Sejarah Ajaran Administrasi - Administrasi Ilmiah / Scientific Management

MANAJEMEN ILMIAH

Manajemen ilmiah atau disebut juga manajemen modern merupakan suatu kepemimpinan atau pengelolaan acara untuk mencapai suatu tujuan dengan memakai cara kerja yang berdasarkan prinsip - prinsip atau pedoman - pedoman keilmuan.

Adapun ciri - ciri manajemen ilmiah atau modern ialah sebagai berikut :
  • Menggunakan cara kerja keilmuan dan prinsip - prinsip keilmuan sebagai hasil percobaan dan penyelidikan yang ilmiah pula.
  • Terdapat nasionalisasi yaitu bekerja berdasarkan perhitungan - perhitungan atau pemikiran yang cermat dan teliti.
  • Terdapat standarisasi yaitu bekerja berdasarkan ukuran - ukuran ( standar - standar ) tertentu, baik dalam cara kerja, waktu yang digunakan, maupun hasil produksi yang diharapkan.
  • Terjadi peningkatan produktivitas sebagai hasil kerja yang efektif dan efisien.
  • Cara kerja dan hasil kerjanya sanggup mengikuti dan memenuhi tuntutan kebutuhan jaman yang makin meningkat.
Tahap - tahap perkembangan manajemen ilmiah :
  1. Tahap Survival (1886 - 1930), tahun 1886 ialah tahun lahirnya ilmu manajemen yang ditandai dengan gerakan manajemen ilmiah yang dipelopori oleh Frederick Winslow Taylor. Dalam tahap survival ini, para andal memperjuangkan untuk diakuinya manajemen sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan.
  2. Tahap Konsolidasi atau Penyempurnaan (1930 - 1945), dalam tahap ini para penggagas manajemen ilmiah merumuskan metode - metode dan prinsip - prinsip dari ilmu manajemen yang sanggup dipraktekan dalam acara - acara perusahaan.
  3. Tahap Human Relation (1945 - 1959), dalam tahap ini, selain memakai prinsip - prinsip berdasarkan keilmuan, juga lebih mengutamakan perhatian kepada insan (para pekerja) yang berperan serta dalam acara - acara mencapai tujuan usaha. Hubungan antara pemimpin dan pegawai diupayakan dilaksanakan dalam suasana korelasi insan yang lebih baik.
  4. Tahap Behaviouralisme (1959 - sekarang), dalam tahap ini perhatian utama para andal manajemen terutama dipusatkan terhadap pentingnya peranan insan kerja dalam perjuangan mencapai tujuan perusahaan. 


v  Pemikiran Frederick W. Taylor
Manajemen ilmiah, atau dalam bahasa Inggris disebut scientific management, pertama kali dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor dalam bukunya yang berjudul Principles of Scientific Management pada tahun 1911. Dalam bukunya itu, Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah ialah “penerapan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menuntaskan suatu pekerjaan.” Dalam revolusi mental, Taylor menyampaikan wacana ‘Perang’ diganti dengan ‘kedamaian’ dan ’saling percaya’ untuk menggantikan ‘ketidakpercayaan’.
Ide wacana penggunaan metode ilmiah muncul saat Taylor merasa kurang puas dengan ketidakefesienan pekerja di perusahaannya. Ketidakefesienan itu muncul alasannya mereka memakai aneka macam macam teknik yang berbeda untuk pekerjaan yang sama, nyaris tak ada standar kerja di sana. Selain itu, para pekerja cenderung menganggap simpel pekerjaannya. Sehingga Taylor berusaha keras menerapkan metode ilmiah untuk menemukan sebuah “teknik paling baik” dalam menuntaskan tiap-tiap pekerjaan.
Pedoman ini mengubah drastis pola pikir manajemen saat itu. Jika sebelumnya pekerja menentukan sendiri pekerjaan mereka dan melatih diri semampu mereka, Taylor mengusulkan manajemenlah yang harus memilihkan pekerjaan dan melatihnya. Manajemen juga disarankan untuk mengambil alih pekerjaan yang tidak sesuai dengan pekerja, terutama potongan perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan. Hal ini berbeda dengan pemikiran sebelumnya di mana pekerjalah yang melaksanakan kiprah tersebut. Sementara Tujuan dan Objek Prinsip Manajemen berdasarkan Taylor, yaitu:
Tujuan                :   - Merancang sistem untuk meningkatkan performa organisasi.
-  Menemukan solusi untuk masalah ketenagakerjaan.
Objek Prinsip     :  Menjamin kemakmuran maksimum bagi pekerja dan pengusaha.
Prinsip-Prinsip Taylor:
1.      Pengembangan metode-metode ilmiah dalam manajemen, sebagai contoh, metode yang paling baik untuk pelaksanaan setiap pekerjaan sanggup ditentukan.
2.      Secara ilmiah, menyeleksi dan kemudian memberikan latihan dan pendidikan kepada para pekerja.
3.      Kerja sama secara sungguh-sungguh antara manajemen dan para pekerja untuk menjamin bahwa semua pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip ilmu yang telah dikembangkan.
4.      Pembagian pekerjaan dan tanggung jawab secara hampir merata antara manajemen dan para pekerja. Manajemen mengambil alih semua pekerjaan yang lebih sesuai baginya daripada bagi para pekerja.
Kontribusi utama Taylor ialah penerapan teknik rasionalisasi untuk acara produksi yang ditujukan untuk pemisahan sanksi dari konsepsi dan proteksi legitimasi untuk kenaikan lapisan manajer untuk menempati tempat di perusahaan industri yang sebelumnya diperuntukkan bagi para pemilik.

