Pengertian Sasaran Pasar (Targeting), Manfaat, Dan Contohnya
TARGET PASAR (TARGETING)
Setelah menentukan segmentasi pasar, langkah selanjutnya dalam proses pemasaran ialah menentukan target pasar. Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat sama yang menciptakan pasar bangun sendiri. Banyak pihak yang masih resah dengan istilah segmentasi pasar dan penentuan target pasar, alasannya sepintas memang keduanya sama tetapi perbedaan yang fundamental ialah bahwa segmentasi pasar lebih kepada membagi konsumen yang heterogen (bermacam-macam) ke dalam kelompok-kelompok yang mempunyai karakteristik yang sama. Sementara target pasar yaitu menentukan kelompok konsumen mana yang akan dilayani.
{|CATATAN| Sangat penting untuk Anda membaca 5 artkel yang berkaitan dengan terget pasar (tergeting) berikut ini: 1. Segmentasi Pasar | 2. Langkah-Langkah Segmentasi Pasar | 3. 5 Ancaman Persaingan dalam Segmen Pasar | 4. Diferensiasi Produk | 5. Posisi Pasar (Positioning)}
{|CATATAN| Sangat penting untuk Anda membaca 5 artkel yang berkaitan dengan terget pasar (tergeting) berikut ini: 1. Segmentasi Pasar | 2. Langkah-Langkah Segmentasi Pasar | 3. 5 Ancaman Persaingan dalam Segmen Pasar | 4. Diferensiasi Produk | 5. Posisi Pasar (Positioning)}
Dalam menentukan sasaran pasar, perusahaan harus menilai dengan hati-hati banyak sekali macam segmen untuk nantinya ditentukan berapa ukuran segmen serta segmen mana yang akan dimasuki oleh perusahaan. Pemilihan segmen yang terlalu sempit sanggup berakibat pada kegagalan dalam mencapai volum penjualan serta keuntungan yang diinginkan. Namun disisi lain apabila segmen terlalu luas, akan berakibat pada biaya yang akan melebihi kenaikan penjualan serta laba.
MANFAAT TARGET PASAR
Dengan menerapkan target pasar, perusahaan sanggup menyebarkan posisi produk dan taktik marketing mix untuk setiap target pasar yang bersangkutan. Target pasar sangat bermanfaat terutama dalam:
1. Mengembangkan posisi produk dan taktik marketing mix (bauran pemasaran).
2. Memudahkan dalam menyesuaikan produk dan taktik marketing mix (bauran pemasaran) yang dijalankan dengan sasaran pasar.
3. Membidik peluang pasar yang lebih luas.
4. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
5. Mengantisipasi adanya persaingan.
6. Dengan melaksanakan identifikasi bab pasar yang sanggup dilayani secara efektif, perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik.
FAKTOR YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN TERGET PASAR
Dalam menentukan terget pasar terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan sebelum menentukan segmen mana yang akan dituju. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Ukuran Segmen
Perkiraan ukuran segmen yang akan dituju ialah faktor penting dalam tetapkan apakah segmen pasar tersebut cukup cantik untuk ditindak lanjuti. Pada umumnya perusahaan besar akan lebih menentukan segmen yang mempunyai volume penjualan besar serta menghindari segmen yang bervolume penjualan kecil. Sementara perusahaan kecil cenderung akan menghindari segmen yang besar alasannya perusahaan kecil membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak.
2. Pertumbuhan Segmen
Faktor pertumbuhan segmen juga merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan target pasar. Walaupun mungkin ukuran segmen ketika ini relatif kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang dimasa yang akan datang. Karena intinya segmen kecil merupakan segmen pasar yang potensial. Seperti contohnya dahulu tingkat usia 50 tahun ke atas tidak menjadi perhatian bagi perusahaan. Tetapi ketika ini banyak produk serta jasa yang ditawarkan untuk segmen ini.
3. Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Mencapai Segmen
Suatu segmen harus diubahsuaikan dengan aktivitas pemasaran perusahaan, kalau segmen yang dipilih ternyata tidak cocok maka sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan. Oleh alasannya itu identifikasi mengenai segmen yang akan dituju harus dilakukan dengan jeli. Banyak pola segmen yang sempat diperkirakan mempunyai potensi besar namun ternyata tidak ibarat yang diinginkan, sementara perusahaan sudah mengeluarkan biaya yang tinggi.
CONTOH TERGET PASAR (TARGETING)
Berikut klarifikasi dan contoh sasaran pasar (targeting), simak video berikut ini:
0 Response to "Pengertian Sasaran Pasar (Targeting), Manfaat, Dan Contohnya"
Posting Komentar