Manajemen Operasional - Kontrol Kualitas Statistik

Pengenalan Kontrol kualitas statistik
Jepang Hancur oleh kekalahan dalam perang dunia kedua hampir semua industri yang ada di jepang hancur, sehingga tidak ada makanan, pakaian, dan banyak orang-orang kelaparan.
Ketika masa kependudukan  pasukan AS dan untuk pertama kalinya mereka mendarat di Jepang mereka segera dihadapkan dengan hambatan utama: kegagalan dalam layanan telepon menjadi sesuatu hal yang biasa . untuk komunikasi problem telepon di Jepang menjadi alat komunikasi yang  tidak sanggup di andalkan .Hal ini dikarenakan bukan hanya  perang yang gres saja terjadi;melainkan juga lantaran kualitas peralatan yang tidak merata dan kemiskinan .berdasarkan fakta  ini, pasukan AS memerintahkan industri telekomunikasi Jepang untuk memulai melaksanakan penggunaan kontrol kualitas modern dan mengambil langkah-langkah untuk menedukasi industri yang ada di jepang  .dan langka  awal dari pengendalian kualitas statistik di Jepang di mulai pada Mei 1946
Pada masa kependudukan pasukan AS pasukan di jepang industri di jepang langsung diajarkan  metode dari Amerika tanpa disesuaikan terlebih dahulu dengan situasi dan kondisi yang sesuai untuk Jepang .Sehingga hal ini  membuat beberapa masalah, tetapi hasilnya cukup  menjanjikan dan metode Amerika dengan cepat menyebar ke luar industri telekomunikasi
JIS MARK
Selama  periode sistem standar nasional belum ada, dan didirikan asosiasi standar Jepang pada tahun 1945 .diikuti oleh komite standar industri Jepang  pada tahun 1946 kemudian aturan standardisasi industri mulai berlaku pada tahun 1949 . aturan standar pertanian Jepang) yang Ditetapkan pada tahun 1950, dan pada ketika yang sama sistem penandaan JIS dilembagakan menurut aturan standardisasi industri.JIS menandai sistem memungkinkan barang tertentu untuk menanggung tanda JIS jikalau dibuat oleh pabrik-pabrik yang memproduksi barang-barang yang ditunjuk di bawah standar JIS untuk pengendalian kualitas statistik dan jaminan kualitas.
Sistem ini berperan penting dalam memperkenalkan dan mempopulerkan pengendalian kualitas statistik dalam sistem industri Jepang an itu unik dalam partisipasi di dalamnya sangat sukarela dan bukan perintah dari pemerintah. perusahaan bisa meminta untuk menentukan produk mereka  diperiksa atau menentukan untuk tidak diperiksa.dan sekali melewati pemeriksaan, ia bisa memutuskan sendiri apakah mau atau tidak untuk menempatkan tanda JIS. Di negara-negara asing, penggunaan merek yang disetujui menjadi sesuatu hal yang wajib . untungnya di jepang , aturan itu tidak ada, kecuali di daerah-daerah di mana kehidupan dan keselamatan secara langsung terancam.
Quality Control Research Group
Persatuan ilmuwan dan insinyur  Jepang ialah organisasi swasta yang dibuat oleh para ilmuan dan insinyur di tahun 1946.Pada tahun 1949 JUSE mendirikan Quality Control Research Group (QCRG) dengan anggota yang diambil dari perguruan tinggi, industri, dan pemerintah dan tujuannya ialah untuk terlibat langsung dalam penelitian dan penyebaran pengetahuan wacana kontrol kualitas. anggota mencari sarana rasionalisasi industri Jepang, ekspor produk berkualitas luar negeri, dan meningkatkan standar hidup rakyat Jepang .untuk  mencapai hal ini, mereka ingin menerapkan kontrol kualitas pada industri Jepang
The Quality Control Research Group yang dilakukan pertama kali  pelatihan  Dasar QC di September 1949.pelatihan ini dilakukantiga hari setiap bulan selama satu tahun selama tiga puluh enam hari .dengan beberapaindustri sebagai penonton utama (ketika pembinaan dasar QC yang ditawarkan, jadwal pertemuan telah disesuaikan  untuk enam hari setiap bulan untuk jangka waktu enam bulan. Hari ini saja dasar masih berjalan selama enam bulan, tapi, tapi hanya memenuhi lima hari setiap bulan) ketika mengadakan pembinaan dasar, jepang  mengadaptasi standarAmerika dan standar Inggris sebagai literature pembelajaran .
Setelah melaksanakan pembinaan pertama, menjadi terang bagi kita bahwa fisika, kimia, dan matematika bersifat universal dan berlaku di semua tempat di dunia  .Namun , dalam hal kontrol kualitas, atau apa pun yang berafiliasi dengan kontrol , insan dan faktor-faktor sosial yang berpengaruh di tempat kerja .tidak peduli seberapa baik metode Amerika dan Inggris metode tersebut  tidak sanggup diaplikasikan ke Jepang karenaJepangmemilikisituasidankondisi yang berbeda.sehingga untuk sukses jepang harus  membuat metode sendri.Jadi pelatihandasarkedua staf QCRG anggota menulis teks mereka sendiri menghindari penggunaan karya yang diubahsuaikan

