Pengertian, Konsep, Dan Perencanaan Taktik Administrasi Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran yakni merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian aktivitas yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

  • Manajemen Pemasaran yakni penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menyebabkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
  • Manajemen Pemasaran yakni salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapat laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga mengatakan kepuasan kepada konsumen jikalau menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
  • Manajemen Pemasaran yakni analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian aktivitas yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
  • American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai berikut: Pemasaran yakni pelaksanaan dunia perjuangan yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
  • Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan membuat dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
  • Definisi Pemasaran berdasarkan William J. Stanton yakni suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.


Konsep Manajemen Pemasaran


Falsafah konsep pemasaran bertujuan mengatakan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Secara definitif sanggup dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran yakni sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
Konsep Manajemen pada hakikatnya meliputi upaya dan seni administrasi yang ditempuh administrasi dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Artikel Lainnya : Strategi membuat Bisnis Plan untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Manajemen Pemasaran yakni merupakan alat analisis Pengertian, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran



Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran 

  1. Produk (barang, jasa, ide); Segala hasil kerja insan yang sanggup ditawarkan kepada insan lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menunjukkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang gampang diperoleh dan sangat terjangkau alhasil administrasi harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
  2. Nilai; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan alasannya mempunyai serta memakai suatu produk dan biaya untuk mempunyai produk tersebut.
  3. Biaya; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
  4. Kepuasan; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara keinginan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan keinginan seorang pembeli atau tidak
  5. Pasar; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.


Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yakni proses memilih sasaran pasar dengan seni administrasi bauran pemasaran yang terkait dimana:
  1. Target Market; yakni sekelompok pelanggan sejenis atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
  2. Bauran Pemasaran (Marketing Mix); yakni variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan sasaran market tersebut. Marketing Mix yakni kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem kanal distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini sanggup digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu seni administrasi dalam perjuangan mendapat posisi yang sangat strategis dipasar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Konsep, Dan Perencanaan Taktik Administrasi Pemasaran"

Posting Komentar