Manfaat Tabungan Untuk Pembangunan

Kecil menabung, bau tanah beruntung”. Ungkapan ini perlu kita renungkan dan laksanakan. Mengapa? Sebab kalau seseorang ulet menabung, maka bila kelak ia membutuhkan sesuatu yang sangat penting, beliau tidak akan kesulitan. Tabungan sanggup diambil. Sebaliknya, jikalau seseorang tidak mempunyai tabungan, maka jikalau suatu dikala beliau memerlukan sesuatu yang sangat mendesak untuk dipenuhi, beliau akan kesulitan.

Menabung sanggup kita artikan sebagai acara menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk disimpan (Dalam pembahasan ini tabungan itu kita anggap disimpan di bank). Manabung ialah suatu keiasaan yang baik dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk pembangunan pada umumnya.

Manfaat Manabung Untuk Diri Sendiri
Hidup hemat
Hidup ekonomis berarti menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan. Atau dengan kata lain, menghindari pembelian/pengeluaran yang tidak bermanfaat.

Keamanan
Dengan menabung/menyimpan uang di bank, simpenabung akan terhindar dari kehilangan, pencurian/perampokan, atau peristiwa alam kebakaran.



Bekal di lalu hari
Misalnya bila ada kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi, atau bila ada kebutuhan yang memerlukan dana besar menyerupai untuk membangun rumah, membeli mobil, atau biaya sekolah.

Penghasilan
Dengan menyimpan/menabung di bank, sipenabung akan memperoleh imbalan jasa, yang disebut bunga uang dari bank.

Manfaat Menabung Untuk Pembangunan
Fungsi bank ialah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya ke masyarakat. Uang yang disimpan di bank yang berasal (dihimpun) dari masyarakat penabung, oleh bank sanggup dipinjamkan ke para pengusaha atau perusahaan-perusahaan untuk menabung perjuangan gres atau untuk memperluas perjuangan yang sudah ada. Dengan kata lain, tabungan masyarakat itu akan dipakai menjadi modal oleh para pengusaha untuk meningkatkan produksi. Usaha gres atau ekspansi perjuangan yang sudah ada ini tentu membuka lapangan kerja (menyerap tenaga kerja) dan sekaligus meningkatkan produksi. Semakin banyak lapangan kerja yang terbuka dan semakin tinggi jumlah produksi akan membuata masyarakat atau negara semakin makmur.



Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tabungan Untuk Pembangunan"

Posting Komentar