor promosi Anda.
Konsumen yang berpotensi akan umumnya mengenal produk Anda dari kenalan atau sahabat mereka, yang merekomendasikan produk Anda. Jadi, mengapa Anda tidak memanfaatkan hal ini?Anda bisa menbuat konsumen Anda menjadi seorang Brand Ambassador.Anda bisa menyampaikan mereka diskon khusus jikalau mereka merekomendasikan produk Anda ke masyarakat luas.

2.      Buatlah konsumen Anda menjadi fans produk Anda.
Anda harus melihat bagaimana Steve Jobs sanggup membuat beribu orang menyayangi dirinya, dan sangat setia dengan produk-produk yang ia luncurkan. Anda harus membuat produk, bahkan diri Anda sendiri sangat menarik, hingga semua orang tertarik untuk mempromosikannya kepada sahabat mereka.

3.      Tawarkan kartu diskon.
Cara untuk menyampaikan hadiah kepada konsumen Anda yag loyal yakni dengan menyampaikan kartu diskon. Hal ini sanggup membantu membangun loyalitas orang-orang terhadap Brand Anda, dan mereka akan terus kembali lagi untuk menikmati diskon-diskon yang Anda berikan.

4.      Mintalah testimonial dari pelanggan Anda.
 Mintalah Testimonial dari pelanggan Anda yang merasa puas dengan produk yang Anda jual. Hal itu sanggup menghipnotis masyarakat lain, lantaran adanya pengalaman yang positif dari orang lain, keyakinan akan produk Anda sanggup semakin berkembang.


5.      Bentuklah kemitraan.
Untuk seorang trader tunggal, terkadang kemitraan sangat dibutuhkan untuk membangun Bisnis yang lebih besar. Bekerja sama dengan Bisnis lain berarti Anda bisa mempunyai jalan masuk untuk konsumen mereka. Anda juga mempunyai orang-orang yang sanggup mebantu Anda melewati kesulitan-kesulitan dalam menghadapi permasalahan Bisnis Anda.
6.      Buatlah kegiatan social.
Membantu sebuah organisasi sosial akan sangat besar lengan berkuasa untuk Brand bisnis Anda. mempunyai dan membangun kekerabatan yang baik dengan masyarakat sanggup menaikkan pamor Anda di dunia Industri, dan membantu penjualan nantinya.

7.      Buatlah sebuah Kompetisi.
Buatlah sesuatu yang sanggup dibicarakan orang banyak.Buatlah sebuah kompetisi menarik yang sanggup menjadi materi omongan orang-orang, dan sanggup mengundang orang-orang untuk terlibat dengan Bisnis yang Anda jalankan. Keterlibatan itu tidak hanya  sebatas sebagai pembeli, tapi juga sanggup terlibat pribadi melalui kompetisi yang Anda adakan.



8.      Cobalah dan menangkan sebuah penghargaan Bisnis.
 Masuk nominasi penghargaan di dunia Bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan.Untuk beberapa orang, hal yang perlu dilakukan hanyalah sekedar mengisi aplikasi.Jika Anda sukses, koran-koran lokal bisa tertarik untuk meliput bisnis Anda sehingga networking Anda semakin luas.

9.      Buatlah business card yang menarik.
Business card bisa dengan murah diperoleh dan sanggup memberi kesan yang baik dari bisnis Anda. Dengan business card, Anda sanggup terkesan profesional dan sanggup membuat orang-orang mengingat Bisnis Anda.Jika Anda bertemu dengan konsumen-konsumen yang berpotensi, berikanlah kartu Bisnis Anda.Dengan begitu mereka sanggup mengingat Anda dan menghubungi Anda di kemudian hari.

10.  Tulislah sebuah berita.
Tulislah sebuah informasi yang berisi konten yang menjelaskan secara detail perihal bisnis Anda, dan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain. Targetkan seluruh surat kabar yang dinilai relevan dengan bisnis Anda, dan jangan berhenti hingga disitu. Targetkan juga website, majalah, dan radio yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
11.  Gunakanlah media umum yang berpengaruh.
Buatlah akun Facebook, path, istagram,Twitter, serta ocial media lain yang sedang booming untuk bisnis Anda. Anda harus membuat orang-orang megenal dan peduli dengan produk Anda. Jika Anda mempunyai sebuah oci atau stand, tweet lah perihal hal itu, atau apa saja yang Anda sediakan di oci Anda. Tweet pula diskon-diskon yang ada di oci Anda, dan posting lah hal-hal yang sanggup menginfokan produk Anda kepada masyarakat. Untuk sebuah bisnis yang ingin berkembang dan sukses, sangat perlu dibentuk sebuah Website.hal pertama yang dilakukan customer dikala ingin membeli sebuah produk yakni mencarinya lewat Google. Sebuah Website yang menarik sanggup membuat bisnis Anda terlihat ocialional, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.sosial media yang Anda gunakan juga harus terhubung dengan Website Anda.
12.  Marketing melalui email.
Email sanggup memudahkan Anda untuk bekerjasama dengan berjuta-juta orang hanya dengan satu tombol “kirim”. Anda bahkan bisa mendapatkan calon-calon pembeli potensial melalui email.Cara mendapatkan customer pun mudah. Anda cukup menyampaikan kolom alamat email untuk mereka isi, kapanpun  mereka membeli produk dari Anda, sehingga kekerabatan Anda dengan cutomer Anda tidak terputus.

