Strategi 7R Dalam Bisnis Retailing

STRATEGI 7R DALAM BISNIS RETAILING


Untuk rnendukung kesuksesan perjuangan retailing (eceran), dibutuhkan penerapan strategi 7R yang terdiri dari Right product/merchandise, Right quantity, Right price, Right services, Right place, Right time, dan Right appeals/promotions. Ketujuh kornponen tersebut harus dijalankan secara terpadu, semoga retailer (pengecer) sanggup memenuhi fungsinya sebagai pengecer yang benar (Right retailer).

1.      Right Product

Strategi right product meliputi empat faktor utama, yaitu estetika (desain atau model, warna, ukuran bentuk, dan lain sebagainya), fungsional (sesuai dengan maksud serta tujuan produk), faktor penunjang psikologis (seperti gambaran produsen, gambaran merek, dan sebagainya), dan pelayanan yang mendukung serta menyertai penjualan produk.

2.      Right Quantity

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, dibutuhkan keseimbangan antara jumlah pembelian konsumen dengan pembelian pengecer, serta antara kebutuhan konsumsi konsumen dengan kebutuhan persediaan barang dagangan dari pengecer. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan yang berkaitan dengan hal ini. Yaitu pertama, right number of unit, yakni jumlah yang sempurna atas satuan atau unit barang yang akan dijual (lusinan, kiloan, meteran, dan sebagainya). Penentuannya tergantung pada situasi yang dihadapi oleh konsumen dan produsen (panen atau paceklik, resesi atau booming), dan tujuan pembelian (diolah lebih lanjut, dijual kembali, atau dikonsumsi sendiri). Dan faktor kedua ialah right size of product, yaitu ukuran yang sempurna dari barang dagangan (extra large, large, medium, atau small). Penentuan ukuran yang sempurna serta sesuai dengan kebutuhan konsumen akan sanggup menghipnotis kepuasan konsumen itu sendiri.

 Ketujuh kornponen tersebut harus dijalankan secara terpadu STRATEGI 7R DALAM BISNIS RETAILING

3.      Right Price

Right price ialah harga yang bersedia dibayar oleh konsumen dengan bahagia hati, dan pengecerpun sudi untuk menerimanya dengan tangan terbuka, guna menawarkan kepuasan kepada konsumen dan sekaligus membuat laba bagi pengecer. Right price atau harga yang sempurna tidak cukup hanya mengacu pada keseimbangan harga pasar, akan tetapi juga harus kompetitif dibandingkan dengan harga pesaing dan menarik dimata konsumen. Selain itu, harga pengecer juga harus bisa membuat pembelian ulang dari konsumen. Dengan begitu, dibutuhkan pemantauan secara berkesinambungan atas setiap perkembangan harga pasar dan harga pesaing.

4.      Right Time

Banyak orang yang menyampaikan bahwa waktu ialah uang, sehingga perlu dikelola secara optimal. Oleh alasannya itu seorang pengecer harus mengetahui kapan konsumen bersedia untuk membeli barang yang dibutuhkannya. Secara umum, waktu berbelanja konsumen memiliki empat macam pola yang sanggup menghadirkan peluang bisnis tersendiri. Keempat pola tersebut antara lain meliputi:
a.       Waktu kalender, menyerupai contohnya masa tahun aliran gres bagi para pelajar dan mahasiswa. Dalam masa tersebut, produk yang paling banyak laris antara lain ialah seragam, alat tulis, buku tulis, buku teks, tas sekolah/kuliah, dan perlengkapan-perlengkapan sekolah lainnya.
b.      Waktu musiman (seasonal time), menyerupai contohnya pada trend hujan yang banyak dibeli ialah jas hujan, jaket, payung, dan lain sebagainya.
c.       Waktu khusus dalam kehidupan seseorang (lahir, ulang tahun, tumbuh dewasa, pernikahan, dan sebagainya). Peningkatan pemakaian waktu khusus membuka peluang bagi toko-toko yang menjual kartu-kartu ucapan khusus dan barang-barang khusus hadiah (special gift item).
d.      Waktu eksklusif (personal time), yaitu waktu seseorang yang bekerjasama dengan gaya hidupnya.

5.      Right Services

Layanan konsumen meliputi segala bentuk penyajian pelayanan, tindakan, serta isu yang diberikan oleh penjual untuk meningkatkan kemampuan konsumen dalam mewujudkan nilai potensial yang terkandung dalam produk inti (core product) yang dibeli oleh konsumen. Komponen ini bekerjasama dengan dua aspek, yaitu customer service features (cara menyajikan layanan kepada para konsumen) dan customer service action (kualitas dari tindakan penyedia jasa dalam menawarkan layanannya, menangani keluhan konsumen, menyajikan isu yang diminta, memperbaiki kesalahan atau kelemahan layanan dimasa lalu, dan lain sebagainya).

6.      Right Place

Komponen right place menyangkut pemilihan dan penentuan lokasi yang strategis (mudah dijangkau, aman, berada didaerah sentra perbelanjaan atau bersahabat tempat pemukiman, dan lain sebagainya), desain interior dan eksterior yang menarik dan indah, ruang yang luas serta nyaman bagi konsumen untuk berbelanja, akomodasi pendukung yang memadai (parkir, eskalator atau lift, AC, dan lain sebagainya), serta faktor-faktor lainnya.

7. Right Appeals/Promotion

Komponen right appleals/promotion ialah kombinasi kegiatan penyajian pesan yang benar kepada sasaran yang sempurna melalui media yang pas atau sesuai. Menstinya pesan promosi difokuskan pada pasar sasaran yang dijadikan target, sehingga tidak menjadi melebar kepada pihak-pihak yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan penyampaian pesan tersebut. Pesan yang disampaikanpun mestinya sesuai dengan kenyataan, sehingga tidak mengakibatkan impian konsumen menjadi hiperbola atau bahkan menipu konsumen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi 7R Dalam Bisnis Retailing"

Posting Komentar