Tantangan Administrasi Lintas Budaya

BELAJAR DARI MASA LALU

Banyak upaya telah dilakukan untuk mengintegrasikan isu-isu budaya dengan manajemen beserta keyakinan bahwa kesuksesan dalam ekonomi global membutuhkan pemahaman yang rinci. Manajer global yang sukses bergerak dengan gampang melintasi perbatasan internasional dan menyesuaikan diri dengan gampang terhadap perubahan lokal dan tantangan. Mereka mencari keunggulan kompetitif di mana pun mereka sanggup menemukannya. Tetapi kebanyakan dari semua, mereka terus-menerus berguru dari lingkungan mereka dan menerapkan pelajaran ini untuk pekerjaan mereka. Dalam hal ini, mungkin daerah yang baik untuk memulai proses berguru ini dengan sejarah. Filsuf Spanyol, George Santayana pernah mengamati, "Mereka yang gagal untuk berguru dari kesalahan pendahulunya mereka ditakdirkan untuk mengulanginya." Ini mungkin benar, tetapi sama benar bahwa salah satu manfaat berguru sejarah yang terjadi di masa lalu adalah hal itu sanggup mengurangi kebutuhan memulai dari awal. Sejarah menawarkan pelajaran ibarat blok bangunan di mana untuk membangun pendekatan Anda sendiri untuk manajemen, serta karir kita sendiri.
Ada tiga pelajaran dari tiga periode waktu yang sangat berbeda dan melibatkan orang-orang yang sangat berbeda. Dua teladan pertama, Christopher Columbus dan Mahatma Gandhi, berasal dari generasi sebelumnya, sementara yang ketiga berasal dari masa kemudian yang sangat baru-baru ini. Semua terkait manajer bisnis, lokal maupun global.
Christopher Columbus secara luas dikenal dengan menjadi penjelajah Eropa pertama yang menemukan Amerika. Banyak orang Scandinavia tidak setuju, dan memperlihatkan bahwa pelaut mendarat dan benar-benar dijajah ujung timur bahari canada pada era sebelumnya. Dan banyak orang Amerika orisinil dan suku Inuit juga tidak setuju, dan memperlihatkan bahwa mereka benar-benar ada pertama; memang, beberapa dari mereka bertemu Columbus di pantai Hispaniola ketika ia tiba di "dunia baru" dan membayar harga yang besar. Columbus pun dikenal dengan menunjukan bahwa dunia bulat, bukan datar. Dalam kontroversi seputar Columbus tersebut, apa yang banyak sarjana telah abaikan dalam kisah ini yaitu bahwa Columbus berhasil dalam perjuangan penemuannya alasannya beliau salah, bukan alasannya beliau benar.
Pertimbangkan: matematikawan Yunani kuno memperlihatkan jauh sebelum columbus bahwa dunia bulat, bahkan diperkirakan dengan akurasi yang luar biasa bahwa penjang permukaan bumi yaitu sekitar 25.000. Columbus dan tokoh lainnya nya memahami hal ini, berbeda dengan banyak petani dan orang-orang yang kurang berpendidikan. sebagian besar penjelajah waktu beralasan dengan akurasi moderat yang india dan pulau rempah-rempah - tujuan yang ditargetkan mereka - kira-kira 8000 mil ke barat dari Spanyol. mereka juga beralasan, benar, bahwa dalam pandangan jarak ini, perjalanan semacam itu mustahil. Mengingat teknologi yang berlaku ketika itu, tidak ada kapal bisa bepergian sejauh ini tanpa kehabisan pemasok tank air. Columbus mempelajari peta yang tersedia dan grafik waktu dan menyimpulkan, tidak benar, bahwa rekannya salah dan india itu hanya sekitar 3000 mil jauhnya, perjalanan beliau menganggap mungkin, bila sulit. Ia berlayar pada tahun 1492. Setelah perjalanannya di bahari dan , ironisnya, hanya lebih dari 3000 kilometer dari Spanyol, columbus berlayar ke Karibia dan menyimpulkan, sekali lagi tidak benar, bahwa ia telah mencapai india.
Pelajaran yang mempunyai kegunaan dari Columbus pelayaran sederhana. Jika Columbus mempunyai informasi yang lebih akurat telah mendengarkan para jago setempat perihal jarak yang benar untuk India, ia mungkin tidak pernah berusaha melakukan pelayaran. Namun ia yakin bahwa ia benar dan ia memulai tindakan menurut keyakinannya. Saat ia melanjutkan perjalanannya, ia mengadaptasi taktik dan mencoba untuk berguru dari kesalahannya. Memang, banyak manajer hari ini telah berguru ini beberapa pelajaran: Beberapa hasil kesuksesan terbesar dalam hidup dari kecelakaan, firasat atau sederhana keberuntungan. Semua manajer membuat kesalahan dan salah perhitungan - beberapa lebih dari yang lain. Keberhasilan manajerial jarang yang linear; ada banyak benjolan dan jalan memutar sepanjang jalan. Yang membedakan pemenang dari pecundang, bagaimanapun, yaitu baik ketabahan dan tekad dan kemampuan mereka untuk belajar, dan bila mungkin, memanfaatkan kesalahan mereka.
