Manajemen Pemasaran - Merancang Dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegrasi



MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI

 

Proses dari komunikasi pemasaran biasanya yaitu sebagai berikut :
MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI Manajemen Pemasaran - MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI      Pengembangan produk yg baik
MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI Manajemen Pemasaran - MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI      Harga atraktif
MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI Manajemen Pemasaran - MERANCANG DAN MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI      Mudah diakses
Dapat menjangkau dan mempengaruhi pasar target secara efektif
Berkomunikasi dengan stakeholder  dan public yang potensial
Agar sanggup menjangkau dan mempengaruhi pasar sasaran
 








Peran Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran yaitu sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen – secara pribadi maupun tidak langsung, perihal produk atau merek yang dijualnya. Komunikasi pemasaran memungkinkan perusahaan menghubungkan merek mereka dengan orang, tempat, acara, merek, pengalaman, perasaan dan hal lainnya. Perusahaan juga sanggup berkonstribusi pada ekuitas mereka, dengan menenemkan merek dalam ingatan dan membuat gambaran merek, serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham. Cara kerja dari komunikasi pemasaran yaitu sebagai berikut :
Hubungan Pelanggan
Komunikasi Pemasaran
Konsumen yang loyal
 


Lingkungan Komunikasi Pemasaran yang sedang Berubah

Komunikasi pemasaran memeng sanggup memainkan sejumlah kiprah penting, akan tetapi mereka harus melakukannya dalam lingkungan komunikasi yang semakin keras. Teknologi dan factor-faktor lain telah sangat mengubah cara konsumen memproses komunikasi dan bahkan jikalau mereka menentukan untuk tidak memprosesnya sama sekali. Tantangan yang mungkin dihadapi oleh pemasar antara lain :
  1. Kerumunan iklan tak terkendali.
  2. Konsumen tidak menyukai daya tarik pemasaran alasannya yaitu iklan yang terlalu invasive.

Komunikasi Pemasaran, Ekuitas Merek, dan Penjualan

Iklan sering menjadi elemen kunci tetapi bukanlah faktor satu- satunya dalam membentuk ekuitas merek dan mendorong penjualan .

 

Bauran Komunikasi Pemasaran

Delapan model komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran :
  1. Iklan
  2. Promosi penjualan
  3. Acara dan pengalaman
  4. Hubungan masyarakat dan publisitas
  5. Pemasaran langsung
  6. Pemasaran Interaktif
  7. Pemasaran dari Mulut ke mulut
  8. Penjualan personal

Pengaruh Komunikasi Pemasaran

Pemasar harus menilai pengalaman dan kesan yang paling mempengaruhi setiap tahap proses pembelian,
  1. Alokasi dana komunikasi lebih efisien.
  2. Implementasi jadwal komunikasi dengan benar.
Meningkatkan kesadaran merek, pemasar harus :
  1. Netral media
  2. Evaluasi efektifitas komunikasi
c.       Pertimbangan efisiensi.

Model Proses Komunikasi

Model Makro Proses Komunukasi

Model ini menekankan factor-faktor kunci dalam komunikasi efektif. Dibawah ini yaitu model makro komunikasi dengan sembilan elemen.
PENERIMA
Penyandian
Pengartian

Media
Pesan
Gangguan
Umpan Balik
Respons
PENGIRIM
 






Model Mikro Respon Konsumen

Model ini mengasumsikan bahwa pembeli melewati tahap kognitif, afektif dan sikap dalam urutan tertentu.
Mengembangkan Komunikasi Efektif
Ada lima langkah dalam menyebarkan Komunukasi Efektif yaitu sebagai berikut :
Mengidentifikasi
Pemirsa Sasaran
Menentukan Tujuan
Merancang Komunukasi

Memilih Saluran

Menetapkan Anggaran

Memutuskan Bauran
Media
Mengukur Hasil

Mengelola Komunikasi
Pemasaran Terintegrasi

 


















Mengidentifikasi Pemirsa Sasaran

Proses ini yaitu proses awal yang harus dilakukan yaitu menentukan pemirsa target yang terperinci dalam pikiran : pembeli potensial produk perusahaan, pengguna dikala ini, pengambil keputusan ( pemberi imbas : perorangan, kelompok, masyarakat tertentu atau masyarakat umum). Pemirsa target ini sangat mempengaruhi keputusan komunikator perihal apa yang dikatakan, bagaiman, kapan, dimana, dan kepada siapa komunikasi akan ditujukan.

