Proposal Skripsi



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
 Modal kerja sangat kuat bagi suatu perusahaan. Adanya modal kerja yang cukup untuk melaksanakan acara perusahaan maka suatu perusahaan tidak akan mengalami kesulitan dan kendala yang mungkin akan terjadi. Adanya modal kerja yang hiperbola akan mengatakan adanya dana yang tidak produktif. Dalam hal ini, perusahaan akan mengalami kerugian lantaran dana yang tersedia tidak dipergunakan secara efektif dalam kegiatan perusahaan tersebut. Namun sebaliknya, kekurangan modal kerja ialah penyebab utama kegagalan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya.
Penetapan besarnya modal kerja yang dibutuhkan perusahaan berbeda-beda, tergantung pada jenis perusahaan dan besar kecilnya perusahaan itu sendiri. Kebijakan perusahaan dalam mengelola jumlah modal kerja secara sempurna akan menghasilkan keuntungan yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan sedangkan jawaban pengelolaan modal yang kurang sempurna akan menyebabkan kerugian. Kegiatan penyediaan modal tersebut bersifat dinamis sehingga harus diadaptasi dengan perkembangan perusahaan. Besarnya modal kerja merupakan salah satu alat ukur yang dipergunakan untuk menuntaskan duduk kasus likuiditas perusahaan.

 Manajemen modal kerja bertujuan untuk mengawasi jalannya perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya atau likuiditasnya dan sejauh mana operasi perusahaan sanggup didanai dengan sumber pendanaan yang ada, sehingga kekuatan membayar semakin besar daripada kewajiban finansialnya yang harus dipenuhi oleh pihak lain. Adapun likuiditas suatu perusahaan sanggup diketahui pada neraca pada suatu periode lain membandingkan antara jumlah aktiva lancar dengan hutang lancar yang disebut dengan rasio lancar (current ratio). Untuk mendapat kepastian yang lebih besar sanggup dilengkapi dengan analisa rasio cepat (quick ratio), yaitu membandingkan jumlah kas, efek, piutang di suatu pihak dengan hutang lancar dilain pihak.
 Laporan sumber dan penggunaan modal kerja ini merupakan suatu laporan yang berkhasiat bagi pihak administrasi perusahaan, para kreditur, para pemegang saham, dan pihak-pihak lainnya. Pihak administrasi dan pihak kreditur jangka pendek terutama akan tertarik kepada posisi keuangan jangka pendek (posisi modal kerja) suatu perusahaan termasuk perubahan-perubahan yang terjadi selama periode itu. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis melaksanakan penelitian pada Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung dengan judul “Pengaruh Modal Kerja Terhadap Tingkat Likuiditas di Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung (K. P4)”




B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian, maka duduk kasus tersebut sanggup dirumuskan sebagai berikut:
1.      Adanya pengaruh modal kerja terhadap likuiditas Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung.
2.      Adanya efek pengaruh yang signifikan antara modal kerja dengan likuiditas pada Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung.  
C.  Pembatasan Masalah
Dalam penulisan ini, terdapat batasan-batasan yang ditentukan supaya pembahasan penelitian ini lebih fokus dan tidak terlalu meluas, maka penulis menciptakan pembatasan duduk kasus yang akan dibahas sebagai berikut :
1.      Perhitungan Ratio Likuiditas:
a.       Current Ratio
b.      Quick Ratio
c.       Cash Ratio
2.      Perhitungan Ratio Mengukur Modal Kerja:
a.       Net Working Ratio
b.      Gross Working Ratio
c.       Working Turn Over
3.      Pengaruh perubahan Modal Kerja Terhadap Tingkat Likuiditas.
a.       Analisis Regresi dan Korelasi
b.      Koefisien hubungan dan determinasi
c.       Uji Hipotesis (Uji T)

Penulis membatasi duduk kasus yang akan dibahas dalam penelitian yang akan disusun sebagai skripsi ini, yaitu pada efek modal kerja Koperasi Pengusaha Pedagang Pasar Parung terhadap tingkat likuiditas dari tahun 2009 – 2012.
D.  Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah, maka perumusan duduk kasus dalam penelitian ini ialah :
1.      Bagaimana perubahan modal kerja di Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung?
2.      Bagaimana tingkat likuiditas di Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung?
E.  Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.    Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan duduk kasus yang telah diuraikan, maka penulis bermaksud untuk memperoleh data dan informasi yang berkaitan dengan permasalahan penelitian sehingga sanggup dicapai tujuan dari penelitian sebagai berikut:
1.      Menganalisis tingkat perputaran modal kerja koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung dalam menjalankan usahanya.
2.      Membuktikan hasil analisis efek perubahan modal kerja terhadap tingkat likuiditas pada koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung.


