Apa Saja Bahan Dasar Administrasi Pemasaran?

BlogMFE-Apa Saja Materi Dasar Manajemen Pemasaran-Memasuki dunia perkuliahan Manajemen, kita biasanya akan mempelajari materi-materi pokok yang berkaitan dengan Manajemen, salah satunya ialah Manajemen Pemasaran. Pada mata kuliah wajib ini kita akan mempelajari banyak sekali hal ihwal pemasaran produk baik dari awal produk selesai diproduksi hingga hingga ke tangan konsumen. Lalu Apa Saja sih Materi Manajemen Pemasaran itu? Simak pembahasan berikut ini.

Sebelumnya kita harus tahu dahulu apa sih Pemasaran itu? Pemasaran merupakan suatu sistem total dari acara bisnis yang dirancang untuk merencanakan dan memilih harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk yang sanggup memuaskan impian dan jasa baik para konsumen ketika ini dan konsumen potensial untuk mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Philip Kothler dan Amstrong menjabarkan pemsaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Menurut Thamrin Abdullah dan Francis Tantri (2012:2) pemasaran mencangkup beberapa kegiatan, yakni antara lain:
  1. Menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen
  2. Merencanakan dan menyebarkan sebuah produk atau jasa yang akan memenuhi impian tersebut
  3. Memutuskan cara ternaik untuk memilih harga, mempromosikan, dan medistribusikan produk tersebut.

PERANAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN

Dalam suatu acara perusahaan, pemasaran mempunyai peranan penting didalamnya. Pemasaran sanggup dikatakan sebagai denyut jantungnya dari banyak sekali usaha, alasannya ialah konsep-konsep dalam pemasaran diakui perananya sebagai penyumbang pribadi untuk mendapatkan keuntungan serta volume penjualan atas produknya.

Seperti yang dijelaskan diawal tadi  bahwa pemasaran dimulai dari produk gres saja diproduksi hingga pada tangan konsumen. Untuk hingga ke tangan konsumen, tidak semudah itu, namun kita harus tahu karakteristik konsumen kita dan juga pesaing produk kita. Untuk itu suatu Departemen Pemasaran dalam suatu perusahaan harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen yang selalu berubah-ubah. 

Agar sanggup menarik minat pembelian terhadap produknya, suatu perusahaan harus mempunyai strategi-strategi pemasaran yang jitu semoga konsumen sanggup tertarik dengan produk yang dipasarkan. Faktor lain yang sanggup menjadikan perusahaan sangat memerlukan pemasaran ialah:
  1. Pertumbuhan pasar yang melambat
  2. Berubahnya contoh pembelian konsumen
  3. Tingkat persaingan produk semakin meningkat
  4. Pengeluaran (Expenditure) untuk promosi dan riset pasar meningkat


SISTEM PEMASARAN

Menurut Mursyid (2010:8) Sistem Pemasaran merupakan kumpulan lembaga-lembaga yang melaksanakan kiprah pemasaran produk dan faktor-faktor lingkungan yang saling mengatakan efek dan membentuk serta mensugesti kekerabatan perusahaan dengan pasarnya. Dalam sistem pemasaran ini ada beberapa faktor yang saling mempengaruhi, yakni:
  1. Organisasi dalam pemasaran
  2. Produk yang dipasarkan
  3. Pasar yang dituju
  4. Supplier atau agen
  5. Faktor demografi, kondisi perekonomian dan politk negara, situasi sosial budaya masyarakat, dan faktor-faktor lingkungan lainnya

Analisis sistem pemasaran perlu dilakukan dalam hal kekerabatan dengan unsur-unsur lain dalam lingkungan pemasaran yang saling mensugesti untuk membuahkan hasil pemasaran. Analisa sistem pemasaran ini sanggup berbentuk: 
  1. Analisis Sistem Pertukaran (Exchange System Analysis)
  2. Analisis Pemasaran Organisasional (Organizational Marketing Analysis)
  3. Analisis Lingkungan Makro (Macroenvironment Analysis)

Dalam perkembangan sistem pemasaran ini berkembang pula Sistem Informasi Pemasaran yang sanggup mendukung acara berjalannya sistem pemasaran dengan terintegrasi dengan komputer (digital) maupun dalam acara riset pemasaran dalam meneliti kebutuhan dan impian konsumen.


KONSEP INTI PEMASARAN

Konsep pemasaran sanggup diungkapkan dengan banyak sekali cara, yakni dengan cara:
  1. Menelusuri impian pasar dan pemenuhannya
  2. Memproduksi produk yang sanggup dijual, bukan menjual produk yang sanggup diproduksi.
  3. Mencintai pelanggan dengan memeberikan pelayanan terbaik
  4. Tentukan langkah yang akan diambil dalam acara pemasaran
  5. Aplikasikan langkah yang telah direncanakan sebelumnya
  6. Lakukan segalanya dalam batasan kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat akan nilai, mutu, dan kepuasan pelanggan.

