Pemasaran Online, 7 Manfaat Pemasaran Online, Dan 4 Susukan Pemasaran Online
Pemasaran Online, Manfaat Pemasaran Online, dan Saluran Pemasaran Online
A. Pemasaran Online
Pemasaran online adalah saluran yang sanggup dijangkau oleh seseorang melalui perangkat (komputer, laptop, smartphon) berbasis internet secara online. Ada dua jenis saluran online:
1. Saluran Online Komersial
Banyak perusahaan yang sudah mendirikan layanan informasi dan pelayanan online yang bisa diakses oleh mereka yang sudah mendaftar untuk memperoleh layanan tersebut dan membayar sejumlah iuran bulanan. Saluran online pada umumnya menyediakan bagi pelanggan lima layanan utama, yaitu informasi (berita, perpustakaan, pendidikan, olehraga, perjalanan, dan referensi), hiburan (permainan dan hiburan), layanan berbelanja, kesempatan obrolan (forum, bulletin board, kotak bincang-bincang), dan email.
2. Internet
Internet adalah jaringan global yang memungkinkan komunikasi global yang instan dan terdesentralisasi. Internet, yang pada awalnya dibuat untuk menyokong riset dan pertukaran akademis, sekarang sudah tersedia bagi pemirsa yang jauh lebih luas. Pemakai internet sanggup mengirim email, berkomunikasi, bertukar pikiran, berbelanja barang-barang, mengakses berita, resep makanan, informasi seni, informasi bisnis dan lain sebagainya.
B. Manfaat Pemasaran Online
Mengapa layanan online bisa menjadi begitu populer? Pertama, alasannya ialah pemasaran online mengatakan tiga manfaat utama bagi pembeli potensial:
1. Kemudahan
Pelanggan sanggup memesan produk selama 24 jam sehari dimanapun mereka berada. Mereka tidak perlu berkendara, mencari kawasan parkir, dan berbelanja melewati etalase yang panjang untuk mencari dan menyidik barang-barang yang ada. Mereka tidak harus pergi ke toko, hanya untuk menemukan bahwa barang yang dicari ternyata sudah habis.
2. Informasi
Pelanggan sanggup dengan gampang memperoleh setumpuk informasi komparatif mengenai perusahaan, produk, dan pesaing tanpa hrus meninggalkan kantor ataupun rumah mereka. Mereka sanggup memusatkan perhatiannya pada kriteria objektif menyerupai kualitas, harga, kinerja, dan ketersediaan barang.
3. Rongrongan yang Lebih Sedikit
Dengan adanya layanan online, pelanggan tidak perlu menghadapi ataupun melayani bujukan dan faktor-faktor emosional yang ada.
Kedua, pemasaran online juga sanggup mengatakan sejumlah manfaat bagi pemasar, yaitu sebagai berikut:
1. Penyesuaian yang Cepat Terhadap Kondisi Pasar
Perusahaan sanggup dengan gampang dan cepat menambahkan produk pada penawaran-penawaran mereka serta mengubah harga dan deskripsinya.
2. Biaya yang Lebih Rendah
Pemasar online mencegah biaya sewa, biaya pengelolaan toko, asuransi dan prasarana yang ikut menyertainya. Mereka sanggup menciptakan sebuah katalog digital dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan percetakan dan pengiriman katalog dari kertas.
3. Pemupukan Hubungan
Pemasar online dapat berbicara dengan konsumen dan berguru lebih banyak dari mereka. Pemasar sanggup pula meng-upload laporan yang berguna, demo gratis produk mereka, ataupun pola gratis surat terencana mereka ke dalam sistem. Lalu kemudian pelanggan sanggup mendownload perangkat-perangkat tersebut ke dalam kotak email (surat elektronik) mereka.
4. Pengukuran Besarnya Pemasar
Pemasar sanggup dengan gampang mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi situs online mereka serta berapa banyak yang singgah ditempat tertentu dalam situs online tersebut. Informasi tersebut sanggup membantu pemasar meningkatkan penawaran serta iklan mereka.
