Kapan Audit Pemasaran Dilakukan Dan Siapa Yang Harus Melaksanakan Audit Pemasaran
Kapan Audit Pemasaran Dilakukan dan Siapa yang harus Melakukan Audit Pemasaran
A. Kapan Audit Pemasaran Dilakukan?
Sebuah kekeliruan yang dipercaya oleh sebagian orang ialah bahwa audit pemasaran yaitu upaya terakhir untuk mendefinisikan suatu permasalahan pemasaran pada perusahaan, atau paling baik merupakan sesuatu yang dilaksanakan oleh sebuah tubuh yang independent dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan berada pada jalur yang benar. Karena pemasaran merupkan suatu fungsi yang begitu rumit, maka sangat diharapkan untuk mewujudkan suatu analisis yang menyeluruh, atau paling tidak setahun sekali diawal siklus perencanaan.
Perusahaan yang berhasil, disamping menggunakan informasi, mekanisme kontrol, serta penelitian pemasaran yang normal disepanjang tahun, juga memulai siklus perencanaan setiap tahun dengan suatu tinjauan ulang yang formal, melalui suatu proses semacam audit, dari semua faktor yang memiliki imbas yang penting pada acara pemasaran.
B. Siapa Yang Harus Melakukan Audit Pemasaran?
Sebuah informasi yang penting dalam melakukan audit pemasaran ialah siapa yang harus melaksanakannya. Apakah audit harus dilaksanakan oleh direktur dan manajer perusahaan atau oleh konsultan dari luar? Kami sangat percaya bahwa secara periodik ialah bijaksana untuk melibatkan konsultan dari luar untuk melakukan audit pemasaran. Setiap perusahaan memiliki risiko buta terhadap kenyataan alasannya yaitu imbas budaya dalam perusahaan. Hal tersebut khususnya terjadi pada perusahaan yang memiliki produk hebat, ataupun yang lebih jelek lagi, yang luar biasa hebatnya. Tidak akan ada audit internal yang bisa menembus suatu "superiority complex" perusahaan maupun organisasi, yang bisa menjadikan perusahaan kehilangan kemampuannya dalam memahami apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Tidak banyak, jikapun ada, konsultan luar yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai pasar, konsumen, budaya perusahaan, serta industri ibarat yang dimiliki oleh manajer lini perusahaan. Ini merupakan sebuah alasan untuk dilakukannya sebuah audit oleh manajer lini perusahaan didalam bidang yang menjadi tanggungjawabnya. Keberatan atas audit jenis ini berkisar pada permasalahan kurangnya waktu serta kurangnya objektivitas.
Dalam praktiknya, permasalahan-permasalahan yang ada tersebut diatasi oleh penginstitusionalan mekanisme serinci mungkin, sehingga seluruh manajer harus mengacu pada sebuah pendekatan yang ditetapkan serta melalui training yang menyeluruh dalam pemakaian prosedur. Disiplin yang ketat harus diaplikasikan dari lapisan administrasi paling tinggi sampai yang paling rendah yang terlibat dalam audit. Pengaplikasikan disiplin tersebut biasanya akan berhasil membantu manajer menghindari semacam sebuah pengarahan pandangan yang merupakan sebuah dampak dari kurangnya evaluasi yang kritis.
0 Response to "Kapan Audit Pemasaran Dilakukan Dan Siapa Yang Harus Melaksanakan Audit Pemasaran"
Posting Komentar