Mengelola Dan Mengkoordinasikan Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

Mengelola dan Mengkoordinasikan Komunikasi Pemasaran Terintegrasi


Banyak perusahaan yang masih sangat mengandalkan satu ataupun dua alat komunikasi untuk mencapai tujuan komunikasinya. Praktik tersebut terus berlangsung, meski dikala ini terjadi disintegrasi dari pasar massal ke banyak pasar kecil, masing-masing membutuhkan pendekatan komunikasi tersendiri, berkembangnya banyak sekali jenis media-media baru, serta semakin canggihnya konsumen. Alat komunikasi, pesan, serta audiens yang sangat bermacam-macam mewajibkan perusahaan untuk memikirkan penggunaan alat-alat komunikasi yang lebih modern, lebih optimal, serta penyelarasan pada alat-alat komunikasi tersebut.

Saat ini, semakin banyak perusahaan menggunakan konsep komunikasi pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing Communication - IMC). Menurut American Association of Advertising Agencies (4As), IMC adalah:

Suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang menyadari nilai tambah dari suatu planning komprehensif yang mengevaluasi tugas strategis dari banyak sekali disiplin komunikasi, misalnya, periklanan umum, promosi penjualan, tanggapan langsung, dan korelasi masyarakat, serta menggabungkan banyak sekali disiplin tersebut untuk memperlihatkan kejelasan, konsistensi, serta imbas komunikasi yang maksimum melalui integrasi menyeluruh dari pesan-pesan yang saling berlainan.

Sebuah penelitian pada tahun 1991 yang dilakukan terhadap administrasi puncak dan direktur pemasaran diperusahaan-perusahaan besar produk konsumsi memperlihatkan bahwa lebih dari 70% menyukai konsep kornunikasi pemasaran yang terintegrasi sebagai suatu cara untuk memperbaiki imbas komunikasi mereka. Pada masa itu, beberapa biro periklanan besar mengakuisisi agen-agen utama yang memiliki spesialisasi dalam korelasi masyarakat, promosi penjualan, dan pemasaran eksklusif yang bertujuan untuk menyediakan satu daerah belanja komunikasi pemasaran menyeluruh (one stop shopping). Akan tetapi, mereka kecewa alasannya ialah kebanyakan klien mereka tidak membeli paket komunikasi pemasaran terintegrasi tersebut, namun lebih menentukan berafiliasi dengan beberapa biro periklanan yang berbeda.

Mengapa bisa terjadi penolakan tersebut? Sebagian dikarenakan perusahaan-perusahaan besar menggunakan spesialis komunikasi yang berbeda untuk bekerja sama dengan manajer merek perusahaan. Dan setiap seorang andal komunikasi akan menuntut anggaran yang lebih besar. Manajer penjualan ingin menyewa 2 wiraniaga pemanis dengan biaya sekitar $80.000 semantara manajer periklanan ingin membelanjakan jumlah uang yang sama untuk iklan ditelevisi pada jam-jam tayang utama. Manajer korelasi masyarakat sangat meyakini bahwa kegiatan publisitas akan lebih bermanfaat, sementara para seorang andal kegiatan pemasaran lewat surat dan telepon eksklusif menyatakan bahwa mereka memiliki jawabannya.

Manajer merek sendiri sering kali kurang begitu terlatih dalam banyak sekali bentuk komunikasi pemasaran. Umumnya mereka hanya memiliki pengalaman tradisional dalam media periklanan. Mereka hanya tahu sedikit mengenai promosi penjualan, pemasaran langsung, atau korelasi masyarakat.

Para kepala dari tiap alat komunikasi fungsional hanya tahu sedikit mengenai alat-alat komunikasi lainnya. Lagi pula, para kepala komunikasi umumnya memiliki biro seorang andal favorit dari luar perusahaan dan menolak untuk memperlihatkan semua tanggung jawab komunikasi hanya kepada biro periklanan super. Mereka beropini bahwa perusahaan harusnya menentukan biro seorang andal terbaik untuk setiap tujuan, bukannya menentukan biro peringkat kedua atau ketiga hanya alasannya ialah mereka termasuk kedalam biro periklanan super tersebut. Mereka yakin bahwa biro periklanan tersebut juga tidak bertindak bersama, melainkan tiap-tiap departemen dalam biro tersebut beroperasi sebagai sentra keuntungan yang terpisah. Mereka meyakini bahwa biro periklanan tersebut akan tetap menepatkan sebagian besar uang pengiklan ke dalam anggaran periklanan.

Komunikasi pemasaran yang terintegrasi akan menghasilkan pesan yang lebih konsisten dan menghasilkan imbas penjualan yang lebih besar. IMC akan memperlihatkan tanggung jawab kepada seseorang yang sebelumnya tidak ada untuk ikut menyatukan gambaran merek dan pesan perusahaan yang tiba melalui ribuan kegiatan perusahaan. IMC akan memperbaiki kemampuan perusahaan untuk menjangkau konsumen yang sempurna dengan pesan yang sempurna pada dikala yang sempurna dan ditempat yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengelola Dan Mengkoordinasikan Komunikasi Pemasaran Terintegrasi"

Posting Komentar