Strategi Pemasaran Dalam Tahap Penurunan

Strategi Pemasaran Dalam Tahap Penurunan

Penjualan perusahaan yang semakin usang semakin bergerak ke arah penurunan merupakan tanda-tanda tahap penurunan (decline) dalam siklus hidup produk {Product Life Cycle (PLC)}. Penurunan penjualan ini diakibatkan oleh banyak sekali faktor menyerupai perubahan selera pasar, perubahan teknologi, dan produk substitusi diterima oleh konsumen (baik dan didalam negeri maupun diluar negeri). Perusahaan akan berusaha mengeksploitasi produknya sebelum alhasil tetapkan untuk menghapusnya dari jajaran Lini Produk yang ditawarkan kepada konsumen. Semua ini akan mengakibatkan menghebatnya persaingan harga, kelebihan kapasitas, serta keuntungan perusahaan menghilang.

Tetapi produk yang memasuki tahap penurunan (decline) bukan berarti sudah tidak lagi menguntungkan. Justru ada kemungkinan akan menguntungkan bagi perusahaan yang masih bertahan di pasar yang bersangkutan, alasannya perusahaan mungkin sanggup memanfaatkan sisa-sisa konsurnen yang sudah ditinggalkan oleh para pesaing. Pada tahap penurunan ini produk hanya akan memenuhi kebutuhan pasar inti, sehingga konsumen cenderung akan spesialis.

Sejumlah alternatif  atau strategi sanggup dilakukan pada tahap selesai siklus hidup produk {Product Life Cycle (PLC)} ini. Tetapi perlu juga diperhatikan bahwa pilihan alternatif harus didasarkan pada kelemahan dan kekuatan perusahaan serta daya tarik industri bagi perusahaan. Alternatif-alternatif atau strategi yang sanggup dilakukan oleh perusahaan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

1.      Menambah investasi biar sanggup menempati atau mendominasi posisi persaingan yang baik.
2.      Tetap pada tingkat investasi perusahaan ketika ini hingga ketidakpastian industri sanggup diatasi.
3.      Mengurangi investasi perusahaan dengan selektif dengan cara meninggalkan konsumen yang dirasa kurang menguntungkan, tetapi menambah investasi untuk kelompok kecil konsumen yang masih tetap setia dan menguntungkan.
4.      Mengubah produk atau mencari manfaat atau penggunaan gres pada produk.
5.      Mencari pasar baru.
6.      Harvesting strategy untuk merealisasikan pengembalian uang tunai dengan cepat.
7.      Menjual aset perusahaan dan mninggalkan bisnis tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Pemasaran Dalam Tahap Penurunan"

Posting Komentar