Pemasaran Kekerabatan Dan Langkah Utama Membentuk Jadwal Pemasaran Hubungan

Pemasaran Hubungan dan Langkah Utama Membentuk Program Pemasaran Hubungan


Pemasaran hubungan didasari atas perkiraan bahwa account-account penting perlu menerima perhatian terpusat dan terus-menerus. Wiraniaga yang bekerja sama dengan pelanggan yang penting harus bertindak lebih dari hanya sekedar berkunjung ketika mereka pikir pelanggan siap memesan. Mereka sebaiknya berkunjung pada saat-saat lain, mengajak pelanggan untuk makan malam bersama, memperlihatkan usulan-usulan yang berkhasiat bagi bisnis mereka, dan lain sebagainya. Mereka harus selalu memonitor account-account penting ini, mengetahui problem mereka, serta siap melayani mereka dengan banyak sekali cara.

Berikut ini beberapa langkah utama dalam membentuk jadwal pemasaran hubungan pada suatu perusahaan:
1.      Mengidentifikasi para pelanggan utama yang sesuai dengan pemasaran hubungan. Perusahaan sanggup menentukan lima atau sepuluh pelanggan terbesar dan menggunakan pemasaran kekerabatan dengan mereka. Pelanggan lainnya juga sanggup ditambahkan apabila memperlihatkan pertumbuhan yang cukup tinggi.
2.      Menugaskan seorang seorang manajer kekerabatan yang jago untuk setiap pelanggan kunci. Wiraniaga yang ditugaskan melayani pelanggan tersebut harus mendapatkan beberapa training dalam pemasaran hubungan.
3.      Membuat uraian kiprah yang terang bagi manajer hubungan. Uraian kiprah harus sanggup menjelaskan kekerabatan pelaporan, tanggung jawab, tujuan, dan kriteria penilaian manajer hubungan. Manajer kekerabatan bertanggung jawab atas klien, merupakan sumber warta penting wacana klien tersebut, serta merupakan pencetus pelayanan perusahaan bagi klien yang bersangkutan tersebut. Setiap manajer kekerabatan hanya mempunyai satu atau sedikit kekerabatan untuk dikelola.
4.      Menunjuk seorang manajer umum untuk mengawasi para manajer hubungan. Orang tersebut akan membuat kriteria evaluasi, uraian pekerjaan, serta santunan sumber daya untuk meningkatkan efektivitas manajer hubungan.
5.      Setiap manajer kekerabatan harus membuat rencana kekerabatan pelanggan jangka panjang dan tahunan. Rencana kekerabatan tahunan akan menyatakan strategi, tujuan, tindakan-tindakan tertentu, dan sumber daya yang dibutuhkan.

Ketika sebuah program administrasi hubungan diterapkan dengan cepat, organisasi akan mulai memusatkan perhatiannya pada pengelolaan pelanggan menyerupai halnya pada pengelolaan produk. Pada ketika yang bersamaan, perusahaan akan menyadari bahwa walaupun terdapat dorongan yang besar lengan berkuasa dan niscaya ke arah pemasaran hubungan, itu tidak akan efektif untuk semua situasi. Dan pada akhirnya, perusahaan harus menilai segmen-segmen mana dan pelanggan yang mana yang akan menanggapi manajemen hubungan secara menguntungkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemasaran Kekerabatan Dan Langkah Utama Membentuk Jadwal Pemasaran Hubungan"

Posting Komentar