Mengenal Tampilan & Lembar Kerja Microsoft Excel 2010



Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan aneka macam data. Excel adalah software pengolah data yang mempunyai banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa disebut sebagai program spreadsheet dimana tiap-tiap data sanggup anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah kerja seorang manajer alasannya beberapa perintah pendukungnya telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.


Berikut yakni Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:




Gambar 1. Tampilan Workbook Excel 2010

1.Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:
  • Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
  • Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang sanggup digunakan untuk memformat data.
  • Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya. 
  •  Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
  •  Tab Formulas,  berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam  Excel.
  •  Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, menyerupai Sort, Filter dan Import data dari aktivitas atau aplikasi lain. 
  • Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang mencakup spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta perlindungan data dan workbook
  • Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2.Groupsadalah bab yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab
3.Quick Access Toolbarmerupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, menyerupai tombol Save, tombol Undo dan  tombol Redo
4.Tombol Dialog yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5.Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan  worksheet dokumen Excel
6.Tab Sheet, merupakan kartu  yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7.Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.

8.Zoom Level, merupakan bab yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja

Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris.Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa huruf dari mulai kolom A hingga dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu hingga dengan 1.048.576. Agar lebih jelas, perhatikan klarifikasi bagian-bagian  pada worksheet 2010 berikut ini:


Gambar 2. Tampilan Worksheet Excel 2010

1. Sel, merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3. Select Sel, digunakan untuk menentukan semua sel dalam satu worksheet
4. Name Box, adalah suatu kotak yang digunakan untuk menampung nama-nama range yang dibentuk dalam Excel
5. Tab Split, merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar bab tab sheet dengan bab batang penggulung horizontal
6. Formula Bar, merupakan  kotak isian yang nantinya sanggup berisi rumus dari data yang sedang diolah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Tampilan & Lembar Kerja Microsoft Excel 2010"

Posting Komentar