Menentukan Tujuan Pasar

Pemasar sanggup menentukan tujuan komunikasi pada semua tingkat model hierarki pengaruh. Ada empat kemungkinan tujuan, yaitu sebagai berikut :
  1. Kebutuhan Kategori
Menentukan katagori produk/jasa yg diharapkan untuk mengalihkan atau memuaskan perbedaan anggapan antara keadaan motivasionalsaat ini dan keadaan emosional yang diinginkan.
  1. Kesadaran Merek
Kemampuan untuk mengidentifikasi (mengetahui atau mengingat) merek dalam katagori, dengan cukup rinci untuk melaksanakan pembelian.
  1. Sikap Merek
Mengevaluasi merek dengan memperhatikan kemampuan anggapannya untuk memenuhi kebutuhan relevan dikala ini.
  1. Maksud Pembelian Merek
Intruksi sanggup berdiri diatas kaki sendiri untuk membeli merek atau mengambil tindakan yang berafiliasi dengan pembelian.

 

Merancang Komunikasi

  1. Strategi Pesan
Dalam menentukan taktik ini, administrasi mencari daya tarik, tema atau inspirasi yang terkait dengan positioning merek dan membantu menentukan titik paritas atau titik pembeda.
  1. Strategi Kreatif
Efektifitas komunikasi bergantung dengan bagaimana sebuah pesan diekspresikan dan juga kandungan pesan itu sendiri. Strategi kreatif yaitu cara pemasar menerjemahkan pesan mereka ke komunikasi tertentu. Kita sanggup secara luas menggolongkan mereka sebagai :
1)      Daya Tarik Informasional
Daya tarik informasional mengolaborasikan atribut atau manfaat produk atau jasa. Daya tarik ini mengasumsikan pemrosesan komunikasi di pihak konsumen bersifat sangat rasional, selain itu daya tarik ini juga mempunyai hubungan dengan penarikan kesimpulan oleh pembaca iklan atau pemirsa.
2)      Daya Tarik Transformasional
Daya tarik transformasional mengolaborasikan manfaat atau gambaran yang tidak berafiliasi dengan produk. Daya tarik ini sering meningkatkan emosi yang akan memotivasi pembelian.
a)      Sumber Pesan
Strategi perancangan komunikasi ini menitik beratkan pada siapa yang menghantarka atau membawaka pesan tersebut.
b)      Adaptasi Global
Stategi ini biasanya dipakai oleh perusahaan multi nasional dimana mereka harus menghadapi tantangan dalam menyebarkan jadwal komunikasi global. Perusahaan harus memutukkan antara lain :
·         Produk : apakah sebuah produk sempurna untuk suatu Negara.
·         Segmen Pasar : harus memastikan apakah segmen pasar yg mereka layani sah secara hokum dan sesuai dengan kebiasaan.
·         Gaya : memutukan apakag gaya iklan perusahaan sanggup diterima atau tidak.
·         Lokal atau Global : menetapkan apakah iklan itu harus diciptakan di kantor sentra atau secara local.

 

Memilih Saluran Komunikasi

  1. Saluran Komunikasi Pribadi
Saluran ini meungkinkan dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seorang dengan orang lain, melalui telepon, atau melalui e-mail. Saluran komunikasi pribadi menghasilkan efektifitas mellalui presentasi yg diadaptasi untuk individu dan umpan balik.
  1. Saluran Komunikasi non Pribadi
Saluran komunikasi ini diarahkan ke lebih dari satu orang, dan meliputi sebagai berikut:
§  Media
Media disini terdiri dari media cetak, media siaran, media jaringan, media elektronik, dan media tampilan. Sebagian besar pesan nonpribadi dating melalui media berbayar.
§  Promosi Penjualan
penjualan disini terdiri dari promosi konsumen, promosi dagang, serta promosi bisnis dan wiraniaga.
§  Acara dan Pengalaman
Meliputi kegiatan yang membuat interaksi merek gres dengan konsumen, contohnya jadwal olahraga, seni hiburan, dan jadwal amal.
§  Hubungan Masyarakat
Hubungan masyarakat ini meliputi komunikasi yang diarahkan secara internal kepada karyawan perusahaan atau secara eksternal kepada konsumen, perusahaan lain, pemerintah, dan media.
  1. Integrasi Saluran Komunikasi
Integrasi saluran komunikasi disini yaitu menggabungkan antara saluran komunikasi pribadi dengan saluran komunikasi nonpribadi. Meskipun komunikasi sering lebih efektif, dibandingkan komunikasi massa, namun media massa bias menjadi sarana utama untuk menstimulasikan komunikasi pribadi. Komunikasi massa mempengaruhi sikap pribadi dan sikap melalui proses dua langkah.

