6 Tahapan Dalam Perencanaan Seni Administrasi Produk

6 TAHAPAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI PRODUK


Perencanaan taktik produk merupakan hal yang sangat penting guna menunjang keberhasilan produk nantinya. Berbeda dengan produk yang tidak dibentuk dengan perencanaan taktik yang baik, produk yang mempunyai perencanaan taktik yang baik cenderung mempunyai tingkat kesuksesan yang tinggi dipasaran. Oleh lantaran itu perencanaan taktik produk haruslah dilakukan oleh perusahaan yang ingin mencapai kesuksesan. Lalu bagaimana tahapan-tahapan perencanaan starategi produk? Proses perencanaan taktik produk mencakup 6 tahap, yaitu sebagai berikut:

{|CATATAN| Perencanaan taktik produk tidak lepas dari proses pengembangan produk baru, oleh lantaran itu penting rasanya bila Anda juga membaca 5 artikel berikut ini: 1. Proses Pengembangan Produk Baru | 2. Proses Pencarian Ide Produk Baru | 3. Proses Penyaringan Ide Produk Baru | 4. Proses Pengujian Produk Baru | 5. Proses Komersialisasi Produk}

 TAHAPAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI PRODUK 6 TAHAPAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI PRODUK


1.      Analisis Situasi

Tahap analisis situasi ini dilakukan terhadap lingkungan internal ataupun lingkungan eksternal. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam analisis situasi ini antara lain yaitu apakah perusahaan bisa dan bisa memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh lingkungan eksternalnya melalui sumber daya yang ada dan dimiliki oleh perusahaan atau tidak, kemudian seberapa besar seruan atas produk tertentu, dan seberapa besar kemampuan perusahaan dalam memenuhi seruan atas produk tersebut. Dengan analisis situasi ini perusahaan nantinya sanggup menentukan langkah-langkah berikutnya yang sanggup diambil menurut hasil analisis situasi yang sudah dilakukan.

2.      Penentuan Tujuan Produk

Sebelum menentukan strategi produk, harus terlebih dahulu ditentukan tujuan dari produk yang diproduksi. Tentunya selain untuk memenuhi kebutuhan dan impian konsumen, produk yang diproduksi oleh perusahaan juga dimaksudkan untuk memenuhi dan mencapai tujuan perusahaan. Oleh lantaran itu, perlu untuk dipertimbangkan apakah produk yang diproduksi sanggup memperlihatkan bantuan untuk pencapaian tujuan perusahaan atau tidak.

3.      Penentuan Sasaran Pasar

Pada dasarnya tidak ada perusahaan yang bisa untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumen, hal ini disebabkan lantaran kebutuhan konsumen sangat tidak terbatas sedangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sangat terbatas. Oleh lantaran itu sangatlah bijak bila perusahaan segmentasi pasar atau menenukan sasaran pasar semoga sanggup memenuhi kebutuhan dan impian konsumen. Tahap Penentuan sasaran pasar akan mengakibatkan perusahaan lebih fokus dan meningkatkan keberhasilan perusahaan serta kepuasan konsumen. Perusahaan sanggup menentukan alternatif sasaran pasar, menyerupai contohnya dalam produk standar, customized product, ataupun produk standar dengan modifikasi.

4.      Penentuan Anggaran

Tahap ke empat yaitu penentuan anggaran. Penentuan angaran ini dimaksudkan semoga perusahaan sanggup memastikan berapa biaya yang diharapkan untuk melaksanakan starategi produk yang diinginkan. Dengan begitu perusahaan akan lebih siap dalam pemenuhan biaya yang diharapkan tersebut lantaran sudah diperkirakan sebelumnya. Atau bila perusahaan ternyata tidak sanggup memenuhi biaya yang diramalkan, parusahaan sanggup membatalkan taktik produk tersebut lantaran sebelumnya sudah mengetahui proyeksi angagaran yang dibutuhkan. Selain itu penentuan anggaran juga sanggup bermanfaat sebagai alat perencanaan, koordinasi dan sekaligus sebagai pengendalian.

5.      Penetapan Strategi Produk

Dalam tahapan penetapan taktik produk, alternatif-alternatif taktik produk yang sudah ada akan dianalisis dan dinilai keunggulan serta kelemahannya, kemudian sesudah itu kemudian dipilih taktik produk yang paling anggun dan layak untuk kemudian diterapkan dalam taktik produk perusahaan. Mengingat pentingnya penetapan taktik produk ini lantaran menyangkut berhasil atau tidaknya suatu produk, maka perusahaan akan berusaha sebaik mungkin dalam menyeleksi alternatif taktik produk yang ada.

6.      Evaluasi Pelaksanaan Strategi

Langkah terakhir dari tahap perencanaan taktik roduk adalah penilaian atau penilaian atas pelaksanaan planning yang sudah disusun. Dalam proses ini, rencana-rencana taktik produk yang sudah ditetapkan sebelumnya akan dievaluasi dan ditilai sebelum hasilnya ditetapkan dan dijalankan sebagai taktik produk perusahaan. Proses penilaian pelaksanaan taktik haruslah dilakukan dengan baik dan tepat, mengingat salah satu faktor keberhasilan perencanaan taktik produk salah satunya yaitu dari pelaksanaan penilaian startegi produk ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tahapan Dalam Perencanaan Seni Administrasi Produk"

Posting Komentar