Studi Kasus - Administrasi Sumberdaya Manusia

Soal Kasus : Semua Manajer Adalah Manajer Sumberdaya Manusia

      Pendekatan administrasi sumberdaya insan strategic memandang semua manajer sebagai manajer sumberdaya manusia. Persoalan-persoalan MSDM tidak hanya sebagai urusan Departemen SDM saja. Tetapi semua manajer di departemen harus mengambil tanggungjawab semoga pemanfaatan karyawan sanggup mencapai sasarannya secara efektif dan efisien. Manajer SDM yang berada pada posisi staf,harus memandang kiprahnya sebagai pendukung pokok operasional para manajer. Mereka berperan menasehati, menolong dan menunjukkan pengarahan untuk menghubungkan dengan persoalan-persoalan sumberdaya manusia. Profesional SDM seharusnya memandang orang-orang yang mereka naehati sebagai pelanggan (customer) dan mereka sendiri sebagai representative jasa ( pelayanan).
      Dengan berpengaruhnya lingkungan terhadap perusahaan dan bertambahnya persoalan-persoalan insan yang kompleks, para manajer sanggup mempengaruhi bawahan, profit dan kelangsungan hidup perusahaan. Oleh sebab itu departemen SDM beoperasi eksklusif bekerjasama dengan departemen lain yang mempunyai masalah insan dan bisnis serta kerjasama dengan departemen lain untuk menanggapi masalah yang bekerjasama dengan sumberdaya manusia. Meskipun relasi ini sanggup mengarah terjadinya konflik antar staf, maka konflik tersebut sanggup diselesaikan bahkan dihindari dengan mendudukkan permasalahan sesuai dengan proporsinya.
      Manajer SDM berharap sanggup bekerjasama dengan manajer lini untuk sanggup mengetahui masalah-masalah SDM. Manajer lini sanggup menunjukkan sesuatu yang bermanfaat bagi manajer SDM untuk mengetahui lintas kerja dari bisnis. Manajer SDM tidak familiar dengan produk perusahaan , pasar dan pembiayaan. Hal ini sangat sulit bagi manajer SDM yang tidak terbiasa bekerja erat dengan manajer lini dalam situasi yang normal. Oleh sebab itu pengetahuan para andal SDM perihal strategic perusahaan sangat penting, disamping pengetahuan lain ibarat perihal hokum,pajak, keuangan, statistic,computer, teknologi dan pengetahuan perihal ketenagakerjaan.

Pertanyaan:
  1. Jelaskan, mengapa semua manajer ialah manajer SDM
  2. Apa tugas SDM dari departemen SDM terhadap departemen lainnya
  3. Apakah terjadi konflik antara departemen SDM dengan departemen lainnya
  4. Mengapa manajer SDM perlu mengetahui perihal pajak,keuangan,teknologi,statistic,computer dan taktik perusahaan?
  5. Apakah seorang andal SDM hanya sanggup bekerja pada departemen SDM saja?
  6. Mengapa vice president Human Resource pada perusahaan besar sering diisi oleh orang yang pernah menjadi manajer operasi, ttp tidak pernah bekerja pada bidang SDM ?
Mengapa pada ketika ini banyak andal SDM diangkat menjadi president Director suatu perusahaan?Jelaskan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Studi Kasus - Administrasi Sumberdaya Manusia"

Posting Komentar