 

Menetapkan Total Anggaran Komunikasi Pemasaran

  1. Metode Terjangkau
Metode ini mengabaikan kiprah promosi sebagai investasi dan dampak segera terhadap volume penjualan. Metode ini menyebabkan anggaran tahunan yang tidak niscaya dan mempersulit perencanaan jangka panjang.
  1. Persentase Penjualan
Menurut pendukung metode ini mempunyai sejumlah keuntungan antara lain, metode ini mendorong administrasi memikirkan hubungan diantara biaya promosi, harga jual dan keuntungan per unit. Keuntungan lainnya yaitu metode ini mendorong stabilitas ketika perusahaan pesaing menghabiskan presentase yg hamper sama dengan penjualan pesaing atas promosi.
Selain keuntungan metode ini hanya sedikit yang sanggup dibenarkan antara lain, metode ini memandang penjualan sebagai penentu promosi dan bukan sebagai hasil, metode ini jg mengarah ke penentu anggaran menurut ketersediaan dana dan bukan berdasar peluang pasar.
  1. Metode Paritas Kompetitif
Metode ini menetapkan anggaran promosi untuk mencapai paritas pangasa bunyi dengan pesaing.
  1. Metode Tujuan dan Tugas
Metode ini menuntut pemasar mengembangakan anggaran promosi dengan mendefinisikan tujuan tertentu, menentukan kiprah yang harus yg dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan yg telah ditentukan, dan memperkirakan biaya pelaksanaan kiprah (anggaran promosi yg direncanakan).

Memutuskan Bauran Komunikasi Perusahaan

            Perusahaan harus mengalokasikan anggaran komunikasi perusahaan atas delapan model komunikasi utama yaitu iklan, promosi penjualan, hubungan ,masyarakat dan publisitas, jadwal dan pengalaman, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran dari lisan ke mulut, serta tenaga penjualan. Dalam industri yang sama,perusahaan sanggup sangat berbeda dalam pilihan media dan saluran mereka.                                                                                                                                Perusahaan selalu mencari banyak cara untuk mendapat efisiensi dengan mengganti satu alat komunikasi dengan alat lainnya. Banyak perusahaan menggantikan beberapa kegiatan penjualan lapangan dengan iklan, pengeposan langsung, dan pemasaran lewat telepon.

