Tips Dan Cara Gampang Menciptakan Skripsi

MFE-TIPS DAN CARA MUDAH MEMBUAT SKRIPSI-Skripsi? Ya.. Skripsi merupakan momok paling eneg yang pernah dialami oleh mahasiswa tak terkecuali sendiri. Menurut sobat yang sudah mengalami rasanya skripsi, gimana sih saat-saat kalian sedang menyusun skripsi? Mungkin rasanya sebel, kesel, kadang suka marah-marah kalo lagi PMS. Hutss.. Bukan itu. Tapi rasanya tuh cape banget dan perlu pengorbanan menyerupai layaknya mengejar cewe idaman (pengalaman Admin hehe).  Ehh by the way Kenapa sih SKRIPSI bikin eneg bin menjengkelkan? 

Bagi kalian yang sudah mengalamai atau sedang mengalami penyusunan Skripsi ini, kita dibentuk lelah dengan deadline Bab yang harus diselesaikan, bolak balik revisi Bab gegara dicoret-coret bahkan digambar oleh Dosen Pembimbing (Dospem), Kadang Harus merogoh kocek yang terdalam untuk hantaran makan ketika Dospem sedang ada di rumah, bahkan harus mengejar Dospem sampai ujung dunia hanya untuk minta coretan indahnya di skripsi kita, uhh.. SO JENG KELLIN

Sumber Gambar:
Kartun Ngampus
Tapi dibalik semua itu, Skripsi bisa juga dikatakan sebagai jembatan kita dalam mencapai kelulusan studi kita di Perguruan Tinggi. Untuk mencapainya kita harus berkorban ekstra besar lengan berkuasa dalam mencapai hasil terbaik dalam skripsi kita. Rasa besar hati kita akan terasa manakala kita mendapat predikat "Sangat Memuaskan" dalam sidang skripsi kita bahkan predikat kelulusan kita.

Siapa saja sih yang bangga? Tidak hanya kita sendiri saja, tapi juga orang tua, Dospem kita alasannya yakni prajuritnya telah merdeka, sahabat kita, pacar kita (sorry buat yang jomblo), bahkan Mantan kita nan jauh di mato pun ikut besar hati akan lulusnya kita dari cobaan terberat sejagad ini.  Jangan Baper deh!!

Selain pujian bagi orang sekeliling kita pada ketika ini, bisa juga membanggakan bagi belum dewasa kita nanti. Kita bisa memperlihatkan foto wisuda kita pada anak kita nanti sebagai motivasi belajar.

 "Nak, itu ketika bapak wisuda, keren kan bapak. Kamu nanti harus bisa lebih dari bapak ya."

Kan jadi memotivasi bagi anak kita nanti mungkin dengan berkata:

 "Iya ayah bisa tinggi, adek mau deh menyerupai ayah. Ehh.. Tapi tunggu deh yah, itu cewe disebelah ayah siapa ya yah? kok adek ga kenal ya yah" Hustt Lupakan Masa Lalu

Nah kini bagaimana sih caranya supaya Skripsi tidak lagi jadi momok lagi bagi kita, sampai bercucuran darah, keringet. Kali ini Blog MFE akan memberikan Tips-Tips bagi sobat semua untuk secepatnya Menyelesaikan Skripsi. Ini sudah diuji di Lab Terakreditasi, Sudah Teruji dari beberapa pengalaman orang yang sudah mengalami. 