Sebuah periode pemfokusan yang hiperbola pada pengendalian kualitas statistik.
Pada tahun 1950 kontrol kualitas modern atau statistik kontrol kualitas menjadi modis di pabrik-pabrik Jepang dan penggunaan metode statistik, menyerupai diagram kontrol dan investigasi sampling tersebar luas .Namun, dalam prakteknya membuat beberapamasalah
      
1.      Pekerja berpengalaman yang selalu mengandalkan pengalaman dan nalar sehat mengeluh bahwa mereka tidak bisa memakai metode statistik .Mereka berpendapat, sering emosional, bahwa metode tersebut tidak berguna.
2.      Untuk mengelola pabrik, perusahaan perlu mempunyai standar yang ditetapkan untuk tingkat teknologi, kerja, dan inspeksi .mereka tidak tersedia bahkan jikalau seseorang mencoba untuk memutuskan standar, orang mengeluh bahwa "ada terlalu banyak faktor untuk mempertimbangkan kita tidak sanggup menempatkan ini turun di atas kertas sebagai standar teknis "atau" kita bisa mengelola pabrik tanpa mereka harus standarisasi pula "
3.      Data yang diharapkan untuk menerapkan kontrol kualitas .tetapi  ada hanya kelangkaan data
4.      Dalam pengumpulan data, metode sampling dan metode pembagian yang tidak diikuti dengan benar . bahkan ketika data yang tersedia, mereka jarang berguna.
5.      Untuk mengumpulkan data, alat ukur dan perekam otomatis kadang kala dipasang beberapa beberapa perangkat dan di beberapa kasus pekerja menduga bahwa perangkat yang ditempatkan di sana untuk monitor pekerjaan mereka akan menggangu dan merusak pekerjaan  mereka.
Ini, tentu saja, problem yang sama yang dialami pabrik-pabrik di Jepang telah mengalami bahkan sebelum perang dunia kedua, tapi kesalahan juga di sisi mereka yang ingin meningkatkan kontrol kualitas yang modern .pengalaman mengajarkan kita sebagai berikut:
Memang benar bahwa metode statistik  efektif, tapi kami lebih menekankan pentingnya hasil. sebagai jawaban orang-orang baik takut atau tidak menyukai kontrol kualitas sebagai sesuatu .we sangat sulit orang overeducated dengan memberi mereka metode canggih di mana .at tahap itu, metode sederhana akan cukup.
Standardisasi berkembang di bidang standar produk standar materi baku, standar teknis, dan standar kerja, tapi tetap proforma .we membuat spesifikasi dan standar, tapi jarang memanfaatkan mereka orang .Banyak merasa standardisasi yang berarti memakai peraturan untuk mengikat orang.
Pentingnya Jaminan Kualitas Produk Baru Dikembangkan
Jaminan kualitas harus benar-benar dipatuhi selama tahap di mana produk baru sedang dikembangkan. Kesadaran ini adalah titik balik bagi kita dan menyarankanpendekatan baru untuk membimbing tindakan kita diakhir 1950-an.
            Kontrol kualitas atau jaminan mutu dalam pengembangan awal dimulai dengan gagasan bahwa pemeriksaan harus ditekankan. Agar tidak mengirimkan produk cacat,pemeriksaan harus dilakukan dengan baik. (kebetulan, ini masih praktek dominandi Amerika Serikatdan Eropa Barat). Namun, tak lama setelah pengenalan kontrol kualitas ke jepang di tahun-tahun sesudah perang, kami meninggalkan pendekatan ini. Jika produk cacat yang dihasilkan pada banyak sekali tahap proses manufaktur, bahkan investigasi ketat tidak bisa menghilangkannya. Jika bukan mengandalkan pada pemeriksaan, kami tidak menghasilkan produk yang cacat dari awal-dengan kata lain, jika kita mengendalikanfaktor-faktor dalam proses tertentu yang menyebabkan produk cacat-kita bisa menghemat banyak uang yang dikeluarkan untuk pemeriksaan. Apakah WISC untuk membeli banyak obat FLU karena salah satu rentan terhadap masuk angin? Yang tepat adalah pencegahan untuk membuat tubuh kuat sehingga kurang rentan terhadap flu.
            Setelah memutuskan bahwa ini adalah pendekatan yang tepat, kami secara konsisten menganjurkan jaminan kualitas yang menekankan kontrol proses manufaktur sepanjang tahun pasca perang. Pada dasarnya ini masih menjadi pandangan yang kita pegang, tapi akhir-akhir ini kita telah mulai merasa bahwa itu masih belum memadai,karena kami menemukan bahwa standar kualitas yang terus dibangkitkan untuk mencocokkan harapan konsumen lebih tinggi.
            Tidak peduli seberapa tekun divisi manufaktur mencoba, problem dengan kehandalan produk, keamanan, dan ekonomi tidak sanggup diselesaikan jikalau desain rusak atau materi yang minim. Untuk mengatasi problem ini, semua proses yang terlibat dalam pengembangan, perencanaan, dan merancang produk gres harus ditempatkan di bawah kontrol. Sebuah acara pengendalian mutu yang lebih luas dalam aplikasi dibandingkan dengan masa kemudian sangatlah diperlukan. Hal ini akan diperlakukan secara penuh dalam pecahan 4.