Pelajaran kedua lebih langsung, dan berasal dari kekerasan pelopor perdamaian indian non era kedua puluh, mahatma gandhi. Gandhi gemar menyampaikan bahwa "kita harus ada perubahan yang ingin kita lihat pada orang lain." Ini, tantangan nyata bagi manajer global kepemimpinan yang tidak menjadi pemgikut. Tantangan yaitu bagaimana membangun kedua perusahaan yang lebih makmur dan dunia yang lebih sejahtera. untuk mencapai hal ini, manajer global yang sukses harus membawa orang gotong royong di kedua cara kolaboratif dan simbiotik yang membuat nilai bagi organisasi dan sekitarnya. dalam upaya ini, pemahaman perihal bagaimana budaya berbeda dan bagaimana mereka menghipnotis baik proses organisasi dan manajerial muncul sebagai unsur penting dalam kesuksesan manajer global.
Contoh terakhir berasal dari gejolak ekonomi global beberapa tahun terakhir. Kita telah mendengar banyak perihal kemerosotan ekonomi baru-baru ini, urgensi keuangan, bangkrut, dana talangan perusahaan, resesi dan pengangguran. Dan kami telah melihat sejumlah orang dan forum disalahkan, termasuk bankir, investor, pemberi sumbangan hipotek, produsen perusahaan lepas pantai, dan politisi. Kita melihat para pemimpin dari seluruh benua kolektif menyalahkan pemimpin dari orang-orang dari lain benua. Jari menyalahkan dengan menunjuk dalam jumlah hampir tak terbatas arah. Dan akhirnya, kita telah melihat keserakahan individu dan kolektif tidak mirip sebelumnya dalam dunia bisnis, terlepas dari lokasi geografis, kita telah menyaksikan pengusaha dan manajer sama-sama berusaha keras untuk menemukan solusi cepat, keunggulan kompetitif jangka pendek yang akan membiarkan menjadikan kaya daripada pesaing dan rekan-rekan mereka. Kekayaan ini dirayakan bahkan disembah di tempat. Sementara itu, jutaan orang di seluruh dunia di kedua negara industri berkembang kehilangan rumah, pekerjaan, keamanan, kesehatan, dan bahkan pendidikan bagi bawah umur mereka.
Yang telah hilang dalam semua kekacauan ini yaitu premis dasar bisnis global dan lokal yang berhasil: saling tukar dan saling menguntungkan. peneliti dan sama halnya manajer melihat perundingan global yang sukses sebagai yang berbasis pada orang-orang dan perusahaan yang tiba gotong royong untuk mencapai tujuan bersama mereka. bahkan di negara-negara di mana kontrak pemerintahan aturan tertinggi, tugas korelasi personal tidak danggap remeh. komunikasi juga dibilang sukses biasanya jika terlihat sebagai yang terbaik difasilitasi bila semua pihak mempunyai pemahaman yang sama - dan penyebab umum. pemimpin dipandang lebih efektif ketika mereka berusaha melihat bahwa setiap orang yang terlibat menang. motivasi kerja dan kinerja terbaik difasilitasi ketika karyawan di semua level melihat alasan untuk membeli ekuitas, keadilan dan kepedulian dilihat oleh kebanyakan orang untuk menjadi cara yang paling efektif untuk membuat dunia yang lebih etis dan berkelanjutan.
Tentu saja, proses administrasi ini mendapat lebih kompleks dan menantang ketika manajer dan perusahaan mereka menyeberangi perbatasan, namun prinsip-prinsip dasar terus. Individu dan keegoisan perusahaan dari beberapa tahun terakhir telah memperlihatkan cukup terang bahwa keserakahan yaitu taktik jangka pendek dan non-berkelanjutan untuk pembangunan dan keamanan di masa depan, baik di dalam maupun di luar negeri. Dan melanggar kepercayaan dengan seseorang stakeholder  mereka adalah melalui pendekatan pelanggan, investor, atau karyawan - yaitu selalu suboptimal dalam jangka panjang. Sebaliknya, manajer global dan perusahaan mereka akan lebih baik disarankan untuk mencari taktik global jangka panjang dan kemitraan dan untuk memasukkan model stakeholder orisinil sebagai potongan dari rencana bisnis mereka. Inklusi bukan pengecualian. Kemitraan bukan kompetisi mematikan.