Konstributor utama kedua dalam pedoman manajemen ilmiah ialah pasangan suami istri Frank Bunker Gilbreth dan Lillian Gilbreth. Frank ialah seorang penggagas pengembangan studi gerak dan waktu, membuat aneka macam teknik manajemen yang diilhami Taylor. Dia sangat tertarik terhadap persoalan efisiensi, terutama untuk menemukan "cara terbaik pengerjaan suatu tugas". Sedangkan Lillian Gilbreth lebih tertarik pada aspek-aspek insan dalan kerja menyerupai seleksi, penempatan dan latihan personalia. Baginya, manajemen ilmiah mempunyai satu tujuan akhir, yaitu membantu para karyawan mencapai seluruh potensinya.
Seperty Taylor, Henry L. Gantt  mempunyai konstribusin yang terbesar yaitu penggunaan metoda grafik, yang dikenal sebagai "bagan Gantt" (Gantt Chart), untuk perencanaan, koordinasi, dan pengawasan produksi. Teknik-teknik scheduling modern dikembangkan atas dasar metoda scheduling produksi dari Gantt.
v  Arti Penting Paham Taylorisme
Tujuan Manajemen Ilmiah ialah untuk memusatkan pengetahuan wacana proses produktif di tangan strata teknokrat, loyal ke kelas kapitalis. Teori manajemen ilmiah memikirkan bagaimana membuat insan bekerja sesuai dengan sasaran yang diharapkan perusahaan namun tetap memakai teknik yang terbaik sehingga tidak ada tenaga yang terbuang percuma.
 Metode ini cocok untuk menjawab masalah-masalah sosial individu menyerupai motivasi, organisasi dan kepegawaian. Teori manajemen ilmiah merupakan awal lahirnya teori manajemen modern. Teori manajemen ini dibentuk untuk menentukan cara terbaik dalam menuntaskan suatu pekerjaan sehingga sanggup membuat pekerja lebih produktif sehingga mengurangi hal-hal yang tidak perlu dilakukan selama bekerja. Teori ini membuat standar untuk para pekerja sehingga para pekerja sanggup menghasilkan hal yang sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Teori ini telah diteliti selama 20 tahun sehingga hasil penelitian cocok dipakai sebagai acuan bagi perusahaan untuk masa sekarang.








BAB 6.
IDEOLOGI HUBUNGAN MANUSIA

Pikiran Elton Mayo
Pada dekade pertama kala kedua puluh, banyak organisasi mempunyai Personil Departemen, yang awalnya hanya melaksanakan tugas-tugas manajemen menyerupai merekrut, kontrol absensi, transfer, pemecatan, promosi, dan sejenisnya. Pertama dasar elemen I pendekatan ini, dikenal sebagai sekolah korelasi manusia, ialah fokus pada para pekerja, yang dianggap sebagai individu dalam kelompok yang proses sosial harus dipelajari secara ilmiah. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kepuasan anggota kelompok. Unsur kedua, sering diabaikan dalam manajemen dan buku sikap organisasi, ialah rekomendasi bagi terciptanya elit manajerial yang memadai sanggup memahami dan menangani persoalan yang berkaitan dengan korelasi insan dalam organisasi.
Elton Mayo menjadi tokoh utama dari pendekatan gres untuk manajemen. Mayo megembangkan suatu diagnosis khusus wacana penyebab malaise sosial dan juga memperlihatkan pendapatnya wacana arah bahwa lembaga-lembaga harus mengadopsi untuk menghindari runtuhnya masa depan mereka sendiri. Menurut Mayo, di masyarakat primitif arahan kelompok sosial menentukan posisi individu dan arah hidup mereka. Mayo percaya bahwa tingkat tinggi kemajuan teknologi masyarakat pada masanya kontras dengan konsekuensi negatif dari suatu tatanan sosial yang menghasilkan anomie umum di sektor-sektor besar populasi.
 Di bidang keterampilan sosial, Mayo menganggap bahwa mempunyai gudang luas tes seleksi personil, yang tentu saja ia dianggap berkhasiat dalam margin yang terbatas, itu bukan alasan yang meyakinkan. Dalam arti tertentu, elemen umum antara konservatisme Mayo dan pemikiran Marxis ada: gagasan harmoni sosial dalam masyarakat primitif dan sebuah pencarian untuk pemulihan bagi masyarakat masa depan, tapi kesamaan berakhir di sana. Ideologi Mayo sanggup dipahami sebagai pertahanan dari sistem kapitalis yang menolak individualisme liberal dan diinstal gagasan kelompok sosial sebagai unit sosial dasar yang menyampaikan logika untuk kehidupan individu, baik di dalam maupun di luar kiprah mereka pekerja.