  • Motivasikan dirimu untuk membanggakan orang disekelilingmu, kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, kebanggan bukan hanya milik kita semata, namun orang disekeliling kita akan bangga. Kamu jangan mengalah dengan keadaan ketika ini dimana sedang letih-letihnya dalam  menciptakan skripsi. Buktikan kepada mereka bahwa kita bisa mencapai hasil yang maksimal dan bisa bermanfaat bagi mereka.
  • Buatlah Perencanaan untuk Skripsimu, nah yang dimaksud disini kau buat planning mulai dari:
    1. Mau ambil konsentrasi apa? Mulai dari semester IV biasanya sudah mulai mahasiswa untuk mengambil jurusan apa yang diminatinya. Nah, pilihlah konsentrasi jurusan yang benar-benar kau miniati dan kau bisa untuk memasukinya.
    2. Dalam Konsentrasi jurusan, hal-hal apa yang paling menarik untuk dikaji dan dijadikan penelitian. Banyak hal-hal yang menarik di kehidupan kita yang bisa kita ambil sebagai variabel penelitian kita nanti. Hal ini justru membantu kau dalam memilih judul Skripsi nanti.
    3. Persiapkan dirimu mulai dari Semester V, kenapa? Karena pada ketika ini kau sedang letih-letihnya untuk berkuliah. Selain itu kau sudah banyak tahu mengenai selak beluk jurusanmu. Motivasikan dirimu sob!!
    4. Walaupun kau masih di tingkat 2 dalam kuliahmu dan belum mendapat mata kuliah Metodologi Penelitian, bolehlah sesekali kau sharing atau setidaknya ikut nimbrung dengan abang seniormu yang sedang menyusun skripsi. Dari sinilah kau akan sanggup pengetahuan dan slagh pembuatan skripsi dari abang seniormu. Dari sini pula mentalmu akan terbangun dalam hal menghadapi skripsi.
  • Jangan terpengaruh oleh temanmu atau bahkan pacarmu dalam menetukan konsentrasi atau variabel penelitian (sorry banget yang bagi yang jomblo ngenes), terkadang kita tertarik dengan sahabat kita dalam hal menetukan konsentrasi kita, banyak sahabat kita yang masuk konsentrasi tertentu, akan tetapi kita sendiri ternyata tidak minat disitu.
  • Kejarlah Dosen Pembimbingmu dan dapatkan hatinya untukmu. Walaupun diakui Dospem itu kadang menjengkelkan, akan tetapi ketika sidang nanti beliaulah yang membela kita atau setidaknya memancing persepsi kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Dosen Penguji ketika sidang Skripsi nanti. Kamu bisa mendapat hatinya dengan menyenagkan hatinya atau dengan cara memperlihatkan apa yang mereka sukai, ya setidaknya membawa oleh-oleh yang cantik untuknya sebagai upah coretan indahnya.
  • Pahami metode penelitian apa yang akan kau pakai. Terkadang Metode Penelitian ini menyulitkan kita dalam hal menciptakan skripsi. Setidaknya kita harus paham bagaimana penarikan sampelnya, metode apa yang dipakai, kualitatif atau kuantitatif kah, bagaimana uji statistiknya bagi jurusan manajemen, bagaimana uji hipotesis yang akan digunakan, dan lain sebagainya.
  • Pahami bagaimana teknis penarikan sampelnya. Bagi kau yang jurusan administrasi konsentrasi Manajemen SDM atau Pemasaran, kau harus tahu bagaimana caranya mendapat sample dengan cara angket (kuesioner) atau wawancara. Atau bagi kau konsentrasi Manajemen Keuangan atau Akuntansi, kau harus tahu bagaimana cara mendapat laporan keuangan perusahaan yang menjadi objek penelitianmu. Atau juga kau konsentrasi Manajemen Operasional atau Ilmu Ekonomi, kau juga harus paham apa saja data yang valid untuk penelitianmu.
  • Cari acuan Skripsi dengan topik penelitian yang kurang lebih sama dengan judulmu. Untuk mencari acuan ini sangatlah mudah, kita bisa cari di situs repository Perguruan Tinggi yang mempublikasikan hasil-hasil skripsi. Jadikan itu sebagai acuan dalam hal pembuatan skripsi, kau akan gampang memahami alur tiap penggalan nya walaupun setiap kampus berbeda format skripsinya. Ingat ya hanya sebagai Referensi bukan untuk di copas. Kalo kau mencoba copas, maka skripsi akan dibatalkan.

Sebenarnya masih banyak tips lain yang lebih bisa membantu sobat semua untuk secepatnya menuntaskan skripsi. Nanti kami akan share kembali tips lainnya dan apa saja yang bisa kalian manfaatkan dalam pembuatan skripsi ini melalui eBook. Sobat semua bisa mendownloadnya kok. 
Tunggu eBooknya di Tahun 2016 nanti ya sobat.
Untuk LINK-nya bisa diklik di LINK EBOOK INI (Tersedia di tahun 2016)

Dari uraian diatas semoga bisa membantu Sobat semua dalam menuntaskan skripsi sobat dan bisa lulus dengan hasil "SANGAT MEMUASKAN", Aamiin

Like 10 Kebaikan
Ketik "Aamiin" 100 Kebaikan
Share Artikel lewat Facebook, Twitter, dan G+ 1.000.000 kebaikan
Hayoo.. Pilih yang mana :D

Salam Admin MFE Ganteng
Ryano Ikubaru Novryanto (Iqbal Novryanto) 

Keywords:
  1.  Membuat Skripsi
  2. Tips menuntaskan Skripsi
  3. Cara Praktis Menyelesaikan Skripsi
  4. eBook Tips Cara Menyelesaikan Skripsi
  5. Cara Praktis Mengerjakan Skripsi
  6. Tips Menumbuhkan Ide Skripsi
  7. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Manajemen
  8. Cara Mudah Mengerjakan Skripsi
  9. Cara Mengerjakan Skripsi Bab I
  10. Cara Mengerjakan Skripsi Bab II
  11. Cara Mengerjakan Skripsi Bab III
  12. Cara Mengerjakan Skripsi Bab IV
  13. Cara Mengerjakan Skripsi Bab V
  14. Pertanyaan Sidang Skripsi
  15. Pertanyaan Sidang Proposal   
  16. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Akuntansi
  17. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi
  18. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah
  19. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen Keuangan
  20. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen Pemasaran
  21. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen SDM Sumber Daya Manusia
  22. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen Operasional
  23. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Keuangan
  24. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Sistem
  25. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Pajak
  26. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Audit Pemeriksaan
  27. Tips menyusun Proposal Penelitian Skripsi
  28. Metode Praktis Membuat Proposal Skripsi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dan Cara Gampang Menciptakan Skripsi"

Posting Komentar