MELIHAT KE DEPAN
Budaya dan perbedaan budaya mewakili kunci utama untuk memahami pemikiran dan tindakan manajerial, meskipun hal ini tentunya bukan satu-satunya kunci. Selain itu, cara yang produktif untuk menemukan kegunaan tombol ini yaitu untuk mendekati inovasi intelektual dan pengembangan administrasi sebagai potongan dari taktik pembelajaran secara keseluruhan. Untuk memahami bagaimana individu belajar, terdapat teori experiential learning, salah satu model pengembangan paling berpengaruh. Manajerial mirip yang akan diingat, mengikuti teori ini, proses pembelajaran terdiri dari empat tahap: pengalaman konkret, observasi dan refleksi, konsep-konsep ajaib dan generalisasi, dan implikasi pengujian konsep.

Dengan memakai pendekatan ini, manajer masih tidak mempunyai kekuatan untuk melihat ke masa depan, tetapi mereka mempunyai kemampuan untuk lebih mempersiapkan diri untuk itu. Chung Ju Yung, pendiri konglomerat Korea Hyundai, sering menyampaikan bahwa perbedaan antara pemenang dan pecundang dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif yaitu kemampuan baik untuk mempersiapkan tantangan dan peluang yang akan tiba dan untuk mengenali peluang mirip itu ketika mereka dimasa sulit. Persiapan dan ratifikasi - keduanya diperlukan. Melihat peluang untuk masa depan tanpa persiapan yang memadai atau mempersiapkan untuk masa depan tanpa studi yang memadai peluang yang muncul keduanya resep untuk tiba di daerah kedua atau ketiga. Chung juga mengamati, "Dua faktor sejarah telah memperlambat kemajuan insan selama berabad-abad. Yang pertama yaitu kecenderungan untuk menjadi terlalu percaya diri perihal masa depan. Yang kedua yaitu kecenderungan untuk meremehkan pentingnya zaman di mana kita hidup " Pengamatan ini memperlihatkan bahwa sebagian besar masa depan mungkin di depan mata kita sekarang.; itu hanya harus diakui dan kemudian dikejar.