13.  Persiapkan aktivitas pendorong penjualan.
Berikan alasan kepada staff marketing anda untuk pergi keluar sana dan melaksanakan penjualan, penjualan dan penjualan. Mengapa begitu banyak bisnis yang mempercayai staff marketing mereka untuk mengendalikan dan menangani penjualan. Contoh kasus : member reward kepada marketing menyerupai menyampaikan staff marketing mereka sebuah bonus perjalanan liburan ke atlantis atau TV 29 inchi untuk setiap penjualan yang terjadi. Coba lihat Progran Pembentuk Dorongan Penjualan dari Paul Shearstone yang jitu membangun aktivitas pendorong penjualan anda.Cantik, Sederhana dan Praktis untuk di peroleh.

14.  Tumbuhkan semangat keberanian untuk menjual kepada staff marketing anda.
Pada dasarnya pemasaran yang melibatkan produk atau jasa lain tapi bekerjasama dengan produk yang anda pasarkan dan membuatnya biar lebih cocok atau sesuai dan dibutuhkan oleh kustomer anda untuk membelinya atau dalam artian hanya dengan menempatkan embel-embel produk lain didekat produk yang anda fokuskan untuk dipasarkan, tidak akan melejitkan penjualan anda. Agar penjualan lebih sukses, onsumen harus diyakinkan dengan adanya sebuah laba dan manfaat dari sebuah produk atau jasa yang anda pasarkan. misalnya ; dikala terakhir karpet saya dibersihkan di sebuah pembersihan karpet, si pencuci menyampaikan bahwa terdapat noda kotoran binatang dan malah hanya membersihkanya, ia mengalihkan perhatian saya ke problem kecil itu dan menunjukkan saya bagaimana mudahnya dan efektifnya tempat pembersihan mereka membersihkan segala bekas-bekas noda kotoran hewan. Apakah saya akan kembali kepada mereka? Pasti !! Karyawan pencuci karpet tersebut meyakinkan saya untuk kembali mencuci kepada mereka dan membuat tempat pencuc ian mereka sebagai tempat yang cocok dan klop untuk saya kesudahannya akan membuat trick pemasaran yang melejitkan penjualan.

15.  Utamakan pelanggan anda.
            Sangatlah terang pada kenyataanya ada perbedaan antara Pelanggan dan Pembeli,perbedaannya untuk ?Pelanggan? anda yakni mereka menunjukkan kepada anda betapa anda mempunyai poin dan nilai untuk mereka.Bagaimana anda mengharapkan kesetian konsumen menyerupai itu jikalau anda memperlakukan konsumen anda menyerupai seseorang yang gak penting banget gitu lho!!? Ada terdapat beberapa cara yang anda bisa menunjukkan pelanggan anda bahwa anda melayani,menghargai mereka dengan baik dan menomor satukan mereka, Dari teladan kecil saja,seperti menyapa mereka dengan membawa sesuatu yang menguntungakan mereka menyerupai dengan menyampaikan perpanjang diskon hanya untuk mereka yang anda anggap sudah menjadi pelanggan anda.

16.   Rancanglah sebuah aktivitas penghargaan bagi pelanggan anda.
Kita semua sudah kenal dengan yang namanya aktivitas penghargaan untuk pelanggan setia dimana sudah banyak bisnis besar yang menyelenggarakanya.Tapi tidak ada alasan untuk bisnis yang masih kecil tidak sanggup menyelenggarakan atau membuat sebuah aktivitas penghrgaan terhadap pelanggan setia anda. Bisa saja sangat sederhana hanya dengan sebuah diskon untuk pelanggan yang berulang tahun pada tanggal yang ditentukan,atau menyampaikan ?bebas harga untuk pembelian apa saja? untuk pelanggan yang sudah mempunyai poin tertinggi dalam pembelian di perusahan atau untuk bisnis anda.Dari survey menyatakan bahwa aktivitas penghargaan terhadap pelanggan ini sanggup meningkatkan penjualan dan membuat kesetiaan pelanggan yang makin setia terhadap anda.

