Apa Itu Pengertian Dan Konsep Dasar Akuntansi?

MFE-APA ITU PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR AKUNTANSI?-Pernahkah teman mendengar kata ‘Akuntansi’? Bagi teman yang sudah mempelajarinya dibangku SMA/SMK mungkin tidak absurd lagi dengan akuntansi. Akuntansi merupakan ilmu yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, mengapa? Karena akuntansi berkaitan dengan aspek keuangan suatu usaha. Bisa dibilang aspek keuangan merupakan darahnya suatu perjuangan dan akuntansi merupakan urat nadi suatu usaha.

Bagi teman yang belum mengerti apa sih Akuntansi itu, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan konsep-konsep dasar akuntansi. Berikut ini merupakan pengertian akuntansi dari beberapa ahli:



  1. Menurut American Accounting Association (AAA) dalam Soemarso S.R (2004:3)  Akuntansi merupakan proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan isu ekonomi, untuk memungkinkan adanya evaluasi dan keputusan yang terang dan tegas bagi mereka yang memakai isu tersebut






  2. Menurut Libby & Libby (2008:4) Akuntansi merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan dan memproses (menganalisis, menghitung, dan mencatat) isu keuangan mengenai sebuah isu tersebut kepada pengambil keputusan.






  3. Menurut American Institute of Certified Public Accountant (AICPA) dalam Sadeli (2011:2) Akuntansi yaitu seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Dari ketiga pendapat diatas maka sanggup dikatakan akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran melalui identifikasi, ukuran dan pelaporan dari isu ekonomi yang bertujuan sebagai isu pengambil keputusan.


PERSAMAAN AKUNTANSI

Sebelum jauh membahas konsep dasar dalam akuntansi, ada hal yang harus teman pahami terlebih dahulu, yakni PERSAMAAN AKUNTANSI. Apa itu Persamaan Akuntansi?

Persamaan akuntansi merupakan persamaan yang menggambarkan relasi antara elemen-elemen dalam laporan keuangan. Elemen laporan keuangan ini terdiri Aktiva, Kewajiban, Modal, Pendapatan, dan Beban. Aktiva, Kewajiban, dan Modal aka dimasukkan dalam Laporan Neraca, sedangkan Pendapatan dan Modal akan dimasukkan kedalam Laporan Rugi-Laba.

Untuk lebih jelasnya mengenai persamaan akuntansi dalam neraca, teman sanggup simak pada artikel berikut


KEGIATAN AKUNTANSI

Untuk menghasilkan isu ekonomi, perusahaan perlu membuat suatu metode pencatatan, penggolongan, analisis dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan, kemudian melaporkan hasilnya  Adapun kegiatan akuntansi mencakup (Soemarso S.R: 2004:4):

  1. Pengindetifikasi dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan
  2. Pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan isu yang dihasilkan
  3. Pengkomunikasian isu kepada pemakai laporan.

Adapun dari kegiatan akuntansi diatas maka selanjutnya sanggup dijabarkan menjadi Siklus Akuntansi. Menurut Michell Suharli (2006:49), siklus akuntansi merupakan urutan transaksi, peristiwa,  aktivitas dan proses dari awal hingga final yang membentuk bulat yang tidak pernah putus.

Penjelasan mengenai siklus akuntansi sanggup digambarkan sebagai berikut:



Dari gambar diatas sanggup dijelaskan bahwa:
  1. Proses pengidentifikasian terdiri dari proses transaksi dan menjadi bukti pembayaran.
  2. Proses Pemrosesan terdiri dari kegiatan pencatatan, penjurnalan, pemindahan ke buku besar (ledger), pengikhtisaran, pembuatan neraca, hingga jurnal final (jurnal baik).
  3. Proses pengkomunikasian merupakan hasil final dari siklus akuntansi yang berupa laporan keuangan. Pada lapoan keuangan ini terdapat beberapa isu yang sanggup menjelaskan posisi dan kinerja keuangan perusahaan.

Hasil final siklus akuntansi merupakan penyajian isu berupa laporan keuangan. Adapun dalam laporan keuangan (Annual Report) terdapat beberapa bab laporan, yakni Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, dan Laporan Arus Kas. Untuk lebih lengkap mengenai Laporan Keuangan sanggup teman simak pada artikel berikut:
Ikubaru's Blogzia: Laporan Keuangan Dalam Akuntansi


Artikel ini merupakan dasar dalam pembahasan selanjutnya mengenai Akuntansi. Ada beberapa artikel lanjutan yang tentunya menarik untuk disimak. Terima kasih telah menyimak. 


Daftar Pustaka:
Libby and Libby. 2008. Akuntansi Keuangan.
Sadeli, Lili. 2011. Pengantar Akuntansi.
S.R. Soemarso. 2004. Pengantar Akuntansi
 

Keywords:
  1. Apa itu Pengertian Akuntansi?
  2. Materi Dasar-Dasar Akuntansi
  3. Konsep Dasar Akuntansi
  4. Tugas Pengantar Akuntansi
  5. Pengertian Akuntansi
  6. Siklus Akuntansi
  7. Apa saja Proses Siklus Akuntansi
  8. Laporan dalam Akuntansi
  9. Tugas Makalah Pengantar Akuntansi
  10. Neraca Lajur
  11. Persamaan Akuntansi
  12. Bagaimana sih susahnya Hitungan Akuntansi?
  13. Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Akuntansi menurut American Accounting Association (AAA)  
  15. Pengertian Akuntansi berdasarkan American Institute of Certified Public Accountant (AICPA)
  16. Daftar Buku Akuntansi Dasar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pengertian Dan Konsep Dasar Akuntansi?"

Posting Komentar