Pengertian Layout, Manfaat Layout, Dan 2 Jenis Layout
Pengertian Layout, Manfaat Layout, dan 2 Jenis Layout
A. PENGERTIAN LAYOUT TOKO
Lay out atau tata letak berafiliasi erat dengan alokasi ruang guna penempatan produk yang akan dijual. Lay out adalah pemetaan area yang dirancang sebagai kawasan menjual suatu produk untuk membantu konsumen dalam berbelanja dan pencarian barang yang akan dibeli. Tujuan dari lay out sendiri ialah untuk mendekatkan produk kepada konsumen biar tersedia dalam kawasan serta jumlah yang tepat, untuk kenyamanan dan fasilitas untuk memperoleh produk, serta untuk efisiensi dan efektifitas space yang ada, yaitu pengelompokan produk menurut group dan sub group.
B. MANFAAT LAY OUT
Dengan lay out yang baik maka, penjual dan konsumen akan mendapat beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut:
1. Manfaat kegunaan tempat, kegunaan ini didapatkan konsumen alasannya yakni dengan produk (lay out) diditempatkan pada kawasan yang sanggup didatangi oleh konsumen.
2. Manfaat kegunaan informasi, dengan melaksanakan promosi dan penempatan produk yang baik maka konsumen sanggup memperoleh informasi, membujuk konsumen biar membeli, dan mengingatkan konsumen biar tidak melupakan produk dan tempatnya (lay out).
3. Manfaat kegunaan waktu, hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa konsumen sanggup memperoleh produk pada dikala yang diinginkan.
C. 2 JENIS LAY OUT
Secara umum lay out sanggup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Lay Out Pola Lurus (grid)
Pada pola grid ini, tata letak toko dibentuk secara berlajur yang terdiri atas lorong-lorong untuk meletakkan barang atau produk yang menurut group ataupun sub group. Pola ini banyak diterapkan pada minimarket, supermarket ataupun hypermarket. Dengan referensi ini diperlukan barang atau produk sanggup dipajang lebih banyak, tapi cukup untuk memperlihatkan keleluasaan bagi konsumen yang hilir mudik. Yang harus diperhatikan pada referensi ini ialah barang-barang mana saja yang harus ditampilkan dilorong utama. Pola lurus menguntungkan dalam hal kesan efisien, mempermudah konsumen untuk menghemat waktu belanja, lebih banyak menampung barang yang didisplay, dan control lebih mudah.
2. Lay Out Pola Arus Bebas (free flow)
Pada pola free flow ini, barang diletakkan secara mengelompok dengan referensi yang memudahkan konsumen untuk hilir pulang kampung dan memperlihatkan kebebasan kepada konsumen untuk melihat kelompok-kelompok barang atau produk. Hal yang diperlukan pada referensi ini ialah pembelian secara impulsif (impulse buying), sanggup memperlihatkan lebih banyak pilihan barang (produk) dari satu kawasan ke kawasan lain, dan sanggup meberikan kesan yang bersahabat.
0 Response to "Pengertian Layout, Manfaat Layout, Dan 2 Jenis Layout"
Posting Komentar