Jadi jelaslah, pemasar akan berfikir untuk menggunakan layanan online dalam mencari, menjangkau, berkomunikasi, dan menjual produk. Pemasaran online mempunyai sedikitnya 4 manfaat besar. Pertama, yaitu baik perusahaan besar ataupun kecil sanggup membiayainya. Kedua, ialah tidak ada keterbatasan riil kawasan iklan, berbeda dengan media cetak atau siaran. Ketiga, yakni saluran dan pengambilan informasi yang sangat cepat, dibandingkan dengan surat overnight dan bahkan fax. Dan keempat ialah belanja sanggup dilakukan secara langsung dan secara cepat.
C. Saluran Pemasaran Online
Pemasar sanggup menjalankan pemasaran online dalam empat cara, yaitu dengan menciptakan etalase elektronik, berpartisipasi dalam forum, newsgroup, memasang iklan online, dan menggunakan email.
1. Membuat Etalase Elektronik
Ribuan bisnis sudah menciptakan home page sebuah layar sajian pembuka di internet. Ada banyak home page menjadi sebuah etalase elektronik yang memperlihatkan pada pengunjung atau pemakai bermacam-macam informasi, seperti:
a. Gambaran perusahaan dan produknya, dalam bentuk gambar dan teks. Penjelajah hanya perlu mengklik teks atau icon tertentu untuk menampilkan suatu produk tertentu dengan lebih rinci.
b. Katalog perusahaan yang menggambarkan keistimewaan, harga produk, dan ketersediaan.
c. Berita perusahaan, termasuk didalamnya laporan hasil keuangan, produk terbaru dan up grade, kejadian terbaru, tanggal seminar pelatihan, dan lain sebagainya.
d. Informasi teknis dan brosur produk.
e. Peluang untuk berbicara dengan pegawai.
f. Kemampuan untuk mengajukan pesanan sebalum meninggalkan situs yang bersangkutan.
g. Informasi perihal lowongan pekerjaan dan peluang di perusahaan.
Jika sebuah perusahaan tetapkan untuk membuka etalase elektronik, maka ia setidaknya memiliki dua pilihan, yaitu pertama, perusahaan sanggup membuka tokonya sendiri di internet. Dan yang kedua ialah perusahaan sanggup membeli lokasi disebuah layanan online komersial.
Memiliki lokasi online merupakan sebuah “masalah”, dan menciptakan orang mengunjungi lokasi tersebut merupakan “masalah” yang lain. Perusahaan yang memiliki home page atau website berusaha menarik calon pembeli ke alamat mereka melalui majalah, iklan, email, dan news group. Banyak perusahaan yang menggunakan undian, permainan, kuesioner, dan peralatan lain yang mengharuskan pemakai mengatakan nama serta alamat mereka untuk berpartisipasi. Kuncinya ialah menggunakan hiburan dan informasi untuk membujuk penjelajah biar mengunjungi homepage atau website perusahaan berulangkali. Hal tersebut berarti perusahaan harus terus menerus memperbaharui website mereka untuk membuatnya tetap segar dan menarik. Hal ini sanggup menghabiskan waktu dan dana, tetapi akan lebih banyak yang dihabiskan apabila tidak memperbaharui informasi.
