Pengertian Promosi Penjualan, Tujuan, Dan 4 Jenis Promosi Penjualan

Pengertian Promosi Penjualan, Tujuan, dan 4 Jenis promosi penjualan


Promosi penjualan ialah bentuk persuasi pribadi melalui pemakaian banyak sekali insentif yang sanggup diatur untuk merangsang pembelian suatu produk dengan segera dan/atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh pelanggan. Tujuan dari promosi penjualan sangat beraneka ragam. Melalui promosi penjualan yang dilakukan, perusahaan sanggup menarik pelanggan baru, mendorong pelanggan membeli lebih banyak, mensugesti pelanggannya untuk mencoba produk baru, meningkatkan impulse buying (pembelian tanpa rencana sebelumnya), menyerang kegiatan promosi pesaing, atau mengupayakan sebuah kolaborasi yang lebih bersahabat dengan pengecer. Secara umum tujuan-tujuan tersebut bisa digeneralisasikan menjadi:

1.      Meningkatkan undangan dari para pengguna industrial dan konsumen akhir.
2.      Meningkatkan kinerja pemasaran perantara.
3.      Mendukung serta mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.

Sifat-sifat yang ada dalam promosi penjualan, diantaranya ialah insentif, komunikasi, dan undangan (invitation). Sifat komunikasi sanggup diartikan bahwa promosi penjualan bisa menarik perhatian dan memberi info yang sanggup memperkenalkan pelanggan dengan produk. Sifat insentif sanggup diartikan menawarkan keistimewaan dan rangsangan yang bernilai bagi para pelanggan. Sedangkan sifat undangan ialah mengundang khalayak untuk membeli ketika itu juga.

Promosi penjualan yang dilakukan oleh penjual tersebut sanggup dikelompokkan menurut tujuan yang ingin dicapai, pengelaompokan tersebut antara lain sebagai berikut:
1.      Customer promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pelanggan untuk membeli.
2.      Trade. promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pedagang grosir, pengecer, importir, dan eksportir untuk memperdagangkan barang atau jasa dari sponsor.
3.      Sales force promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi para armada penjual.
4.      Business promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk mendapat pelanggan baru, memperkenalkan produk baru, mempertahankan kontak korelasi dengan pelanggan, menjual lebih banyak kepada pelanggan lama, dan mendidik para pelanggan.

Secara keseluruhan teknik-teknik promosi penjualan adalah seni administrasi pemasaran yang berdampak dalam jangka sangat pendek. Malah terkadang penjualan hanya meningkat selama kegiatan promosi penjualan berlangsung saja. Promosi penjualan juga tidak cukup bisa untuk meruntuhkan loyalitas pelanggan terhadap produk lain, bahkan promosi penjualan yang terlalu sering malah bisa menurunkan gambaran kualitas barang atau jasa yang bersangkutan, sebab pelanggan bisa menginterpretasikan bahwa barang atau jasa tersebut berkualitas rendah atau termasuk kedalam kategori murahan. Meskipun begitu sanggup diakui bahwa promosi penjualan menghasilkan balasan yang lebih cepat dibandingkan dengan iklan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Promosi Penjualan, Tujuan, Dan 4 Jenis Promosi Penjualan"

Posting Komentar