Pentingnya Keterlibatan Dalam Jumlah Jaminan Kualitas
Jika jaminan kualitas yang akan dilaksanakan pada awal tahap perkembangan produk baru, itu berarti bahwa semua divisi dari suatu perusahaan dan seluruh karyawan harus berpartisipasi dalam kontrol kualitas .Ketika kontrol kualitas menekankan hanya pemeriksaan, hanya satu divisi, yang mereka harus lakukan ialah berdiri di pintu keluar dan menjaganya sedemikian rupa untuk mencegah produk cacat dari yang dikirim. Jika sebuah acara pengendalian mutu menekankan proses manufaktur, bagaimanapun, keterlibatan diperluas ke lini perakitan, kepada subkontraktor, dan divisi pembelian, teknik produksi, dan pemasaran . Dalam aplikasi yang lebih canggih kontrol kualitas, fase ketiga, semua di atas menjadi tidak cukup. Partisipasi harus menjadi perusahaan-lebar. Ini berarti bahwa mereka yang terlibat dalam perencanaan produk baru, desain, dan penelitian, mereka yang berada di divisi manufaktur, dan mereka yang berada di divisi akuntansi, personalia, dan korelasi kerja harus, tanpa kecuali, berpartisipasi.
Dalam fase ketiga ini divisi pemasaran harus memainkan kiprah penting lantaran merupakan "jendela" di mana pendapat konsumen sanggup didengar. Pendapat ini harus dimasukkan dari awal dalam tahap perencanaan produk jikalau produk tersebut untuk menjawab kebutuhan sebetulnya dari konsumen.

Lahirnya Lingkaran Quality Control
Dalam pembuatan produk-produk berkualitas tinggi dengan jaminan kualitas penuh, kiprah yang dimainkan oleh para pekerja dilarang diabaikan. Pekerja ialah orang-orang yang benar-benar menghasilkan, dan kecuali pekerja dan mandor mereka baik pada ketika itu mereka lakukan, kontrol kualitas juga tidak bisa maju. Dalam hal ini, pendidikan kontrol kualitas bagi pekerja sangat penting. Pada tahun 1950, bagaimanapun, itu dianggap simpel tidak mungkin.
Itu tidak sulit untuk mendidik insinyur dan anggota staf melalui banyak sekali seminar dan konferensi, tetapi ada terlalu banyak mandor dan pemimpin kelompok untuk menangani. Ini juga tersebar di seluruh negeri. Itu tidak gampang untuk memulai mendidik mereka.
Mereka memecahkan problem dengan memanfaatkan media massa, dan mulai kursus korespondensi pengendalian mutu untuk mandor pada tahun 1956 melalui japan perusahaan penyiaran gelombang pendek. Pada tahun 1957 perusahaan penyiaran Jepang (NHK) oke untuk menyiarkan acara kami sebagai pecahan dari acara pendidikannya. Program ini diterima dengan baik oleh publik, dan teks terjual 110.000 eksemplar, jauh melebihi harapan NHK. Sebagai sekuel keberhasilan ini, JUSE menerbitkan monografi berjudul teks pada kontrol kualitas untuk mandor pada tahun 1960, dan terus menjual dengan baik.
Sebagai pecahan dari perayaan ulang tahun yang kesepuluh, jurnal pengendalian kualitas statistik yang diterbitkan tiga info khusus Maret 1960, satu untuk mandor, satu untuk konsumen, dan satu untuk guru-guru SMA. Satu untuk mandor diterima dengan sangat baik.
Dalam penerbitan jurnal gres " kontrol kualitas untuk mandor atau FQC “  edisi pertama yang diterbitkan pada April 1962, diputuskan bahwa kegiatan pengendalian kualitas dilakukan di bawah nama Quality Control Circle. Ada dua alasan untuk ini
1)      kebanyakan mandor tidak dalam lingkungan belajar. Bahkan jikalau kita membuat jurnal untuk mereka, kami tidak punya jaminan bahwa mereka akan membacanya. Jika mereka bisa diharapkan untuk mencar ilmu sendiri, setidaknya mereka bisa didorong untuk saling membantu dan merangsang orang lain yang berpikir lain. Solusinya ialah untuk membentuk kelompok untuk membaca jurnal ini secara bergiliran dan untuk memastikan kontinuitas
2)      membaca saja tidak akan berbuat banyak baik untuk kontrol kualitas. Apa pun yang dipelajari harus diterapkan di tempat kerja masing-masing orang. Sederhananya, metode statistik orang-orang mencar ilmu dari jurnal harus diterapkan dalam situasi pekerjaan mereka yang sebenarnya. Mereka harus didorong untuk memecahkan problem yang timbul di tempat kerja baik pada mereka sendiri dan dengan proteksi orang lain. Untuk alasan ini, kegiatan kelompok yang jauh lebih diinginkan.
Pada ketika itu,kami menekankan hal-hal berikut:
1.      Voluntarism. Lingkaran harus dibuat atas dasar sukarela, dan bukan oleh perintah dari atas.  Mulailah kegiatan bundar dengan orang-orang yang ingin berpartisipasi.
2.      Self-Development. Anggota bundar harus bersedia untuk belajar.
3.      Mutual-Development. Anggota bundar harus bercita-cita untuk memperluas wawasan mereka dan bekerja sama dengan bundar lainnya.
4.      Eventual Total pasticipation. Lingkaran harus memutuskan sebagai tujuan final atas partisipasi penuh dari semua pekerja di tempat kerja yang sama.