2.    Manfaat Penelitian
Penulis berharap, informasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini sanggup bermanfaat bagi aneka macam pihak, diantaranya adalah:
1.    Bagi Penulis
Hasil penelitian ini dibutuhkan sanggup bermanfaat bagi penulis dalam menambah pengetahuan dan memperluas wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan ekonomi administrasi keuangan khususnya mengenai efek modal kerja terhadap tingkat likuiditas.
2.    Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini dibutuhkan sanggup dijadikan sebagai materi masukan dalam melaksanakan perbaikan-perbaikan, merumuskan kebijakan serta tindakan-tindakan selanjutnya sehubungan dengan penggunaan analisis laporan keuangan yang ada di dalam koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung.
3.    Bagi Pihak Lain
Hasil penelitian ini dibutuhkan sanggup dipakai sebagai rujukan maupun materi kajian bagi penelitian selanjutnya khususnya mengenai perputaran modal kerja dan tingkat likuiditas perusahaan.
F.   Kerangka Berfikir
Badan perjuangan dalam menjalankan kegiatan usahanya tidak terlepas dari penggunaan modal kerja atau aktiva untuk membayar kegiatan usahanya dalam memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.. Manajemen keuangan atau sering disebut pembelanjaan sanggup diartikan sebagai semua acara perusahaan yang bekerjasama dengan usaha-usaha mendapat dana perusahaan dengan biaya yang murah serta perjuangan untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.
Laporan keuangan ialah hasil dari proses akuntansi yang sanggup dipakai sebagai alat untuk berkomunikasi antar data keuangan atau acara suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data acara perusahaan tersebut. Laporan keuangan suatu perusahaan terdiri dari neraca dan laporan keuntungan rugi. Neraca mengatakan posisi kekayaan, kewajiban keuangan dan modal dasar koperasi pada waktu tertentu. Kekayaan disajikan pada sisi aktiva sedangkan kewajiban dan modal sendiri di sisi pasiva.
Di dalam neraca terdapat beberapa asumsi yang sanggup membentuk modal kerja. Modal kerja inilah yang akan mempengaruhi likuiditas koperasi. Pengertian likuiditas itu sendiri ialah kemampuan koperasi dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Dengan kata lain, tercukupinya modal kerja bagi koperasi akan bisa mengukur kemampuan koperasi dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya.
Berdasarkan hal tersebut, maka perlu diadakan analisa terhadap modal kerja supaya tingkat likuiditas koperasi tetap pada posisi yang ideal. Dari analisa itu sanggup diketahui efek modal kerja terhadap likuiditas koperasi. Adanya modal kerja yang hiperbola mengatakan adanya dana yang tidak produktif dan hal ini menyebabkan kerugian bagi koperasi. Sebaliknya, kekurangan modal kerja merupakan alasannya ialah utama kegagalan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya.
Adapun mengenai kerangka ajaran pembuatan skripsi ini sanggup penulis kemukakan berupa tahap-tahap peneliti yang dijabarkan dalam bentuk bagan berikut ini:

 
















Gambar 1. Kerangka Pemikiran
G.  Hipotesa Penelitian
Hipotesis berdasarkan Ronny Kountur (2009: 89):
Dugaan sementara atau jawaban sementara atas permasalahan penelitian yang memerlukan data untuk menguji kebenaran dugaan tersebut. Dugaan ini harus didasarkan atas suatu atau beberapa dasar pemikiran. Dasar ajaran tersebut diperoleh dari teori. Hipotesis tidak sanggup dibentuk tanpa dasar teori yang kuat.
Rumusan hipotesis yang penulis buat dalam pengujian ini yaitu, diduga bahwa modal kerja memiliki hubungan terhadap likuiditas.
Pengujian ini dilakukan dengan dua sisi yang rumusan hipotesisnya adalah:
Ho = 0        Tidak terdapat efek yang signifikan antara modal kerja dengan likuiditas pada Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar.
Ho ≠ 0        Terdapat efek yang signifikan antara modal kerja dengan likuiditas pada Koperasi Pengusaha dan Pedagang Pasar Parung.  










H.  Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan dalam penyusunan skripsi ini ialah sebagai berikut :
     BAB I :       PENDAHULUAN
Bab ini membahas perihal latar belakang permasalahan, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.
BAB  II :   TINJAUAN PUSTAKA
Dalam cuilan ini, penulis akan menguraikan secara teoritis mengenai pengertian manajemen, dasar-dasar manajemen, fungsi manajemen, pengertian administrasi keuangan, pengertian laporan keuangan, dan likuiditas Perusahaan.
BAB III :   METODELOGI PENELITIAN
            Dalam cuilan ini membahas mengenai ruang lingkup penelitian, jenis data, metode pengumpulan data, metode analisis data, dan operasional variabel penelitian.
BAB IV :   PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
Bagian ini berisi perihal citra umum mengenai objek dan setting penelitian, kemudian deskripsi hasil penelitian dan intepretasi peneliti mengenai data yang diperoleh dari hasil eksperimen yang dilakukan dan dikaitkan dengan teori yang dijelaskan pada cuilan Tinjauan Pustaka.

BAB V :     KESIMPULAN DAN SARAN
Bagian ini memuat selesai peneliti yang dibentuk dengan membandingkan hasil penelitian dengan teori-teori yang berkaitan dengan pokok permasalahan serta memuat saran-saran yang berkaitan dengan objek penelitian.


















DAFTAR PUSTAKA
Chaerruni Rizsty, 2012. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Likuiditas Pada Koperasi Karyawan Al-Azhar Jakarta Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA.
Munawir, S, 2009. Analisa Laporan Keuangan. Cetakan 14, Liberty: Yogyakarta.
Riyanto, Bambang. 2009. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian. Cetakan 2, PPM: Jakarta.
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R/D, Alfabeta: Bandung
Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep Dan Aplikasinya. Edisi ke 4, Ekonnisia: Jakarta.
Brigham and Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi ke 10, Salemba Empat: Jakarta.
Undang-Undang No.17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian.
Riadi Muchlis. 2012. Kajian Pustaka, Rasio Likuiditas ( Online) (https://makalahmanajemenpemasarann.blogspot.com//search?q=rasio-likuiditas#.UZb_DmPiv_k, diakses tanggal 01 Mei 2013).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proposal Skripsi"

Posting Komentar