Penjelasan Administrasi Puncak (Top Management) Pada Perusahaan

Apa Itu Manajemen Puncak ?

Pada tingkatan manajemen, administrasi puncak (top management) yaitu lini pertama dan tertinggi pada jenjang level manajemen.

Umumnya, administrasi puncak ditunjuk sekaligus bertanggung jawab secara pribadi kepada pemilik perusahaan (pemegang saham).

Manajemen puncak merupakan pihak yang mengendalikan organisasi pada sebuah perusahaan. Manajemen puncak berada pada posisi tertinggi.

Kewenangan administrasi puncak yaitu yang paling besar dibandingkan administrasi lainnya. Dia berhak menentukan sekaligus memberhentikan administrasi lain yang berada dibawahnya.

Manajemen puncak jugalah yang membangun tim dalam organisasi perusahaan.

Fokus kerjanya hanya pada lingkup aliran dan konseptual, sedikit memikirkan hal hal teknis perusahaan.

Urusan teknis menjadi urusan bawahannya.

Manajemen puncak memikirkan hal yang jauh lebih besar daripada "hanya" sekedar urusan teknis.

Mereka lebih memikirkan arah seni administrasi dan visi semoga perusahaan dapat berkembang lebih baik lagi. 

Siapa Saja Manajemen Puncak Itu ?

 yaitu lini pertama dan tertinggi pada jenjang level administrasi Penjelasan Manajemen Puncak (Top Management) pada Perusahaan

Anda mungkin pernah mendengar istilah CEO (Cheif Executive Officer), general manager (GM), dewan direksi, presiden administrator (presdir) atau administrator utama (dirut) dan sebangsanya ?

Mereka mereka itulah yang umumnya disebut dengan administrasi puncak pada perusahaan.

Apa yang Dilakukan oleh Manajemen Puncak ?

Ada beberapa kiprah yang harus dilakukan oleh administrasi puncak, diantaranya:
  1. Membuat perencanaan, khususnya perencanaan strategis perusahaan
  2. Menetapkan tujuan strategis perusahaan
  3. Menyusun seni administrasi yang akan dijalankan perusahaan
  4. Mengarahkan, mengatur dan mengawasi manajer yang berada dibawahnya
  5. Memaksimalkan semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan
  6. Membangun budaya perusahaan
  7. Hasil dan kinerja administrasi dibawahnya yaitu tanggungjawab administrasi puncak.

Mengukur Kesuksesan Manajemen Puncak ?


 yaitu lini pertama dan tertinggi pada jenjang level administrasi Penjelasan Manajemen Puncak (Top Management) pada Perusahaan

Keberhasilan seseorang harus ada tolak ukurnya, termasuk juga administrasi puncak.

Apa tolak ukur keberhasilan administrasi puncak ?

Bermacam macam tepatnya.

Yang paling utama yaitu tolak ukur yang ditetapkan oleh pemegang saham selaku pemilik perusahaan.

Apa yang diinginkan oleh pemegang saham ?

Apakah telah dicapai oleh administrasi puncak atau tidak ?

Karena keberhasilan administrasi puncak tidak hanya diukur dari keberhasilan secara finansial saja.

Ada banyak parameter lain yang dapat dipakai khususnya menyangkut kepentingan dan harapan dari pemegang saham.

Ada tujuan branding, market share, diversifikasi dan tujuan lainnya yang tidak berbicara wacana uang.

Contohnya yang sedang hangat, Go Jek.

Saat ini (2018) Gojek apabila hanya diukur dari hasil finansial yang dihasilkan, maka terlihat tidak ada yang membanggakan.

Karena memang sebagai startup, Gojek belum memikirkan tujuan finansial untuk ketika ini. Tujuannya ketika ini bukanlah uang.

Namun....

Apabila melihat sisi lain ibarat market share, ekspansi, lingkungan dan bahkan efek sosialnya. Maka dapat dikatakan hal tersebut sebagai prestasi yang membanggakan.

Dan yang perlu diingat dari prestasi administrasi puncak yaitu bahwa kesuksesan administrasi puncak tidak dapat diukur dalam tempo jangka pendek, namun dalam waktu jangka panjang.

Karena kiprah administrasi puncak yaitu menjalankan perencanaan strategis yang mustahil dapat dicapai dalam waktu 1 atau 2 tahun. Namun merupakan visi bertahun tahun kedepan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Administrasi Puncak (Top Management) Pada Perusahaan"

Posting Komentar