II. PENGALAMAN JEPANG VS PENGALAMAN BARAT
Ada banyak perbedaan antara kegiatan QC di Jepang dan orang-orang di Amerika Serikat dan Eropa Barat . Hal ini disebabkan sebagian latar belakang sosial dan budaya yang unik antara masing-masing bangsa. Kegiatan pengendalian mutu tidak sanggup dilakukan dalam ruang hampa sosial dan budaya. Mereka mengembangkan dalam kerangka masyarakat dan budaya yang berbeda.Ada  empat belas poin yang  mungkin bisa membantu dalam memahami kegiatan pengendalian kualitas jepang.
1.      Profesionalisme
Di Amerika Serikat dan Eropa Barat , pemfokusan besar ditempatkan pada profesionalisme dan spesialisasi . Hal yang berkaitan dengan kontrol kualitas . Karena itu menjadi langsung melestarikan seorang hebat kontrol kualitas. Ketika pertanyaan diajukan mengenai kontrol kualitas , orang-orang dari divisi lain tidak akan menjawab. Mereka hanya akan merujuk pertanyaan-pertanyaan kepada mereka yang menangani kontrol kualitas.
Di negara-negara barat, ketika seorang seorang hebat pengendalian kualitas memasuki perusahaan, ia segera dimasukkan ke dalam divisi kontrol kualitas. Akhirnya, ia menjadi kepala sub-bagian, bagian, dan kemudian dari divisi kontrol kualitas. Sistem ini efektif dalam memelihara spesialis, tetapi dari sudut pandang organisasi bisnis secara keseluruhan, itu lebih mungkin untuk menghasilkan orang dari visi yang sangat terbatas.
2. Jepang ialah negara yang bermasyarakat vertikal
Telah dikatakan bahwa Jepang ialah negara yang bermasyarakat vertikal di mana korelasi antara mereka yang di atas dan mereka yang di bawah ini sangat kuat. Namun, sebanding dengan kekuatan yaitu kelemahan dalam korelasi horisontal. di Jepang bisnis organisasi, Divisi-divisi yang secara langsung terlibat dalam kegiatan bisnis, Desain, manufaktur, pemasaran, dan pembelian, biasanya kuat, tetapi staf Divisi menyerupai QC relatif lemah. Pekerja yang sudah terbiasa dengan mendengarkan golongan-golongannya dan pecahan kepala banyak tidak mendengarkan terhadap saran yang dibuat oleh anggota staf. Divisi pemaasaran bisa sukses memakai kegiatan QC nya sendiri jikalau divisi kepala bersedia untuk mempelajari dan menerapkan QC tersebut.

3. Serikat Buruh
Di amerika dan eropa, serikat buruh yang diselenggarakan di sepanjang garis fungsional. Misalnya, sebuah galangan kapal di inggris mempunyai empat puluh lima serikat-serikat pekerja, menyerupai serikat tukang las dan serikat tukang pipa. Jika serikat tukang las pergi dan mogok bekerja, sanggup menghentikan pengoperasian galangan kapal meskipun sisa empat puluh Serikat pekerja tidak mogok. dalam teladan ekstrim, pemogokan liar sanggup menutup galangan kapal. sistem ini, dalam pandangan saya, ialah warisan sistem serikat lama, dan itu kuno.
di Jepang, sebaliknya, kebanyakan serikat ialah Serikat pekerja perusahaan-lebar. dalam industri Jepang, pekerja sanggup mendapatkan pembinaan di beberapa spesialisasi dan multi-fungsional pekerja yang dipelihara. Ini tidak mungkin di Amerika dan Eropa, yang mana fungsional serikat terlalu kuat.

