Komunikasi Visual Dalam Retailing

KOMUNIKASI VISUAL DALAM RETAILING

Komunikasi peritel (pelaku retailing) dengan pelanggannya tidaklah selalu dilakukan dengan media massa ibarat dengan bunyi dan gambar ibarat di televisi, dengan bunyi di radio, ataupun dengan goresan pena dan gambar ibarat dimajalah dan koran. Komunikasi dapat terjadi melalui gambaran visual, lay out ataupun display produk didalam toko. Yang dimaksud dengan komunikasi visual ialah komunikasi perusahaan ritel atau toko dengan konsumen atau pelanggannya melalui wujud fisik, ibarat identitas toko, layout dan display maupun in store communication.

Dengan menerapkan komunikasi visual secara menyeluruh, maka akan meningkatkan maupun menambah citra toko yang lebih baik dibenak konsumen. Berikut ini ialah beberapa unsur dari citra toko, yakni:
1.      Merchandise atau produk, ibarat harga, keragaman kategori, kualitas, ketersediaan item (warna, ukuran, jenis).
2.      Lokasi yang gampang dijangkau, aman, dan berada dalam suatu sentra pembelanjaan atau bersahabat dengan toko-toko ritel lainnya.
3.      Pelayanan, ibarat pilihan cara bayar, delivery service, maupun catalog yang dikirimkan ke rumah.
4.      Mengutamakan pelayanan pada segmen tertentu yang sesuai dengan karakteristik demografi calon konsumen, ibarat contohnya para remaja dan dewasa, para keluarga atau para ibu rumah tangga kalangan tertentu.
5.      Pramuniaga/staf/kasir, ibarat contohnya sikap dalam melayani (sopan, ramah, sigap), pengetahuan produk, dan jumlah tenaga yang memadai.
6.      Fasilitas, ibarat food court, parkir, toilet.
7.      Citra kepribadian perusahaan atau toko, ibarat lengkap/serba ada dan canggih.
8.      Promosi, ibarat secara teratur melaksanakan promosi hadiah, memperlihatkan diskon, even khusus, kegiatan kupon, kegiatan undian berhadiah.
9.      Store ambience/atmosfer, ibarat dekorasi eksterior yang modern dan anggun, dekorasi interior yang menarik, sirkulasi dalam toko yang memudahkan bergerak, situasi yang menciptakan betah (tata warna, musik, pencahayaan), lay out atau penataan produk, display yang menarik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komunikasi Visual Dalam Retailing"

Posting Komentar