7 Dasar Penetapan Harga

7 DASAR PENETAPAN HARGA

Secara umum ada dua faktor utama yang perlu untuk dipertimbangkan dalam dasar penetapan harga, faktor tersebut ialah faktor internal perusahaan dan faktor lingkungan eksternal.

A.     Faktor Internal Perusahaan

Faktor internal perusahaan adalah banyak sekali macam faktor yang ada dalam perusahaan tanpa dampak apapun dari luar perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

1.      Tujuan Pemasaran Perusahaan

Tujuan pemasaran perusahaan merupakan faktor utama yang memilih dalam penetapan harga. Tujuan tersebut dapat berupa maksimalisasi laba, meraih pangsa pasar yang besar, mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, mengatasi persaingan, membuat kepemimpinan dalam hal kualitas, melakukan tanggung jawab sosial, dan lain sebagainya.

2.      Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Harga hanyalah salah satu dari beberapa komponen bauran pemasaran (marketing mix). Oleh alasannya ialah itu, harga harus dikoordinasikan serta saling mendukung dengan bauran pemasaran (marketing mix) lainnya, antara lain yaitu produk, promosi, dan distribusi.

3.      Biaya

Biaya ialah salah satu faktor yang menentukan harga minimal yang harus ditetapkan perusahaan supaya perusahaan tidak mengalami kerugian. Oleh lantaran dasar tersebut, setiap perusahaan niscaya menaruh perhatian yang besar pada aspek struktur biaya (variabel dan tetap), serta jenis-jenis biaya lainnya menyerupai incremental cost, out of pocket cost, opportunity cost, replacement cost, dan controllable cost.

4.      Organisasi

Manajemen perlu untuk memutuskan siapa yang ada didalam organisasi (perusahaan) yang harus menetapkan harga. Setiap perusahaan pada umumnya menangani problem penetapan harga berdasarkan caranya masing-masing. Pada perusahaan kecil, biasanya harga akan ditetapkan oleh administrasi puncak. Sedangkan pada perusahaan besar, problem penetapan harga seringkali ditangani oleh divisi atau manajer lini produk. Sementara dalam pasar industri, para sales people (wiraniaga) diijinkan untuk bernegosiasi dengan para konsumennya guna memutuskan rage (rentang) harga tertentu. Di dalam industri yang dimana penetapan harga ialah faktor kunci, biasanya perusahaan memiliki departemen penetapan harga tersendiri yang bertanggung jawab kepada administrasi puncak atau departemen pemasaran. Pihak-pihak lain yang memiliki dampak terhadap penetapan harga diantaranya ialah manajer produksi, manajer penjualan, manajer keuangan, dan akuntan.


B.     Faktor Lingkungan Eksternal

Faktor lingkungan eksternal merupakan segala faktor yang menghipnotis dasar penetapan harga diluar internal perusahaan, atau dengan kata lain dipengaruhi faktor-faktor ekternal perusahaan.

1.      Sifat Pasar dan Permintaan

Setiap perusahaan sangat perlu untuk memahami sifat pasar dan ajakan pasar yang dihadapinya, apakah termasuk pasar persaingan monopolistik, persaingan sempurna, persaingan monopoli, atau persaingan oligopoli. Faktor lain yang tidak kalah penting ialah elastisitas permintaan.

 yang perlu untuk dipertimbangkan dalam  7 DASAR PENETAPAN HARGA

2.      Pesaingan

Ada beberapa kekuatan pokok yang sangat besar lengan berkuasa dalam persaingan sebuah industri, yaitu persaingan dalam industri yang bersangkutan, pemasok, produk substitusi, konsumen dan bahaya pendatang baru. Oleh lantaran itu dibutuhkan banyak sekali gosip untuk menganalisis karakteristik persaingan yang dihadapi, antara lain yaitu jumlah perusahaan dalam industri, diferensiasi produk, ukuran relatif setiap anggota atau jumlah konsumen dalam industri, dan fasilitas untuk memasuki industri yang bersangkutan.

3.      Unsur-unsur Lingkungan Eksternal Lainnya

Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, perusahaan juga perlu untuk mempertimbangkan faktor kondisi ekonomi (tingkat bunga, inflasi, resesi), peraturan dan kebijakan pemerintah, serta aspek-aspek sosial (kepedulian terhadap lingkungan).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Dasar Penetapan Harga"

Posting Komentar