4. Metode Taylor dan Absensi
Metode taylor ialah salah satu spesialisasi manajemen. Yang memperlihatkan bahwa seorang hebat dan teknisi merumuskan standar teknis dan standar kerja. Semua pekerja harus melaksanakan pekerjaan yang simpel menyerupai apa yang mereka katakan untuk melakasanakan dan mengikuti standar yang ditentukan bagi mereka.
Metode ini mungkin ialah metode yang sesuai pada 50 tahun yang lalu, tetapi tentu saja tidak berlaku ketika ini di Jepang. 50 tahun yang kemudian ada beberapa teknisi dan sebagian besar pekerja yang lulusan sekolah dasar atau buta aksara yang tidak berpendidikan sekolah dasar. Dalam keadaan menyerupai ini, metode ini mungkin efektif. Untuk ketika ini dimana pekerja yang berpendidikan baik dan mempunyai kesadaran diri, merek dilarang memakai metode ini. Metode taylor tidak mengenali kemampuan pekerja yang tersembunyi. Ini mengabaikan sistem kemanusiaan dan memperlakukan pekerja menyerupai mesin. Tidak herank bahwa para pekerja membenci untuk diperlakukan menyerupai itu sehingga mereka memperlihatkan tidak minat dalam pekerjaan mereka.
Jika orang diperlakukan menyerupai mesin, bekerja menjadi tidak menarik dan tidak memuaskan. Di bawah kondisi menyerupai itu, hal ini tidak mungkin membuat produk yang diharapkan berkualitas baik dan mempunyai kehandalan produk. Tingginya tingkat ketidakhadiran dan tingkat omset ialah langkah-langkah yang bisa dipakai dalam menentukan kekuatan dan kelemahan model administrasi dan moral pekerja dalam setiap perusahaan.

5. Elitisme dan tingkat kesadaran
di eropa terutama di inggris dan perancis, ada semacam tingkat kesadaran yang ada di antara lulusan universitas tertentu yang mempunyai batas dengan perbedaan terhadap mereka yang kurang beruntung dari pada mereka.
Sikap ini juga mempunyai imbas yang tidak diinginkan pada harta kolonial bau tanah Eropa. Aku berada di indonesia bekas jajahan Belanda dan bertemu manajer perusahaan Jepang yang telah berhasil melaksanakan bisnis di sini. Mereka menyampaikan bahwa mereka tidak akan mempekerjakan lulusan Universitas Jakarta. Lulusan teknik dari Universitas tersebut tidak mempunyai pengalaman yang secepatnya dicari untuk menjadi manajer dan tidak menyukai tangan kotor mereka. Elitisme mereka membuat mereka menjadi pekerja miskin. perusahaan Jepang cenderung untuk mempekerjakan lulusan sekolah teknik dan memberi mereka pelatihan. Mereka biasanya menjadi teknisi dan enginer yang lebih baik.


6. Sistem pembayaran
Di Amerika Serikat dan Eropa Barat, sistem honor menurut jasa. sebuah sistem yang membayar lebih untuk mereka yang lebih efisien daripada lainnya tanpa banyak memandang usia. Akhir-akhir ini Jepang juga telah memperkenalkan elemen pembayaran jasa dalam sistem membayar, tetapi praktek yang secara umum dikuasai masih tetap senioritas dan peringkat. Saya percaya bahwa keadilan untuk jasa pembayarann bagan ialah anggapan bahwa orang sanggup dibuat bekerja untuk uang.
Seperti yang dicontohkan sebelumnya, jikalau kita meningkatkan honor mereka mereka sanggup tiba untuk bekerja hanya tiga atau empat kali seminggu. Fenomena ini dilihat tidak hanya di Amerika Serikat dan Eropa Barat yang mana dasar pembayaran tinggi tetapi juga di negara-negara berkembang. di india, jikalau membayar dinaikan sedikit, maka tingkat mangkir meningkat. Hampir setiap negara di dunia berkaitan dengan info perubahan sikap kerja. Inilah sebabnya mengapa Jepang mendapatkan begitu banyak perhatian.
Sistem senioritas dan peringkat memang mempunyai beberapa masalah, tentu saja. Dengan peningkatan harapan hidup, problem penuaan pekerja menjadi problem besar. Itu tidak sanggup diselesaikan hanya dengan memperpanjang usia pensiun, lantaran yang pada pergantiannya membuat lebih banyak masalah. Bisa jadi, saya berpikir salah hanya untuk memikirkan bahwa orang sanggup dibuat untuk bekerja dengan uang sendiri.
Kegembiraan, keinginan, dan kesenangan mempunyai banyak dimensi yang berbeda. Kita harus mempunyai pemahaman yang terang wacana dorongan dasar insan sebelum kita sanggup mulai untuk mengubah sikap seseorang dalam bekerja. Analisis dimensi tersebut adalah
a.       Keinginan moneter dan sukacita menyertai mereka mengisi berikut kebutuhan pokok:
·         kondisi minimum untuk kelangsungan hidup
·         laki-laki mencari kekayaan
·         kepuasan bahan
ada dasar dan bahkan kondisi yang diharapkan untuk hidup dalam masyarakat tetapi tidak memuaskan kondisi. Dalam arti, mereka mewakili dasar keinginan dari deskripsi terendah. Seseorang  tidak bisa menjadi puas dan senang dengan mereka. kondisi menggambarkan dunia penuh dengan ilustrasi ketidak cukupan mereka .Ada alternatif
b.      kepuasan melaksanakan pekerjaan baik.Ini termasuk berikut:
·         sukacita menuntaskan proyek atau mencapai tujuan
·         sukacita mendaki gunung lantaran itu ada di sana

