Memahami Komunikasi Pemasaran Dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran

Memahami Komunikasi Pemasaran dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran


Pemasaran modern membutuhkan lebih dari sekedar membuatkan produk yang lebih baik, menawarkannya dengan harga yang lebih menarik, dan membuatnya gampang didapat oleh konsumen sasaran. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan para konsumen yang ada sekarang, konsumen potensial, pengecer, pemasok, pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada perusahaan, dan masyarakat secara umum. Setiap perusahaan tidak sanggup menghindari peranannya sebagai promotor dan komunikator. Bagi sebagian besar perusahaan, pertanyaannya bukan apakah akan melakukan komunikasi tersebut atau tidak, akan tetapi lebih pada apa yang akan dikomunikasikan, kepada siapa dan seberapa sering dilakukan.

Bauran komunikasi pemasaran (juga disebut dengan bauran promosi atau promotion mix) terdiri atas lima (5) cara berkomunikasi utama, yaitu sebagai berikut:
1.      Periklanan, yaitu semua bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, barang ataupun jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.
2.      Promosi Penjualan, yaitu aneka macam insentif jangka pendek yang bertujuan untuk mendorong impian mencoba atau membeli suatu produk ataupun jasa.
3.      Hubungan masyarakat dan publisitas, yaitu aneka macam jadwal untuk mempromosikan ataupun melindungi gambaran perusahaan maupun produk individualnya.
4.      Penjualan secara pribadi, yaitu interaksi eksklusif dengan seorang calon pembeli atau lebih untuk melaksanakan presentasi, menjawab pertanyaan, serta mendapatkan pesanan.
5.      Pemasaran langsung, yaitu penggunaan surat, telepon, e-mail, faksimili, dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara eksklusif dengan atau memperoleh jawaban eksklusif dari konsumen tertentu dan calon pelanggan.

 membutuhkan lebih dari sekedar membuatkan produk yang lebih baik Memahami Komunikasi Pemasaran dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran

Gambar diatas menunjukkan aneka macam cara untuk berkomunikasi. Berkat terobosan teknologi, setiap orang sanggup berkomunikasi melalui media tradisional (koran, radio, pers, televisi, telepon) dan juga bentuk media yang lebih gres (telepon genggam, komputer, mesin faks, dan pager). Perkembangan teknologi gres tersebut akan menurunkan biaya telekomunikasi sehingga akan semakin banyak perusahaan beralih dari komunikasi massal menuju komunikasi yang lebih terarah dan obrolan satu-satu. Marshall McLuhan menyatakan bahwa "Media itulah pesannya", artinya yakni media komunikasi yang digunakan menghipnotis isi pesan.

Akan tetapi, komunikasi perusahaan sanggup pula dilakukan dengan cara selain yang telah dinyatakan dalam gambar diatas. Harga produk, warna dan bentuk kemasan, perilaku serta cara berpakaian para wiraniaganya, lokasi usaha, dan kertas surat yang digunakan di perusahaan tersebut mengkomunikasikan sesuatu kepada para konsumen. Keseluruhan bauran pemasaran, bukan hanya bauran promosi, harus dirancang dengan baik untuk menyatakan dan menyiapkan penentuan posisi strategis yang diinginkan oleh perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Komunikasi Pemasaran Dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran"

Posting Komentar