Dalam cara yang sama, banyak yang mencatat bahwa ouija kata berarti "krisis" dalam bahasa Cina dan biasanya dinyatakan dengan dua karakter: satu untuk ancaman dan satu untuk kesempatan. Konsep Interpretasi ini memperlihatkan krisis itu atau krisis sering berafiliasi dengan dua variabel lain: ancaman dan peluang. Dan dalam banyak kasus, ancaman dan peluang sanggup mengakibatkan perubahan produktif dalam organisasi untuk membuat mereka lebih gesit, lebih cepat untuk merespon, dan lebih kompetitif. Sekali lagi, bagaimanapun, ini hanya terjadi bila dan ketika manajer menyadari apa yang terjadi dan memahami lingkungan sekitarnya sejauh bahwa mereka berada dalam posisi untuk memanfaatkan bencana yang terungkap.

Ketika lingkungan bisnis dipandang dengan cara ini, mungkin bahwa Omar Khayyam dan Siddhartha Gautama benar-benar menawarkan nasihat yang sama kepada para manajer global di era kedua puluh satu. Ya, masa kemudian yaitu prolog, dan kita harus memahami bagaimana dan mengapa perihal bagaimana kita hingga ke titik ini. Tapi juga, ya, bila kita percaya kita menuju ke arah yang benar (kita bisa "melihat" masa depan, setidaknya kiasan), semua yang perlu kita lakukan yaitu untuk mengejar itu. Kaprikornus mungkin fokus perhatian utama kami kini harus pada ketika ini, sebagai Ketua Chung menyarankan, selama kita lihat kini ini dalam hal yang dinamis atau terus-menerus: masa lalu> hadir> masa depan. Sebagian besar peluang bisnis di sini sekarang, bukan di masa kemudian dan tidak di masa depan. Kaprikornus mungkin hal paling bijaksana manajer global yang sanggup Anda lakukan yaitu untuk memahami dinamika ini. Apa yang bisa kita pelajari dari masa kemudian yang sanggup membantu kita di masa depan? Dan apa yang bisa kita lakukan pada ketika ini yang sanggup membantu menjamin kesuksesan ini di masa depan?

Untuk mencapai hal ini, mirip yang telah kita bahas dalam buku ini, manajer global harus menyebarkan keahlian dalam bekerja lintas budaya, alasannya ini yaitu di mana sebagian besar peluang masa depan akan ditemukan. Mereka harus menyebarkan kemampuan untuk membedakan antara perbedaan budaya dan kesamaan lintas batas, serta perbedaan dalam negara tunggal. Mereka harus menyebarkan kemampuan untuk menarik hati keluar pertentangan halus dan kualitas yang berakar dalam aneka macam budaya, dan tidak mencari tanggapan yang gampang di mana tidak mungkin ada. Dan mereka harus menyebarkan kemampuan untuk menyesuaikan diri keterampilan administrasi tradisional, mirip kepemimpinan, motivasi, negosiasi, dan komunikasi, sesuai daerah lintas budaya atau multikultural. Disinilah letak inti dari administrasi global yang efektif.

Prospek berurusan dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda bisa sangat menantang, tetapi berpotensi juga bisa sangat bermanfaat. Tapi bagi banyak manajer, itu tidak terjadi dengan mudah. Ingat Percy Barnevik diktum dari Bab 1 bahwa "manajer global dibentuk, bukan dilahirkan. Ini bukan proses alami. "6 Ingat juga, pengamatan Thomas Stewart bahwa" seorang manajer global diatur terpisah oleh lebih dari sebuah koper lama
dan paspor kumal. "7 Sejauh pengamatan ini benar, tanggung jawab terang pada manajer untuk mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan. Melibatkan dengan manajer dan pengusaha dari budaya yang berbeda membuka peluang yang cukup besar untuk berguru lebih banyak perihal diri kita sendiri, menemukan cara-cara gres dalam melaksanakan sesuatu, dan menemukan solusi kreatif untuk kedua dilema lama dan baru. Hal ini terang potongan dari proses perkembangan untuk sebagian besar manajer. Dan dalam pengejaran ini, terus-menerus kognitif, analitis, dan pengalaman berguru memainkan signifikan - dan sering kurang dihargai - peran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tantangan Administrasi Lintas Budaya"

Posting Komentar