c.       kebahagiaan yang tiba dari bekerja sama dengan orang lain dan diakui oleh orang lain. Manusia tidak sanggup hidup sendirian. Seorang individu hidup sebagai masyarakat, sebagai anggota kelompok keluarga, QC circle, perusahaan, kota, bangsa dan dunia. Maka, menjadi problem penting untuk individu tersebut sanggup diakui oleh masyarakat. Lebih konkret, itu berarti :
·         Untuk diakui oleh orang lain
·         untuk sanggup bekerja dengan orang lain dalam situasi kelompok (seperti bundar QC) dan berinteraksi dengan orang lain dengan persahabatan dan cinta
·         untuk menjadi anggota terhormat bangsa yang baik, industri dari tempat kerja yang baik, dll
d.       kesenangan yang bertumbuh pribadi, yang mencakup :
·         mengalami kepuasan yang berasal dari bisa memanfaatkan
·         memiliki kepercayaan diri, dan menjadi seorang diri terpenuhi
·         menggunakan otak sendiri, bekerja secara sukarela, dan dengan cara ini memperlihatkan bantuan kepada masyarakat
Di atas, saya percaya bahwa B, C, dan D. benar-benar mewakili keinginan insan dan persyaratan untuk kebahagiaan. Tugas kita untuk memakai ini dan memperlakukan orang menyerupai orang-orang. Jika kami dibebani dengan gagasan bahwa kebutuhan moneter ialah hal yang paling penting, kita sanggup membawa kerugian untuk individu, masyarakat, bangsa, dan seluruh dunia.
Tingkat pergantian, PHK, dan sistem kerja seumur hidup
Di Amerika Serikat dan Eropa Barat tingkat pergantian pekerjaan sangat tinggi. Beberapa tahun yang kemudian di australia ditemukan bahwa pada satu pabrik baja tingkat trunover di pecahan tungku ialah 100 persen. Ketika berbicara wacana tingkat turnover 100 persen, itu tidak berarti bahwa semua seratus pekerja di pecahan tertentu diganti dalam waktu satu tahun. Ada beberapa yang akan berhenti dalam satu atau dua bulan. apa ungkapan "100 persen tingkat pergantian" berarti bahwa dalam satu tahun, seratus orang akan dipekerjakan dan akan meninggalkan kiprah mereka. Jika tingkat pergantian sangat jelek di beberapa pecahan menyerupai tungku di mana pengalaman diperlukan, dalam situasi kerja menyerupai pada tidak bisa diharapkan efisiensi atau kualitas.
          Pola kerja di Jepang ialah menyerupai keluarga, dan dalam banyak kasus, pekerjaan seumur hidup dipraktekkan. Jika pabrik yang dikelola dengan baik, pekerja jarang berpindah dari satu pabrik ke yang lain. (penjualan, perjuangan kecil dan menengah, tingkat pergantian agak tinggi, membuat masalah.) Sebagai gantinya, perusahaan Jepang menekankan pendidikan dan pelatihan, khususnya pendidikan QC. Jika karyawan terdidik dan terlatih dengan baik, fakta itu saja sanggup bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan sangat. Di negara-negara Amerika dan Eropa Barat, saya mengerti bahwa sangat sulit untuk menerapkan jenis yang sama pendidikan dan pembinaan yang diberikan oleh perusahaan Jepang.
          Pada awal tahun 1960 beberapa manajer Barat dengan pandangan modern mulai mempelajari sistem kerja seumur hidup, dengan tujuan untuk memperkenalkan fitur tertentu dari sistem itu ke dalam perusahaan mereka sendiri untuk menstabilkan kerja. Dan perusahaan barat juga mempunyai banyak karyawan yang telah bekerja selama lebih dari tiga puluh tahun. Dan sebagian besar lainya selama lebih dari dua puluh tahun, dan yang lainnya selama lebih dari sepuluh tahun. Disini karyawan merasa nyaman dengan perusahaan dan tetap setia pada perusahaan untuk waktu yang usang lantaran administrasi yang baik itu.
          Pekerjaan seumur hidup, tentu saja, sistem yang baik menyerupai los lantaran tidak akan menghasilkan orang-orang yang mengatakan, "Saya tidak punya pilihan lain,. itu sebabnya saya memasang dengan perusahaan ini" sesekali itu akan baik untuk mempunyai orang-orang mengubah pekerjaan berkata, "saya tidak bisa tetap berada di perusahaan ini dengan jenis presiden dan administrasi yang kita miliki. Saya khawatir wacana masa depan perusahaan. Itu tidak memungkinkan kita untuk melaksanakan yang terbaik.
"Saya ingin melihat orang-orang dengan keberanian, keyakinan, dan pikiran independen. Kita tidak harus membuat sistem kerja seumur hidup menjadi sistem yang memelihara terlalu banyak Pemoles apel.
Jika ditangani dengan benar, sistem kerja seumur hidup yang benar sanggup menjadi sistem yang diinginkan dari sudut pandang kemanusiaan, demokrasi, dan manajemen.

