Pengertian Jasa Dan 5 Pembagian Terstruktur Mengenai Jasa

Pengertian Jasa dan 5 Klasifikasi Jasa


PENGERTIAN JASA

Jasa adalah setiap perbuatan atau tindakan yang sanggup ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lainnya yang pada hakikatnya bersifat tidak berwujud fisik (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan atas sesuatu. Sektor jasa sendiri akhir-akhir ini berkembang sangat pesat, hal ini disebabkan lantaran beberapa faktor, yaitu sebagai berikut:

a.       Ada peningkatan efek sektor jasa.
b.      Waktu untuk santai semakin banyak.
c.       Persentase perempuan yang masuk dalam angkatan kerja semakin banyak.
d.      Semakin meningkatnya cita-cita hidup.
e.       Semakin kompleksnya produk-produk yang diperlukan dan dihasilkan.
f.       Ada peningkatan kompleksitas kehidupan.
g.       Meningkatnya perhatian terhadap kelangkaan sumber daya dan ekologi.
h.      Perubahan teknologi yang berlangsung semakin cepat.

Sebenarnya pembedaan antara produk dan jasa sulit untuk dilakukan, hal ini lantaran pembelian suatu produk biasanya sering disertai juga dengan jasa-jasa tertentu (seperti contohnya instalasi), dan pembelian suatu jasa sering juga meliputi barang-barang yang melengkapinya (contohnya masakan direstoran). Meskipun begitu, menurut Kotler jasa diartikan sebagai setiap perbuatan atau tindakan yang sanggup ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang intinya bersifat tidak berwujud fisik (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan atas sesuatu. Walau demikian, produksi jasa sanggup berkaitan dengan produk fisik ataupun tidak

{|CATATAN| Kami merekomendasikan 6 artikel yang terkait dengan jasa berikut ini untuk menambah rujukan Anda: 1. 4 Karakteristik Jasa dan Contohnya | 2. 5 Dimensi Kualitas Jasa | 3. Strategi Mengelola Penawaran dan Permintaan Jasa | 4. 6 Strategi Mengelola Permintaan Jasa | 5. 5 Strategi Mengelola Penawaran Jasa | 6. Strategi Pemasaran Jasa}

 setiap perbuatan atau tindakan yang sanggup ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lainny Pengertian Jasa dan 5 Klasifikasi Jasa

5 KLASIFIKASI JASA

Jasa sanggup diklasifikasikan berdasarkan 5 kriteria, yaitu sebagai berikut:

1.      Berdasarkan Sifat Tindakan Jasa

Jasa dikelompokkan ke dalam sebuah matriks yang terdiri atas dua sumbu, di mana sumbu vertikalnya menunjukkan sifat tindakan jasa (tangible actions dan intangible actions), sedangkan sumbu horisontalnya ialah penerima jasa (manusia dan benda).

2.      Berdasarkan kekerabatan dengan pelanggan

Jasa dikelompokkan dalam sebuah matriks yang terdiri dari dua sumbu, yaitu sumbu vertikal dan sumbu horisontal. Dimana sumbu vertikal menunjukkan tipe keterkaitan antara perusahaan jasa dengan konsumennya (hubungan keanggotaan dan tak ada kekerabatan formal), sementara sumbu horisontal merupakan sifat penyampaian jasa (penyampaian secara kontinue (berkesinambungan) dan penyampaian diskret).

3.      Berdasarkan Tingkat Customization dan Judgment dalam Penyampaian Jasa

Jasa dikelompokkan ke dalam sebuah matriks yang terdiri dari dua sumbu, yaitu sumbu vertikal dan sumbu horizontal. Dimana sumbu vertikal menunjukkan tingkat customization karakteristik jasa (rendah dan tinggi), sementara sumbu horisontal merupakan tingkat judgment yang diterapkan oleh contact personnel dalam pemenuhan kebutuhan konsumen industrial (tinggi dan rendah).

4.      Berdasarkan Sifat Permintaan dan Penawaran Jasa

Jasa dikelompokkan dalam sebuah matriks yang terdiri dari dua sumbu, yaitu sumbu vertikal dan sumbu horizontal. Dimana sumbu vertikal menunjukkan sejauh mana suatu penawaran jasa menghadapi problem berkaitan dengan terjadinya seruan puncak (permintaan puncak sanggup dipenuhi tanpa adanya penundaan yang berarti dan seruan puncak umumnya melampaui penawaran), sementara sumbu horisontal merupakan tingkat fluktuasi seruan jasa sepanjang waktu (randah dan tinggi).

5.      Berdasarkan Metode Penyampaian Jasa

Jasa dikelompokkan dalam sebuah matriks yang terdiri dari dua sumbu, yaitu sumbu vertikal dan sumbu horizontal. Dimana sumbu vertikal menunjukkan sifat interaksi antara konsumen dengan perusahaan jasa (konsumen mendatangi perusahaan jasa, perusahaan jasa mendatangi konsumen, serta konsumen dan perusahaan jasa melaksanakan transaksi melalui media elektronik atau surat), sementara sumbu horisontal ialah ketersediaan outlet jasa (multiple sites dan single site).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jasa Dan 5 Pembagian Terstruktur Mengenai Jasa"

Posting Komentar