Karakteristik Bauran Komunikasi Perusahaan                                

Setiap alat komunikasi mempunyai karakteristik unik dan biayanya sendiri.
  1. Iklan
Iklan menjangkau pembeli yang tersebar secara geografis. Iklan sanggup membangun gambaran jangka panjang bagi produk. Konsumen mungkin percaya bahwa merek yang diiklankan besar-besaran harus menunjukkan “nilai yang baik”. Karena banyak sekali bentuk dan penggunaan iklan,sulit melaksanakan generalisasi perihal hal tersebut. Namun,ada beberapa observasi yang layak :
a.       Pengulangan
Iklan memungkinkan penjual mengulangi pesan berkali-kali. Iklan skala besar menyampaikan sesuatu yang faktual perihal ukuran,kekuatan,dan keberhasilan penjual.
b.      Penguatan ekspresivitas
Iklan menyediakan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan media cetak,suara,dan warna yang berseri.
c.       Impersonalitas
Iklan merupakan obrolan satu arah dan bukan obrolan dua arah dengan pemirsa.
  1. Promosi Penjualan
Perusahaan memakai alat promosi penjualan seperti, kupon,kontes untuk menarik respons pembeli yang lebih kuat dan lebih cepat. Alat promosi penjualan menunjukkan tiga manfaat berbeda :     
a.       Komunikasi
Promosi penjualan meraih perhatian dan sanggup mengarahkan konsumen kepada produk.
b.      Insentif
Promosi penjualan meliputi donasi yang menyampaikan nilai bagi konsumen.
c.       Undangan
Promosi penjualan meliputi undangan berbeda untuk melibatkan diri dalam transaksi sekarang.
  1. Hubungan Masyarakat dan Publisitas
Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas didasarkan pada tiga kualitas berbeda :
a.       Kredibilitas tinggi
Kisah dan fitur gres lebih otentik dan kredibel bagi pembaca daripada iklan
b.      Kemampuan untuk mencapai pembeli
Hubungan masyarakat sanggup mencapai calon pembeli yang suka menghindari wiraniaga dan iklan.
c.       Dramatisasi
Hubungan masyarakat mempunyai potensi mendramatisasi perusahaan atau produk.
  1. Acara dan Pengalaman
Ada banyak keuntungan bagi jadwal dan pengalaman :
a.       Relevan
Acara atau pengalaman yang dipilih dengan baik sanggup dianggap sangat relevan alasannya yaitu konsumen terlibat secara pribadi.
b.      Melibatkan
Berdasarkan kualitas tampilan pribadi dan waktu riil-nya,acara dan pengalaman lebih melibatkan konsumen secara aktif.
c.       Implisit
Acara merupakan “penjualan lunak” tidak langsung.
  1. Pemasaran Langsung dan Interaktif
Pemasaran pribadi dan interaktif mempunyai banyak bentuk,melalui telepon,online,dan secara pribadi. Pesan pemasaran pribadi dan interaktif yaitu :
a.       Penyesuaian
Pesan disiapkan untuk menarik individu yang dibidik.
b.      Terkini
Pesan sanggup disiapkan dengan cepat.
c.       Interaktif
Pesan sanggup diubah tergantun pada respons seseorang.
  1. Pemasaran dari Mulut ke Mulut
Tiga karakteristik penting yaitu :
a.       Kredibel
Karena orang memercayai orang yang mereka kenal dan hormati,pemasaran dari lisan ke lisan bisa sangat berpengaruh.
b.      Pribadi
Pemasaran dari lisan ke lisan bisa menjadi obrolan yang sangat erat yang mencerminkan fakta, pendapat,dan pengalaman pribadi.
c.       Tepat Waktu
Pemasaran dari lisan ke lisan terjadi ketika orang menginginkannya dan ketika mereka paling tertarik.
  1. Penjualan Personal
Penjualan personal mempunyai tiga kualitas berbeda ;
a.       Interaksi pribadi
Penjualan personal membuat episode segera dan interaktif antara dua orang atau lebih.
b.      Pengembangan
Penjualan personal juga memungkinkan semua jenis hubungan berkembang.
c.       Respons
Pembeli sanggup merasa mereka wajib mendengarkan pembicaraan penjualan.

Faktor-faktor dalam Menentukan Bauran Komunikasi Pemasaran

Perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam menyebarkan bauran komunikasi mereka :
  1. Jenis Pasar Produk
Alokasi bauran komunikasi bermacam-macam antara pasar konsumen dan pasar bisnis. Pemasar konsumen cenderung menghabiskan biaya promosi penjualan dan iklan yang lebih banyak ; pemasar bisnis cenderung menghabiskan lebih banyak untuk penjualan personal.
Penjualan personal juga sanggup menyampaikan donasi kuat dalam pemasaran barang konsumen. Tenaga penjualan perusahaan yang dilatih dengan efektif sanggup menghasilkan empat donasi penting :
a.       Peningkatan posisi stok
b.      Pembentukan antusiasme
c.       Penjualan missioner
d.      Manajemen akun kunci
  1. Tahap Kesiapan Pembeli
Iklan dan publisitas memainkan kiprah terpenting dalam tahap pembentukan kesadaran. Pemahaman pelanggan terutama dipengaruhi oleh iklan dan penjualan personal. Keyakinan pelanggan paling dipengaruhi oleh penjualan personal. Menutup penjualan paling dipengaruhi oleh penjualan personal dan promosi penjualan.
  1. Tahap Siklus Hidup Produk
Dalam tahap pengenalan, iklan,acara dan pengalaman,serta publisitas mempunyai efektivitas biaya tertinggi, diikuti oleh penjualan personal untuk mendapat cakupan distribusi dan promosi penjualan serta pemasaran pribadi untuk mendorong percobaan. Dalam tahap pertumbuhan, seruan mempunyai momentumnya sendiri melalui pemasaran dari lisan ke mulut. Dalam tahap kedewasaan, promosi penjualan tetap kuat, alat komunikasi yang lain berkurang.

