6 Langkah Dasar Untuk Melaksanakan Riset Pemasaran

Kegiatan bisnis tidak sanggup dipisahkan dari riset dan penelitian. Penelitian dilakukan dengan tujuan semoga memperoleh keputusan dalam sebuah bisnis. Keputusan untuk memilih banyaknya jumlah barang yang akan diproduksi, perumusan strategi masuk ke dalam pasar, taktik meningkatkan penjualan dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting dilaksanakan untuk menunjang peningkatan bisnis anda.

Kegiatan riset pasar dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan sistematis penelitian mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Semua urutan ini harus dilakukan secara runtut semoga menghasilkan kesimpulan yang sempurna dan sanggup dipakai untuk pengambilan keputusan dalam bisnis.

American Marketing Association (AMA) semenjak tahun 1987 mendefinisikan riset pemasaran sebagai “fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Informasi ini dipakai untuk mengidentifikasi dan memilih peluang dan duduk kasus pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pemahaman yang sanggup menciptakan kegiatan pemasaran lebih efektif.

Kegiatan bisnis tidak sanggup dipisahkan dari riset dan penelitian 6 Langkah Dasar Untuk Melakukan Riset Pemasaran

Riset pemasaran memilih informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.

Langkah sistematis yang harus dilakukan dalam menjalankan riset pemasaran diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Merumuskan Masalah

Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk menjalankan riset pemasaran yaitu merumuskan maslah. Proses perumusan duduk kasus ini sangat penting untuk dilakukan semoga kita mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai sesudah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan terang sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.

Misalnya permasalahan kita yaitu ingin memilih besarnya biaya yang akan dipakai untuk promosi atau iklan. Perumusan masalahnya yaitu bagaimana cara mengetahui besarnya biaya yang diperlukan. Sedangkan kesimpulan yang akan didapat yaitu dalam bentuk kisaran nilai dari biaya promosi yang paling ideal.

2. Menentukan Desain Riset

Desain riset dibutuhkan untuk memilih mekanisme secara rinci mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa dan kemungkinan melaksanakan kuesioner dengan banyak sekali model yang ditentukan. Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.

3. Merancang Metode Pengumpulan Data

Data yang dipakai dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil eksklusif dari lapangan, sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang diambil dari buku, internet, dan pustaka lainnya yang relevan. Anda perlu memilih bagamana cara mengumpulkan data-data tersebut dan dihimpun menjadi sebuah database.

4. Mengambil Sampel Dan Melakukan Pengumpulan Data

Selanjutnya anda melaksanakan pengambilan sampel dan pengumpulan data di lapangan. Anda sanggup melaksanakan pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non probability sampling. Seharusnya anda mengetahui perihal cara pengambilan sampel yang benar.

5. Melakukan Analisa Dan Interpretasi Data

Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah sanggup menjadi sebuah kesimpulan kalau tidak dilakukan analisis dan interpretasi data. Anda sanggup mulai dari editing, koding, tabulasi, analisa statistik dan interpretasi data. Data yang diolah inilah yang akan memperlihatkan petunjuk pada kesimpulan yang akan anda ambil.

6. Menyusun Laporan Riset

Laporan riset pemasaran sanggup berupa laporan hasil, kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen. Kemudian pihak administrasi akan mengambil keputusan menurut hasil dari interpretasi data sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi standar penelitian oleh para direktur dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Langkah Dasar Untuk Melaksanakan Riset Pemasaran"

Posting Komentar