17.  Berikan teladan gratis kepada customer.
Mengapa sangat banyak bisnis yang mengikut sertakan teladan trial produk gratis pada produk yang lain dikala anda membeli sesuatu dari mereka? Karena itu sanggup meningkatkan penjualan dalam banyak cara. Sebagai konsumer yang telah membeli produk yang orisinil dan puas kemungkinan besar mereka akan mencoba dan menyukai produk yang gres sama menyerupai mereka puas dengan produk yang telah mereka beli sebelumnya dan ingin mencoba dengan membelinya. Setidaknya konsumer yang sudah membeli produk anda sebelumnya akan pikiran yang baik perihal bisnis atau perusahaan anda dan berharaplah biar mereka menyampaikan perihal produk anda. Menarik perhatian kustomer gres yakni hal yang anggun tetapi bukan hanya itu yang menjadi cara untuk meningkatkan penjualan, malah pada kenyataanya itu yakni cara yang berat dalam dilakukan, lantaran dimulai dari awal untuk membuat kenyamanan dan kepercayaan kepada konsumer gres tersebut.

Rubahlah fokus pemasaran anda menyerupai ini untuk lebih menyampaikan keyakinan, dorongan dan kenyamanan kepada pelanggan setia yang sudah kenal dan menjadi konsumen anda sebelumnya, hingga sekaran ,terbukti trick ini lebih manjur dalam meningkatkan penjualan, bahkan terhandal membuat kesetiaan konsumen yang mempengaruh penjualan yang berulang.

2.5. Fungsi Manajemen Strategis dalam prusahaan
            Fungsi administrasi strategik dibedakan menjadi 2 yaitu secara financial dan non financial.
finansial:
1. meningkatkan sales.
2. meningkatkan produktifitas.
3. meningkatkan profitabilitas.

non finansial :
1. mengetahui taktik pesaing.
2. meningkatkan kesadaran akan ancaman.
3. mengurangi resistensi perubahan.
4. meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

            Konsep-konsep stratejik selalu saja memperoleh perhatian serius di dalam sebuah organisasi.Dalam sebuah organisasi terlibat lebih dari satu elemen pembentuk keadaan internal dan juga aneka macam penampilan organisasi homogen lainnya sebagai competitor. Disini, dalam ringkasan ini yakni hendak dikemukakan fungsi administrasi stratejik.
            Bila decision making dan planning merupakan fungsi dari manajemen, maka begitu jualah peranan pengambilan keputusan stratejik dan perencanaan stratejik kepada administrasi stratejik.Pertama, administrasi stratejik bertugas membuat keputusan stratejik yang menggolkan ketetapan tujuan dan sasaran.
            Kemudian administrasi stratejik pun tetapkan apa yang sebaiknya dilakukan untuk masa mendatang. Dan lantas memilih siapa-siapa yang melakukannya serta bagaimana tindakannya.Setelah itu administrasi stratejik meninjau, menggerakkan aktifitas operasional total pihak-pihak yang bertanggung jawab, yang terlibat dalam pencapaian tujuan dan sasaran.Singkatnya, administrasi stratejik berfungsi membuat keputusan stratejik, menyusun planning stratejik, serta berfungsi juga untuk peninjauan atau penilaian stratejik.
            Manajemen strategik sebagai sistem pengimplementasiannya harus didasari dengan menempatkan organisasi satu sistem. Dengan demikian berarti sebuah organisasi akan sanggup menyusun planning strategis dan planning renovasi jikalau tidak mempunyai keterikatan atau ketergantungan sebagai bawahan pada organisasi lain sebagai atasan.
            Rencana strategis dan planning operasi bersifat multidimensi, terutama jikalau perumusan planning strategis hanya dilakukan pada organisasi publik yang tertinggi.Dengan dimensi yang sangat banyak itu, gampang terjadi tidak seluruh dimensi sanggup diakomodasi. Amstrong (1990) menyampaikan pengertian yang lebih singkat dan tegas bahwa pengembangan sumber daya insan yakni mengenai latihan dan pengembangan. Sumber daya insan berdasarkan Mangun (dalam Suroto,1992) ialah semua kegiatan insan yang produktif dan semua potensinya untuk menyampaikan sumbangan yang produktif kepada masyarakat. Kualitas sumber daya insan menyangkut dua aspek yaitu aspek fisik(kualitas fisik), dan aspek non fisik (kualitas non fisik) yang menyangkut kemampuan bekerja, berpikir, dan ketrampilan–ketrampilan lain. Oleh lantaran itu upaya meningkatkan kualitas atau kemampuan-kemampuan non fisik tersebut maka upaya pendidikan dan training yakni yang paling diperlukan.
Proses perencanaan taktik produk mencakup beberap langkah, yaitu:
1.      Analisis Situasi.  
            Analisis situasi dilakukan terhadap lingkungan internal maupun eksternal. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain apakah perusahaan sanggup memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh lingkungan eksternalnya melalui sumber daya yang dimiliki, seberapa besar ajakan terhadap produk tertentu, dan seberapa besar kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan tersebut.
2.      Penentuan Tujuan Produk.
 Selain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, produk yang dihasilkan perusahaan dimaksudkan pula untuk memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan.Dengan demikian,perlu dipertimbangkan apakah produk yang dihasilkan dapat memberikan bantuan bagi pencapaian tujuan perusahaan.
3.      Penentuan Sasaran Pasar.
Perusahaan sanggup berusaha melayani pasar secara keseluruhan ataupun melaksanakan segmentasi. Dengan demikian alternatif yang sanggup dipilih yakni produk standar, customized product, maupun produk standar dengan modifikasi.
4.      Penentuan Anggaran.
Anggaran bisa bermanfaat sebagai alat perencanaan, koordinasi sekaligus sebagai pengendalian
5.      Penetapan Strategi Produk.
Dalam tahap ini, alternatif-alternatif taktik prosuk dianalisis dan dinilai keunggulan dan kelemahannya, kemudian dipilih yang paling baik dan layak untuk kemudian diterapkan.
6. Evaluasi Pelaksanaan Strategi.
Langkah yang terakhir yakni penilaian atau penilaian terhadap pelaksanaan planning yang telah disusun. Langkah-langkah tersebut harus terdapat dalam dalam taktik yang ingin kita lakuakan dan terapkan.dalam suatu kegiatan.





