Pengertian Uang


Setiap hari kita diberi uang saku yang sanggup dipakai untuk membeli jajanan di kantin, membayar ongkos angkutan umum, menabung di bank, dan sebagainya. Di tengah masyarakat, kita juga mengetahui bahwa uang sanggup dipakai untuk membayar pajak, membayar rekening listrik, membayar utang, membeli barang dan jasa, dan sebagainya. Uang merupakan alat pembayaran yang sah. Uang yang ditetapkan oleh pemerintah tempat berlaku di suatu wilayah negara tetentu pada waktu tertentu.

Berbagai Definisi Uang
  1. Menurut Robertson, uang yakni segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang.
  2. Menurut R. S. Sayers dalam bukunya Modem Banking, uang yakni segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat pembayaran utang.
  3. Menurut A. C. Pigou dalam bukunya the Veil of Money menyatakan bahwa uang yakni segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar.
  4. Menurut Albert Gailort Hart menyatakan bahwa uang yakni kekayaan yang sanggup dipakai oleh pemiliknya untuk melunasi utangnya dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.
  5. Menurut Rollin G. Thomas merupakan bahwa uang yakni segala sesuatu yang diterima umum dalam pembayaran (pembelian) barang-barang, jasa-jasa, dan pelunasan utang.

Para andal dalam bidang keuangan tersebut memperlihatkan definisi uang yang berbeda-beda alasannya yakni adanya perbedaan uang yang disoroti. Namun, secara mendasar difinisi tersebut tidaklah berbeda.

Berlakunya suatu mata uang dibatasi oleh tempat dan waktu. Misalnya, Rupiah hanya diterima sebagai uang di Indonesia. Orang boleh menolak rupiah dalam transaksi jual beli di luar negeri. Rupiah diterima di masyarakat sebagai uang sah hanya di wilayah aturan Indonesia. Selain itu, waktu juga membatasi mata uang. Seri pertama uang rupiah yang mulai beredar pada tanggal 23 Oktober 1946, kini tidak berlaku lagi sebagai uang yang sah.

Berdasarkan beberapa definisi perihal uang sanggup kita simpulkan sebagai berikut. Uang yakni segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat penukar, alat pengukur, alat pengukur nilai, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Sumber: Buku  Ekonomi. Sukardi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Uang"

Posting Komentar