Perbedaan sistem penulisan - Kanji
Script Cina yang dipakai dalam penulisan Jepang, disebut kanji, ialah sistem penulisan yang paling sulit di dunia. Kanji ialah heterogyphic dan ideographic. Sangat sulit untuk menghafal semua karakter. Hanya dengan melihat, para peneliti ajaib menyadari betapa sulitnya kanji Jepang. Negara yang memakai kanji dipaksa untuk berusaha lebih keras, menyerupai Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Cina. Dalam bahasa Jepang dan Korea, simbol-simbol fonetik dipakai bersama dengan kanji, membuat keunikan dan, dalam pandangan saya, sistem goresan pena bahasa terbaik. Dalam masalah Cina, kanji dipakai secara eksklusif, yang kadang kala agak merepotkan.
Ketika kegiatan bundar QC pertama dimulai di Jepang, saya pikir mereka akan terbatas ke Jepang. Jika mereka harus menyebar ke negara-negara asing, satu-satunya tempat di mana mereka akan berhasil akan berada di negara-negara kanji lainnya. Saya merasa menyerupai itu lantaran saya tertarik pada korelasi antara pendidikan dan ketekunan para pekerja, yang mempunyai korelasi langsung dengan keberhasilan kegiatan bundar QC. Akhir-akhir ini, bagaimanapun, saya telah hingga pada kesimpulan bahwa negara-negara selain negara kanji juga bisa berhasil dalam perjuangan ini.

Negara homogen, Negara multiras, dan Pekerja asing
Jepang ialah bangsa satu ras dan satu bahasa. Tidak ada bangsa lain di dunia yang hanya mempunyai satu ras dalam populasi melebihi 100 juta, misalnya, amerika serikat terdiri dari banyak kelompok etnis dan termasuk orang yang tidak bisa berbahasa Inggris. Di eropa sebagian besar negara ras tunggal, tetapi di pabrik-pabrik mereka di sana banyak pekerja asing. Sekali ketika saya mengunjungi pabrik mesin listrik Jerman saya melihat delapan bahasa pada papan pengumuman. Pabrik mempekerjakan pekerja dari setidaknya tujuh negara asing. Dalam memutuskan standar kerja, pabrik harus bergantung pada sistem komunikasi yang tidak tergantung pada kata yang diucapkan dan itu situasi sulit.
Menjadi negara satu ras dengan populasi lebih dari 100 juta orang, berarti bahwa Jepang sanggup mempunyai pasar domestik yang menarik. mempunyai sejumlah keunggulan dalam produksi industri yang negara lain tidak memproses. Taiwan juga bangsa ras tunggal, tetapi penduduknya hanya 17 juta dan pasar domestik terlalu kecil.
Pendidikan
Orang-orang Jepang sangat tertarik dalam pendidikan. dan penggunaan kanji mungkin sebagian bertanggung jawab untuk kepentingan ini. Pada final periode Tokugawa (1603-1867) tiga R diajarkan secara luas di sekolah kuil yang tersebar di seluruh negeri. Cinta pendidikan, sehingga terwujud, yang menjadi dasar dari jepang sistem pendidikan modern, yang diperkenalkan setelah pemulihan meiji (1868). Di periode setelah perang dunia kedua orang bau tanah Jepang sangat mendukung upaya akademis belum dewasa mereka. Ujian masuk perguruan tinggi untuk sering disebut "perang pemeriksaan," menandakan keseriusan tujuan di belakang mereka.
Akhir-akhir ini, negara-negara berkembang telah bergabung dengan jajaran negara-negara yang tertarik dalam pendidikan. Banyak negara kini mandat enam hingga sembilan tahun pendidikan wajib. Dari mu pengamatan pribadi sendiri, saya percaya bahwa itu berbahaya untuk menyamakan pendidikan wajib dan tingkat tinggi anak usia sekolah sebetulnya bersekolah. Di beberapa negara, bahkan dengan wajib mencar ilmu tingkat kehadiran masih jatuh antara 30 hingga 70 persen, lantaran tingginya insiden anak tidak menuntaskan sekolah. Kecuali orang bau tanah dan masyarakat keduanya mempunyai pemahaman yang baik wacana pentingnya pendidikan, kehadiran di sekolah tidak mungkin meningkat.
Dalam masalah Jepang, selain dari wajib mencar ilmu melalui kelas sembilan, jumlah anak yang masuk tingkat yang lebih tinggi dari sekolah, dari sekolah menengah ke sekolah tinggi kolase dua atau empat tahun, sangat tinggi. Akibatnya, orang-orang yang memasuki pasar kerja yang melek aksara dan memperlihatkan talenta tinggi untuk matematika. Di Jepang ini diambil untuk diberikan, tapi situasi ini agak jarang di dunia. Ini telah membuatnya menjadi jauh lebih gampang di Jepang kepada orang-orang yang berpendidikan dalam metode QC dan statistik.
Pendidikan QC dalam industri mulai menyebar di negara barat, tetapi pendidikan tersebut akan mengalami kesulitan jikalau tingkat umum pendidikan meningkatkan di negara-negara