Percobaan Hawthorne
Dalam buku-bukunya, Mayo membuat banyak acuan untuk percobaan ini sebagai bukti kebenaran pandangannya pada pekerjaan dan tatanan sosial. Kesimpulannya mendapatkan penerimaan yang luar biasa dan digambarkan sebagai pekerjaan teladan di sebagian besar teks-teks pengantar untuk disiplin manajemen. Alex Carey benar saat menyatakan bahwa ada beberapa disiplin ilmu di mana hanya satu atau serangkaian studi sarjana tunggal telah mempunyai sebanyak relevansi dengan Elton Mayo dalam manajemen. Carey membuatkan analisis kritis di mana ia menyimpulkan bahwa temuan dari studi Hawthorne, 'jauh dari mendukung aneka macam komponen "pendekatan korelasi manusia," yang mengejutkan konsisten dengan agak tua-pandangan dunia wacana nilai insentif moneter, mengemudi kepemimpinan, dan disiplin '. Di sisi lain, ia beropini bahwa, mengingat kekurangan metodologis (misalnya, kurangnya upaya untuk membangun sampel yang representatif dari populasi yang lebih besar daripada kelompok yang diteliti, fakta bahwa kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan kelompok disusun oleh hanya lima orang, dll), percobaan tidak bisa secara serius dianggap sebagai bukti untuk setiap jenis generalisasi yang valid. Carey mengakui bahwa analisisnya tidak menguras 'kesalahan kotor dan ketidakmampuan dalam memahami dan memakai metode ilmiah yang menyerap studi Hawthorne dari awal hingga akhir', tapi memperlihatkan bahwa data yang dibutuhkan untuk melaksanakan interpretasi statistik tidak tersedia.

Pengaruh korelasi sekolah manusia: praktik manajemen dan perkembangan kemudian.
Meskipun percobaan Hawthorne ialah validitas ilmiah dipertanyakan, efek mereka pada disiplin manajemen telah luar biasa. Mengenai penerimaan saran korelasi insan sekolah dalam praktek manajemen yang nyata, harus memperlihatkan bahwa perusahaan-perusahaan menyerupai General Electric merancang jadwal training didasarkan pada beberapa tempat dari mayoism.
Namun demikian, karya Mayo merupakan faktor kunci yang menghipnotis perkembangan kemudian menggali lebih dalam aspek 'faktor manusia' dalam organisasi. Mayo dikreditkan sebagai inisiator bidang sikap organisasi, tetapi ada juga perintis lainnya di kawasan ini yang harus disebutkan: Jacob Levy Moreno dan Kurt Lewin. Mantan membuat disiplin sosiometri, yang mempelajari korelasi tarik-menarik dan tolakan antara individu dan menjadi berkhasiat dalam seleksi personil. Karya-karya yang terakhir memberi jalan untuk dua arus utama.

Arti penting dari ideologi korelasi manusia.
Perhatian ideologi korelasi insan untuk mengurangi ketegangan sosial segera menjadikan banyak penulis untuk menuduh para pendukungnya mencoba untuk menghidupkan kembali sistem kapitalis. Ini ialah apresiasi yang benar alasannya baik Mayo maupun pemikir lain dalam perspektif ini berbicara wacana konflik sosial sebagai manifestasi dari korelasi dominasi muncul dari tatanan ekonomi. Sebaliknya, mereka mencoba untuk memecahkan masalah-masalah sosial dalam kerangka o tatanan yang ada melalui pembentukan kembali kerjasama manusia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Ajaran Administrasi - Administrasi Ilmiah / Scientific Management"

Posting Komentar