Konsep inti pemasaran terdiri dari beberapa item yang sanggup digambarkan sebagai berikut: 


Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
Suatu pemasaran tidaklah membuat suatu kebutuhan, alasannya ialah pada hakikatnya suatu kebutuhan sudah sanggup ditentukan sebelumnya dan sudah ada secara alamiah dalam diri manusia. 


Suatu pemasaran sanggup mensugesti seseorang dalam memenuhi impian pelanggannya akan suatu barang, contohnya seseorang yang menginginkan smartphone terbaru dalam hal animo dan gensi teknologi. Dari acara mensugesti impian pelanggan, suatu pemasaran akan tentu mensugesti undangan suatu produk yang cocok, menarik, berkualitas, terjangkau dan gampang didapatkan oleh konsumen melalui acara distribusi.

Produk 
Dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan, orang-orang akan memenuhi kebutuhannya dengan barang dan jasa. Pemenuhan kebutuhannya tidak hanya dilihat dari nilai fisik dan material dari produk tersebut, tetapi juga harus dilihat dari nilai kegunaan akan produk tersebut. 

Nilai, Biaya, dan Kepuasan 
Pemenuhan kebutuhan dan impian akan suatu produk mempunyai suatu nilai dalam pemenuhannya. Nilai dalam pemenuhan ini ialah asumsi konsumen ihwal kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. 

Suatu nilai produk bergantung pada seberapa jauh produk tersebut mendekati produk yang ideal. Hambatan dari produk ideal ini ialah adanya biaya yang harus dipenuhi semoga sanggup mencapai kepuasan maksimal. Untuk itulah diharapkan pertimbangan akan nilai dan biaya suatu produk sebelum memilih pilihan untuk mencapai kepuasan.

Pertukaran, transaksi, dan hubungan
Suatu pemasaran timbul dari suatu pertukaran nilai barangdengan nilau yang sebanding dengannya. Dalam proses pertukaran ini, pihak-pihak yang terlibat akan berunding dan mengarah ke suatu persetujuan yang sanggup disebut dengan transaksi. Untuk sanggup menghasilkan suatu pertukaran, suatu pemasaran haruslah bisa menganalisis apa yang diharapkan untuk memperoleh dari dan mengatakan kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam pertukaran dan transaksi. 

Dalam membuat suatu pertukaran dan transaksi yang efektif, suatu pemasaran yang baik akan mencoba membangun kekerabatan jangka panjang, saling percaya, dan saling menguntungkan dengan pelanggan, distributor, supplier, dan pemasoknya. Hasil simpulan dari suatu pemasaran berdasarkan kekerabatan ini ialah membangun suatu aset perusahaan berupa jaringan pemasaran.

Pasar  
Suatu pasar merupakan daerah pertukaran atau transaksi antara pembeli dan penjual. Besarnya pasar bergantung pada jumlah orang yang mempunyai kebutuhan, mempunyai sumberdaya yang diminati, dan mau mengatakan sumberdaya tersebut untuk ditukar semoga sanggup memenuhi impian dan kebutuhan. 

Dalam ekonomi modern, pasar bergerak atas dasar Pembagian kerja dimana suatu perusahaan mengkhususkan dalam memproduksi sesuatu, mendapatkan bayaran, dan membeli barang yang dibutuhkan. Suatu pemasaran sanggup melihat pasar ini sebagai kekerabatan antara industri dengan pelanggannya. Dalam kekerabatan pasar, pemerintah mempunyai peranan penting dalam acara pasar. Pemerintah membeli barang dari pasar sumberdaya, pembuat barang dan perantara. Disisi lain pemerintah memungut pajak dari banyak sekali pihak dan mengatakan pelayanan publik yang baik.
Keywords
  1. Apa itu administrasi pemasaran?
  2. Dasar-dasar administrasi pemasaran
  3. Materi yang dipelajari di Jurusan Manajemen
  4. Materi dasar manajemen pemasaran
  5. Pengertian Manajemen Pemasaran berdasarkan Kotler
  6. Konsep Inti Pemasaran berdasarkan Kotler
  7. Apa saja sistem pemasaran
  8. Hubungan Pasar dan pemasaran
  9. Apa saja Kegiatan pemasaran
  10. Pemasaran Barang
  11. Konsep Pemasaran online
  12. Tips meraih pelanggan dalam pemasaran online
  13. Materi pengantar manajemen pemasaran 
  14. Materi kuliah administrasi pemasaran 
  15. Contoh kiprah makalah manajemen pemasaran
  16. Contoh makalah manajemen pemasaran
  17. Apa yang dimaksud dengan administrasi pemasaran?
  18. Manajemen pemasaran 
  19. Trik meraih pasar potensial
  20. Cara menyebarkan nilai mutu produk   

Referensi Pustaka: 
  1. Abdullah, Thamrin. 2012. Manajemen Pemasaran. 
  2. Mursyid, Muhammad. 2010. Manajemen Pemasaran. 
  3. Diktat Kuliah Manajemen Pemasaran I 

Sumber Gambar: 
www.solopos.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Bahan Dasar Administrasi Pemasaran?"

Posting Komentar