Mengukur Hasil Komunikasia        

            Manajer senior ingin mengetahui hasil dan pendapatan dari investai komunikasi. Namun seringkali mereka hanya memasok hasil dan pengeluaran, jumlah pemuatan di pers, jumlah iklan yang ditempatkan,dan biaya media. Pada akhirnya,ukuran perubahan sikap menangkap hasil yang sebenarnya.                                                                                                                                              Setelah mengimplementasikan planning komunikasi, eksekutif komunikasi harus mengukur dampaknya terhadap pemirsa sasaran. Mereka ditanya apakah menyadari atau mengingat pesan,berapa kali melihatnya,poin apa yang mereka ingat,apa yang mereka rasakan terhadap pesan itu,dan sikap mereka sebelumnya dan dikala ini terhadap produk dan perusahaan.
           

Mengelola Proses Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

Seperti didefinisikan oleh American Association of Advertising Agencies, komunikasi pemasaran terintegrasi (integrated marketing communication- IMC) yaitu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah planning komprehensif. Rencana semacam itu mengevaluasi kiprah strategis bermacam-macam disiplin komunikasi- contohnya iklan umum, respons langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat-serta gabungkan disiplin-disiplin ini untuk menyampaikan kejelasan, konsistensi, dan dampak maksimum melalui integrasi pesan yang lancar.
GAMBAR. KEADAAN KONSUMEN SAAT INI UNTUK DUA MEREK.
    

 
Sayangnya, banyak perusahaan masih bergantung pada satu atau dua sarana komunikasi. Praktik ini bertahan meskipun terpecahnya pasar massal menjadi banyak sekali pasar kecil, masing0masing pasar memerlukan pendekatannya sendiri: ledakan jenis media baru: dan kecanggihan konsumen yang semakin tinggi. KIsaran alat komunikasi, pesan, dan pemisrsa yang luas membuat komunikasi bersifat imperative sehingga perusahaan bergerak menuju komunikasi pemasaran terintegrasi. Perusahaan harus menerapkan “pandangan 360 derajat” perihal konsumen semoga sanggup memahami secara lebih penuh banyak sekali cara komunikasi memengaruhi sikap konsumen dalam hidup mereka sehari-hari.
Perusahaan media dan agensi iklan memperluas kapabilitas mereka untuk menunjukkan janji dalam banyak sekali kerangka dasar kepada pemasar. Misalnya, surat kabar dan majalan

 

