Melakukan Penjumlahan Pada Data Yang Terfilter



Ada beberapa keterbatasan dalam mengolah data yang difilter dengan memakai fungsi menyerupai SUM dan AVERAGE. Salah satu keterbatasan yaitu bahwa setiap formula yang Anda buat yang meliputi fungsi SUM dan AVERAGE tidak mengubah perhitungan mereka jikalau beberapa baris yang dipakai dalam formula tersembunyi oleh filter. Jadi  tetap saja apabila  kita menjumlah mereka dalam keadaan terfilter fungsi SUM & AVERAGE akan menghitung semua penjumlah baik yang terfilter maupun tidak.


Excel menyediakan dua cara untuk mengolah data untuk sel-sel yang terlihat dalam daftar data yang terfilter. Metode pertama yaitu dengan menggunakan AutoCalculate. Untuk menggunakan AutoCalculate, Anda pilih sel yang akan diolah. Bila Anda melakukannya, Excel akan menampilkan rata-rata (AVERAGE) nilai dalam sel, jumlah (SUM) dari nilai dalam sel, dan jumlah sel yang terlihat (COUNT) dalam pemilihan. Anda akan menemukan tampilan pada status kafetaria di tepi bawah jendela Excel.

Gambar 1. Autocalculate

Bila Anda menggunakan AutoCalculate, Anda tidak terbatas untuk menemukan SUM, AVERAGE, dan COUNT dari sel yang telah dipilih. Untuk menampilkan fungsi lain yang sanggup Anda gunakan, klik kanan status kafetaria dan pilih fungsi yang Anda inginkan dari sajian shortcut. Hasil pilihan dari sajian shortcut akan ditampilkan eksklusif di status bar.

Gambar 2. Menu Shortcut Perhitungan dengan Klik Kanan pada Autocalculate

AutoCalculate merupakan cara yang sangat mempunyai kegunaan untuk mencari nilai SUM atau AVERAGE untuk data yang terfilter, akan tetapi itu AutoCalculate tidak menciptakan hasil perhitungannya tersedia dan tertulis didalam worksheet. Rumus menyerupai =SUM(C3:C26) selalu mempertimbangkan setiap sel dalam range, terlepas dari apakah Anda menfilternya ataupun tidak. Sehingga untuk memecahkan duduk kasus tersebut anda perlu menciptakan formula dengan menggunakan Fungsi AGREGAT (yang merupakan fungsi yang gres di Excel 2010) untuk mengolah data terfilter. 

Dengan fungsi AGREGAT, Anda sanggup menentukan dari lebih luas fungsi dan memakai argumen lain untuk menentukan nilai yang diabaikan dalam perhitungan. AGREGAT mempunyai dua sintaks yang sanggup dipakai mungkin, tergantung pada operasi perhitungan yang ingin Anda pilih. Sintaks pertama =AGGREGATE(function_ num, options, ref1…), sedangkan  Sintaks kedua yaitu  =AGGREGATE(function_num, options, array, [k]), dipakai untuk menciptakan fungsi AGREGAT yang memakai LARGE, SMALL, PERCENTILE.INC, QUARTILE.INC, PERCENTILE.EXC, dan QUARTILE.EXC

Tabel berikut menyajikan ringkasan operasi yang tersedia untuk dipakai dalam fungsi AGREGAT


Number
Fungsi
Deskripsi
1
AVERAGE
Untuk Mengetahui nilai rata-rata dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range
2
COUNT
Untuk mengetahui jumlah sederetan nilai sel yang terdapat dalam range
3
COUNTA
berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam sebuah range data
4
MAX
Untuk mengetahui nilai tertinggi dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range
5
MIN
Untuk mengetahui nilai tertinggi dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range
6
PRODUCT
Untuk mengetahui nilai hasil perkalian dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range
7
STDEV.S
Menghitung standar deviasi dari nilai-nilai dalam range data dengan mengusut sampel dari nilai-nilai
8
STDEV.P
Menghitung standar deviasi dari nilai-nilai dalam range data dengan memakai semua nilai
9
SUM
Untuk mengetahui nilai total dari sederetean nilai yang terdapat dalam sutau range

Argumen Kedua, Options, memampukan anda untuk menentukan item apa yang sebaiknya diabaikan. Item-item ini termasuk baris yang tersembunyi dan error. Tabel berikut meringkas nilai yang tersedia untuk argument Options dan berimbas pada hasil fungsi perhitungan

Number
Deskripsi
0
Mengabaikan Fungsi SUBTOTAL dan AGREGAT
1
Mengabaikan baris tersembunyi dan Fungsi SUBTOTAL & AGREGAT
2
Mengabaikan error values dan Fungsi SUBTOTAL  & AGREGAT
3
Mengabaikan baris tersembunyi, Error values, dan Fungsi SUBTOTAL & AGREGAT
4
Tidak Mengabaikan
5
Mengabaikan baris tersembunyi
6
Mengabaikan Error Values
7
Mengabaikan Baris tersembunyi dan Error Values

Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melakukan Penjumlahan Pada Data Yang Terfilter"

Posting Komentar