3. Karakteristik dari Japanese Quality Control

Saat membicarakan kualitas control banyak variasi cara yang dimiliki dari banyak sekali daerah. Salah satunya Jepang. Setelah melaksanakan banyak control kulaitas terhadap kemampuan, jadinya ada yang ememnuhi hingga akar, benar benar dimplementasikan dan sukses di Jepang. Pada tahun 1967 disebutkan 6 karakteristik yaitu
1.      Control kualtas perusahaan bebas
2.      Dalam kualitas control terdapat edukais dan pelatihan
3.      Rangkaian kegiatan control kualitas
4.      Audit control kualitas
5.      Utilisasi metode statistic
6.      Promosi besar besaran terhadap nasional wacana control kualitas

Tetapi kali ini hanya akan membahas 2 saja, yaitu :

1.      Edukasi dan Pelatihan di Kontrol Kualitas
Dalam kualitas control terdapat edukasi dan pelatihan. Sehingga control kualitas bermula pada edukasi dan berakhir juga pada edukasi. Untuk mempromosikannya, semua administrator atau manajer harus mengarahkannya melalui garis korelasi kerja. Menurut orang jepang, semakin kau mendidik anak buah atau pegawaimu, maka mereka akan semakin menguntungkan. Bagaimana cara Jepang mengedukasikan karyawannya?
i)        Edukasi control kualitas pada setiap level
Apapun jenjang pendidikan yang ada di jepang diajarkan wacana control kualitas. Hal ini diadakan oleh para ilmuwan dan insinyur Jepang. Di barat control kualitas banyak diadakan untuk insinyur, namun jarang diadakan untuk karyawan garis lini
ii)      Pendidikan jangka panjang
Pendidikan wacana control kualiitas diadakan hanya lima smapi sepuluh hari. Sedangkan di Jepang diadkan selama enam bulan dengan intensitas 5 kali setiap bulannya, dan data yang dipakai ialah data yang berada dari kantor mereka.
iii)    Pendidikan dan Pelatihan bersama dengan perusahaan
Alangkah lebih baiknya apabila pendidikan dan pembinaan dari pihak perusahaan yang bersangkutan, sehingga mengikat kekerabatan dengan karyawan
iv)    Control kualitas harus diadakn secara permanen
Di Jepang, kntrol kualitas dilaksanakn terus menerus tanpa ada interupsi. Karena akan banyak pekerja gres yang akan masuk ke sebuah perusahaan, maka diharapkan pembinaan dan pendidikan control kualitas.
v)      Pendidikan Formal merupakan kurang dari 1-3 mencakup semua jumlah perjuangan untuk pembelajaran
Karyawan tidak cukup hanya mendapatkan pendidikan formal. Untuk komplemen mereka harus belajaruntuk mendelegasikan otoritas melalui sub sub line aturannya.

Beberapa perusahaan milik pribadi atau tertutup mempromosikan control aktivitas. Mereka dan beberapa organisasi yang serupa telah berkontribusi dalam pembangunan control kualita setlah perang. Pada bulan November yang dijadikan sebagai bualn Kualotas sering diadakan seminar/konferensi tahunan secara berkala. Hal ini dikoordinasi oleh Panitia Bulan Kualitas.

Bulan kualitas juga diadopsi oleh Negara China namun Jepang mempunyai wilayah cakupan yang lebih luas dalam mengembangkan hal ini.

Sebagus apapun standar yang ditetapkan oleh suatu negar namun mereka tidak diajarkan bagaimana cara mempetemukan kulaitas dan standar yang dibutuhkan masyarakat serta bagaiman mengontrolnya, maka hal itu sia sia.

Korea dan Cina melaksanakan pendekatan yang berbeda. Mereka lebih sering mengadakan control kualitas dari pihak pemerintah dan perusahaan-perusahaan disponsori. Di Amerika di mereka mempunyai seorang hebat untuk mepromosikan control kualitas.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Operasional - Kontrol Kualitas Statistik"

Posting Komentar