2. Berpartisipasi dalam Forum, News Group, Dan Bulletin Boards
Perusahaan bisa berpartisipasi dalam banyak kelompok yang tidak diorganisasi secara khusus untuk tujuan komersial. Partisipasi tersebut bisa meningkatkan keterlihatan (visibility) dan dapat dipercaya perusahaan. Ada tiga kelompok dengan keterlihatan tertinggi, yaitu forum, news group, dan bulletin board:
a. Forum
Forum merupakan kelompok diskusi yang berada dalam layanan online. Sebuah lembaga bisa mengoperasikan sebuah perpustakaan, ruang konferensi untuk berbincang-bincang secara real time, dan bisa juga buku petunjuk iklan yang terklasifikasi. Untuk berpartisipasi dalam forum, seseorang sanggup berlangganan dengan atau tanpa biaya. Homepage website forum tersebut akan menampilkan icon untuk kilasan berita, perpustakaan, pesan serta ruang konferensi. Kebanyakan lembaga biasanya disponsori oleh kelompok umum ataupun kelompok khusus. Seperti halnya Yamaha sanggup memulai lembaga mengenai musik klasik terutama alasannya ialah kiprahnya sebagai perusahaan manufaktur besar alat-alat musik.
b. Newsgroups
Newsgroups ialah versi lembaga di internet, tetapi news groups terbatas pada orang yang menempatkan dan membaca pesan mengenai topik tertentu, daripada orang yang mengelola perpustakaan atau yang berkonferensi. Pengguna internet sanggup berpartisipasi dalam newsgroups tanpa harus berlangganan.
c. Bulletin boards system (BBS)
Bulletin boards system (BBS) merupakan layanan online yang terspesialisasi yang berpusat pada topik ataupun kelompok tertentu. Pelanggan BBS cenderung lebih setia dan aktif, dan enggan terhadap ikhtiar pemasaran yang cenderung terang-terangan. Terdapat lebih dari 60 ribu BBS di Amerika Serikat, yang menangani topik-topik menyerupai kesehatan, liburan, permainan komputer, real estate, dan lain sebagainya. Pemasar mungkin ingin mengidentifikasi beberapa BBS yang memiliki tipe pelanggan yang sesuai dengan pasar target mereka, dan kemudian mereka berpartisipasi dalam BBS tersebut secara halus.
3. Memasang Iklan Online
Perusahaan perorangan bisa memasang iklan di layanan online komersial dengan tiga cara. Yaitu pertama, layanan online komersial besar akan memperlihatkan kolom iklan untuk pencantuman iklan menurut golongan, iklan itu dicantumkan sesuai dengan ketika mereka tiba, dengan iklan yang terbaru berada di atas daftar. Kedua, iklan bisa ditempatkan didalam newsgroups tertentu yang ditujukan untuk kepentingan komersial. Dan yang ketiga iklan sanggup ditempatkan dipapan iklan online, mereka akan muncul ketika pelanggan menggunakan layanan tersebut, walaupun mereka tidak meminta iklan. Dalam hal ini, iklan mungkin muncul pada ketika pelanggan sedang melihat video dan tiba-tiba sebuah iklan muncul dengan kalimat kalimat tertentu.
4. Menggunakan E-Mail
Perusahaan sanggup membujuk calon pembeli dan pelanggan mereka untuk mengirimkan saran, pertanyaan, dan bahkan keluhan kepada perusahaan, dengan menggunakan alamat email perusahaan sebagai perantaranya. Staf pelayanan konsumen sanggup mengatakan sebuah balasan dengan cepat melaui email.
Perusahaan juga sanggup mengumpulkan nama calon pembeli ataupun pelanggan dan mengirimkan informasi periodik maupun khusus ke alamat email mereka. Kelompok tersebut mungkin bisa jadi sebuah klub penggemar, sekumpulan orang yang ingin memperoleh informasi terencana secara teratur ataupun laporan tahunan perusahaan, dan lain sebagainya. Perusahaan sanggup menggunakan daftar nama tersebut contohnya untuk mengirimkan surat pemberitahuan pada pemilik kendaraan beroda empat supaya membawa kendaraan beroda empat mereka untuk diservis, atau bisa juga kepada pemilik kucing biar sanggup membawa kucing mereka untuk penyuntikan obat rabies tahunan, atau bahkan kepada manajer untuk menghadiri seminar baru.
0 Response to "Pemasaran Online, 7 Manfaat Pemasaran Online, Dan 4 Susukan Pemasaran Online"
Posting Komentar