Alasan Orang Untuk Menahan Uang Tunai

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai orang yang menyimpan/menahan uang tunai. Tentu saja penyimpanan uang tersebut beralasan. Menurut John Maynard Keynes (seorang mahir ekonomi Inggris), ada tiga alasan/motif masyarakat menahan uang tunai, yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif spekulasi.

Motif Transaksi (transaction motive)
Misalnya, Ibu rumah tangga ingin menyisihkan uang untuk keperluan pembelian beras danbahan makanan lain yang dibutuhkan setiap hari. Jika suaminya sebagai pegawai (karyawan) mendapatkan honor setiap bulan, maka honor suaminya tidak eksklusif dihabiskan pada ketika mendapatkan honor tersebut. Orang renta kalian akan menyisihkan uang hingga final bulan tersebut merupakan teladan menahan uang tunai dengan alasan untuk transaksi.






Motif Berjaga-jaga (precautionary motive)
Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering dihadapkan pada hal-hal yang tidak niscaya dan tidak sanggup diramalkan sebelumnya. Banyak hal yang akan harus dibayar yang tidak diduga sebelumnya. Misalnya. Ban sepeda yang secara tiba-tiba bocor di jalan sehingga harus dikeluarkan biaya untuk menambal ban. Apakah kita sanggup memastikan bahwa besok pagi ban sepeda ini tidak akan bocor lagi ketika digunakan? Tentu tidak bisa. Oleh alasannya ialah itu, kita perlu membawa uang untuk bejaga-jaga. Demikian pula orang renta kita. Mereka juga menyimpan uang untuk berjaga-jaga , siapa tahu di antara anggota keluarga ada yang sakit, kecelakaan, kehilangan sepatu sehingga harus membeli yang baru, dan sebagainya.

Motif Spekulasi (speculative motive)
Ada kalanya orang menahan uang tunai untuk berspekulasi, yaitu dengan maksud mencari laba. Orang yang berdagang surat-surat berharga (saham dan obligasi) sering menahan uang tunai untuk memperoleh keuntungan. Apabila harga surat berharga rendah, mereka membeli surat-surat berharga tersebut dan apabila harga surat berharga tinggi, maka mereka aka menjualnya. Apabila harga surat berharga rendah, maka mereka akan membeli surat berharga lagi, begitu seterusnya. Dengan melaksanakan aktivitas ini, mereka mendapatkan untung. Karena naik turunnya harga surat berharga tersebut sulit diterka maka aktivitas menahan uang tunai tersebut juga bersifat untung-untungan. Jika bernasib baik dan beruntung, untung sanggup bisa didapatkan.

Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Orang Untuk Menahan Uang Tunai"

Posting Komentar