Mengoordinasikan Media

Koordinasi media sanggup terjadi lintas dan di dalam jenis media, tetapi pemasar harus menggabungkan saluran komunikasi pribadi dan nonpribadi untuk mencapai dampak maksimum.Bayangkan seorang pemasar yang memakai satu sarana dalam perjuangan “satu bidikan” untuk menjangkau dan menjual kepada calon pelanggan. Salah satu pola kampanye satu, satu tahap yaitu surat satu kali yang menunjukkan perangkat memasak. Kampanye satu sarana, multi tahap akan bergantung pada surat suksesif kepada prospek yang sama. Penerbit majalah, misalnya, mengirimkan sekitar empat pemberitahuan gres kepada satu rumah tangga sebelum menyerah. Pendeketan yang lebih berdaya guna yaitu kampanye multisarana, multitahap. Perhatikan urutan dalam Peraga 17.7
Banyaknya media yang diterapkan dalam kerangka waktu yang didefinisikan dengan ketat sanggup meningkatkan jangkauan dan dampak pesan. Bagi kampanye Citibank yang memasarkan tunjangan ekutias rumah, alih-alih memakai {surat ditambah angkat 800”, Citibank memakai “surat ditambah kupon ditambah angkat 800telemarketing keluar ditambah iklan cetak.” Meskipun kampanye kedua lebih mahal, kampanye itu menghasilkan peningkatan 15% dalam jumlah akun gres dibandingkan dengan surat pengeposan pribadi saja.
Riset juga menunjukkan bahwa promosi bisa lebih efektif jikalau digabungkan dengan iklan. Kesadaran dan sikap yang diciptakan oleh kampanye iklan sanggup meningkatkan keberhasilan area penjualan yang lebih langsung. Banyak perusahaan mengoordinasikan kegiatan komunikasi online dan offline mereka. Dengan mendaftarkan alamat Web dalam iklan (terutama iklan media cetak) dan dalam kemasan, masyarakat sanggup mengekpliarsi produk perusahaan dengan lebih penuh, menemukan lokasi toko, dan mendapat lebih banyak informasi produk atau jasa.
Misalnya, Dannone membuat prioritas untuk menggerakkan kemudian lintas ke homepage Dannon Yogurt, jadi perusahaan sanggup mengambil manfaat dari imbal hasil ganda alasannya yaitu (1) membangun hubungan pribadi dengan pelangggan dan (2) membangun database pelanggan terbaiknya, yang kesetiannya sanggup diperkuat dengan kupon dan perjuangan promosi prengeposan pribadi yang lebih terarah. Ketika perusahaan jasa keuangan belanda ING Group melunjcurkan mereknya di Amerika Serikat, mereka memasangkan iklan TV dan media cetak dengan iklan online. Dalam salah satu kampanye di situs informasi keuangannya, semua “ing” dalam teks informasi itu berubah oranye-sesuai dengan warna korporat INGI.
Bahkan jikalau konsumen tidak memesan secara online, merea sanggup memakai situs Wev dengan cara yang mendorong mereka pergi ke toko untuk membeli. Situs Web Best Buy sanggup berfungsi sebagai alat riset bagi konsumen, menyerupai yang diungkapkan survey 40% pelanggannya melihatiklan online lebih dulu sebelum tiba ke toko.

 

Mengimplementasikan IMC

Beberapa lasan menjadi penyebab komunikasi pemasaran terintegrasi lambat dijalankan. Perusahaan besar sering mempekerjakan beberapa seorang andal komunikasi yang bebeda yang mungkin mengetahui sedikit perbandingan perihal alat komunikasi lainnya. Masalah yang memperumit selanjutannya yaitu bahwa banyak perusahaan global memakai sejumlah besar agensi iklan yang terletak di banyak sekali begara dan melayani banyak sekali divisi, menghasilkan komunikasi yang tidak terkoordinasi dan difusi citra. Salah satu perusahaan yang berhasil mengoordinasikan perjuangan pemasaran terintegrasi dari sejumlah agensi dan departemen internet yaitu British Gas.
Meskipun demikian, dikala ini, beberapa agensi besar benar-benar meningkatkan penawaran terintegrasi mereka. Untuk memfasilitasi belanja satu atap, agensi iklan utama mengakuisisi agensi promosi, perusahaan hubungan masyaraktm konsultan desain kemasan, pengembang situs web, dan perusahaan pengeposan langsung. Agensi-agensi ini mendefinikan kembali efektivitas komunikasi mereka dengan menunjukkan hikmah strategis dan mudah dalam banyak sekali bentuk komunikasi. Banyak klie internasional menentukan untuk menepatkan belahan substansial dari kerja komunikasi mereka melalui satu agensi layanan penuh. Salah satu contohnya yaitu IBM yang mengalihkan semua iklannya ke Ogilvy untuk mempertahankan pentepatan merek yang seragam. Hasilnya yaitu komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan lebih efektif dengan total biaya komunikasi yang jauh lebih rendah.
Komunikasi pemasaran terintegrasi sanggup menghasilkan konsistensi pesan yang lebih kuat dan membantu membangun ekuitas merek dan membuat dampak penjualan yang lebih besar. Komunikasi pemasaran terintegrasi memaksa administrasi memikirkan semua cara pelanggan berafiliasi dengan perusahaan, bagaimana perusahaan mengomunikasikan posisinyua, arti penting relative setiap sarana, dan problem ketepatan waktu. Komunikasi semacam ini menyampaikan tanggung jawab pada seseorang- yang sebelumnya tidak pernah ada- untuk memadukan gambaran merek dan pesan perusahaan melaui ribuan kegiatan perusahaan. IMC harus meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang sempurna dengan pesan yang sempurna pada dikala yang sempurna di daerah yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Pemasaran - Merancang Dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegrasi"

Posting Komentar