Pengertian Dan 6 Tujuan Visual Marchandising
Pengertian dan 6 Tujuan Visual Marchandising
A. PENGERTIAN VISUAL MERCHANDISING
Visual merchandising ialah adonan dari unsur-unsur desain lingkungan toko, penyajian merchandise, dan komunikasi dalam toko. Ada beberapa pola visual merchandising, salah satunya ialah display harga atau yang disebut Point Of Purchase (POP), khususnya harga yang membuat gambaran ritel, serta suasana ritel didalam benak konsumen.
Adapun yang dimaksud dengan point of purchase (POP) adalah suatu media berupa kartu keterangan mengenai nama barang, ukuran, harga, dan keterangan-keterangan lain yang ditempatkan dengan sedemikian rupa pada display produk. Pada umumnya POP digunakan pada produk yang sedang dalam masa promo. Misalnya menyerupai harga promo atau diskon, POP harga produk yang didiskon akan ditempatkan pada daerah yang sempurna (strategis) dan dalam ukuran abjad yang cukup besar sehingga akan menarik perhatian dari konsumen.
B. 6 TUJUAN VISUAL MERCHANDISING
Setidaknya terdapat beberapa tujuan dari visual merchandising, yaitu sebagai berikut:
1. Menarik perhatian
2. Memenangkan persaingan dalam menarik perhatian konsumen
3. Menonjolkan salah satu keistemewaan produk
4. Mendramatisir suatu kesan
5. Menjelaskan suatu pernyataan
6. Merangsang minat konsumen untuk membaca keseluruhan pesan
Selain point of purchase (POP), masih banyak lagi contoh-contoh visual mechandising, diantaranya ialah pemasangan banner dan spanduk, paging system yang dilakukan tiap beberapa menit sekali, pemajangan floor display yang dihias secara menarik, membuat area khusus harga murah maupun produk baru, dan lain sebagainya.
0 Response to "Pengertian Dan 6 Tujuan Visual Marchandising"
Posting Komentar