Alasan perusahaan tidak menggunakan administrasi strategik :

1. honor yang rendah.
2. kemalasan.
3. biaya yang banyak.
4. waktu yang lama.
5. pemadaman masalah.
6. terlalu percaya diri.
7. sudah puas dengan kesuksesan.
8. takut gagal.

Fungsi tujuan bagi perusahaan :

1. sebagai motivasi.
2. sebagai legitimasi.
3. sebagai dasar organisasi.
4. mengkhususkan dari pada misi.
5. sebagai pedoman.

               

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

OMSET SEBUAH BISNIS merupakan sebuah kunci utama untuk mengembangkan perjuangan kita, meningkatnya omset di dalam penjualan bisa menjadi citra akan potensi suksesnya bisnis tersebut, untuk seorang sales rasanya sudah bukan hal yang absurd lagi, hampir 80% sales/marketing di sebuah perusahaan di target omset perbulan ,per 3 bulan dan pertahun.
Oleh lantaran itu, marketing merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan untuk seorang entrepreneur.Meskipun begitu, hal yang paling esensial yang harus anda perhatikan dalam marketing Anda pertama-tama yakni taktik marketing yang baik.
Peningkatan sales atau penjualan perusahaan sanggup dilakukan dengan cara diantaranya : buatlah pembeli Anda sebagai distributor promosi Anda,buatlah konsumen Anda menjadi fans produk Anda,tawarkan kartu diskon, mintalah testimonial dari pelanggan Anda,bentuklah kemitraan,buatlahkegiatan social, buatlah sebuah Kompetisi,cobalah dan menangkan sebuah penghargaan Bisnis,buatlah business card yang menarik,tulislah sebuah berita,gunakanlah media umum yang berpengaruh.
marketing melalui email,persiapkan aktivitas pendorong penjualan.
tumbuhkan semangat keberanian untuk menjual kepada staff marketing anda,utamakan pelanggan anda,rancanglah sebuah aktivitas penghargaan bagi pelanggan anda, berikan teladan gratis kepada kustomer.




B.     Saran

Agar omzet penjualan meningkat dan atau untuk mempertahankan omzet penjualan sebaiknya seorang high manajer juga memperhatikan semua aspek administrasi yang terlibat didalamnya, bukan hanya bab pemasaran saja, tetapi juga bab produksi yang memilih kualitas produk, bab keuangan yang mengelola pengeluaran dan pemasukan perusahaan serta menyusun anggaran, bab advertising yang mengiklankan produk dan seluruh karyawan dalam perusahaan tersebut yang juga ikut andil dalam menghipnotis omzet penjualan.

Sebaiknya ditentukan adanya sasaran penjualan dan pemberian reward dikala sasaran tersebut tercapai biar karyawan lebih ulet lagi bekerja dan terdapat persaingan yang sehat diantara sesama karyawan.





DAFTAR PUSTAKA





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Taktik Meningkatkan Sales / Penjualan"

Posting Komentar