Strategi Menyusun Komunikasi Pemasaran Yang Efektif

Komunikasi sangat diharapkan di setiap lini kehidupan manusia, termasuk dalam berbisnis. Anda bisa meggunakan komunikasi untuk menjalin hubungan baik antara penjual dan pembeli. Komunikasi yang baik akan menghasilkan kualitas acara bisnis yang baik pula. Demikian juga dengan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan suatu produk dalam perjuangan anda.

Komunikasi pemasaran dipelajari untuk membangun komunikasi antara penjual kepada pembeli supaya mereka mau membeli produk yang anda pasarkan. Kemampuan ini sangat diharapkan oleh para marketing untuk menarik konsumen dengan baik. Meski banyak keuntungan, tidak semua lini bisnis menguasai komunikasi pemasaran, anda akan mendapat laba lebih kalau mau berguru komunikasi pemasaran.

Sebagai sarana untuk menunjukkan suatu barang kepada calon konsumen, komunikasi pemasaran juga sanggup mendekatkan konsumen terhadap produk yang akan dijual. Bahkan bisa menjadi sarana bertukar pendapat dan mengatakan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan produk tersebut.

Komunikasi sangat diharapkan di setiap lini kehidupan insan Strategi Menyusun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Jika anda ingin meningkatkan penjualan melalui komunikasi pemasaran, sebaiknya ikuti strategi pemasaran berikut ini :

Lakukan interaksi secara intens dengan calon pembeli

Komunikasi pemasaran akan menghubungkan anda dengan pembeli atau calon pembeli. Jika anda ingin produk anda cepat laris maka berkomunikasilah secara intens dengan pembeli. Bisa dilakukan secara rutin kalau pembeli anda sudah berlangganan, atau melaksanakan komunikasi di banyak sekali awal waktu untuk mendapat perhatian calon pembeli.

Gunakan 3 sarana menggapai konsumen
Melakukan taktik pemasaran terdapat 3 sarana yang sering dipakai untuk mendapat konsumen. Tiga sarana tersebut diantaranya yakni :

·      Face to Face
Jenis ini merupakan komunikasi eksklusif antara penjual dan pembeli. Keduanya bertemu eksklusif dan  menjalin komunikasi, memperkenalkan produk dan menunjukkan kepada calon konsumen. Komunikasi jenis ini kurang diminati alasannya yakni mempunyai hambatan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

·      Media cetak
Melalui media cetak anda akan mempermudah melaksanakan komunikasi pemasaran produk.  Anda bisa memanfaatkan brosur, surat kabar, koran, majalah, spanduk dan stiker sebagai sarana promosi komunikasi pemasaran konsumen kepada anda. Cara ini membutuhkan modal untuk memakai media cetak. Dikenal pula dengan istilah periklanan.

·      Internet
Saat ini internet menjadi salah satu sarana komunikasi pemasaran yang sangat besar. Para pembisnis lebih menentukan cara ini, alasannya yakni warta yang diberikan bisa setiap ketika 24 jam dan harganya yang relatif murah. Bahkan melalui internet interaksi penjual dan pembeli bisa dilakukan dengan lebih cepat dan jarak jauh dengan harga terjangkau.


Fokus pada fungsi komunikasi pemasaran

Agar komunikasi pemasaran anda terealisasi dengan baik, fokuslah pada fungsi dari komunikasi pemasaran itu sendiri. Berbagai fungsi dari komunikasi pemasaran diantaranya adalah:
  • Menginformasikan kepada konsumen wacana suatu produk yang di jual menyerupai bagaimana, apa dan mengapa mereka harus membeli produk tersebut.
  • Memperkenalkan gambaran perusahaan atau nama perusahaan pada konsumen
  • Meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan tepat
Artikel Lainnya : 6 Langkah Dasar Untuk Melakukan Riset Pemasaran



Menentukan Tujuan Komunikasi

Tentukan tujuan komunikasi pemasaran, alasannya yakni hal ini sangat diharapkan supaya komunikasi pemasaran sanggup berlangsung dengan baik dan bisa diterima oleh konsumen. Berdasarkan model hirarki pengaruh, Rossiter dan Percy mengindentifikasi empat kemungkinan tujuan komunikasi pemasaran diantaranya yakni :
  • Kebutuhan kategori, Penentuan produk atau jasa untuk mengalihkan atau memuaskan perbedaan anggapan antara motivasi onal dan keadaan emosional yang diharapkan.
  • Keadaan merek, yaitu kemampuan mengidentifikasi merek dengan kategori yang rinci supaya melaksanakan pembelian.
  • Sikap merek, sanggup mengevaluasi merek dengan memperhatikan anggapan terhadap kebutuhan ketika ini. Kebutuhan merek relevan bisa berorientasi negatif atau berorientasi faktual (gratifikasi indra, stimulasi intelektual, atau persetujuan social).
  • Maksud pembelian merek, yaitu intruksi sanggup berdiri diatas kaki sendiri untuk membeli brand atau mengambil tindakan yang berafiliasi dengan pembelian. Bisa dalam bentuk tawaran kupon atau penawaran dua atau satu dorongan konsumen melaksanakan kesepakatan mental mengambil produk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Menyusun Komunikasi Pemasaran Yang Efektif"

Posting Komentar