Bagaimana Cara Mengecek Data Mahasiswa Aktif Dan Nim Di Dikti

BlogMFE-BAGAIMANA CARA MENGECEK DATA MAHASISWA AKTIF DAN NIM DI DIKTI-Bagi kau yang gres menjadi mahasiswa, ada beberapa hal yang mungkin menciptakan kau takjub dan mungkin juga menciptakan kau bingung. Ya.. kehidupan dunia perkuliahan memang sangatlah berbeda dengan dunia sekolah, disini kau harus bersiap untuk sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam studimu. Selain itu kau juga harus tahu apa saja yang akan kau dapatkan selama dunia perkuliahan, salah satunya ialah Data Mahasiswa kamu.

Apa itu Data Mahasiswa? Data Mahasiswa merupakan data yang amat penting bagi mahasiswa alasannya yaitu berkaitan dengan perkuliahan selama di Perguruan Tinggi. Data ini sanggup menyatakan bahwa kau benar-benar berkuliah di perguruan tinggi tersebut. Data Mahasiswa ini akan dikumpulkan dan didaftarkan secara nasional pada PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) DIKTI.

For Your Information nih, PDPT merupakan pangkalan data yang memuat gosip kemahasiswaan dari perguruan tinggi yang terdaftar di seluruh Indonesia. PDPT ini dulu berjulukan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berdasar Elektronik Data). Data Mahasiswa yang sudah ada di website PDPT DIKTI ini sanggup membuktikan bahwa mahasiswa tersebut secara sah diakui dan bukan "Mahasiswa Bodong", kalo kau bagaimana?

Apa saja sih isi Data Mahasiswa di Website PDPT DIKTI? Data Mahasiswa di Website DIKTI berisi mengenai gosip Profil Mahasiswa dan gosip lain yang berkaitan dengan perkuliahan ibarat Riwayat Status Kuliah dan Riwayat Studi.

Pada Profil Mahasiswa, ada beberapa gosip yang ditampilkan yakni ibarat berikut:
  1. Nama Mahasiswa
  2. Jenis Kelamin Mahasiswa
  3. Perguruan Tinggi yang Bersangkutan Berkuliah
  4. Program Studi yang Ditempuh
  5. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  6. Semester Awal Perkuliahan
  7. Status Awal Mahasiswa
  8. Status Mahasiswa Saat Ini

Pada gosip Status Kuliah menerangkan status keaktifan perkuliahan mahasiswa mulai dari awal perkuliahan hingga semester dikala ini. Pada gosip ini juga menerangkan pula mengenai berapa SKS yang ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahnnya.

Pada gosip Riwayat Studi sebetulnya hanya menjabarkan gosip Status Kuliah saja, yakni mengenai mata kuliah apa saja dan beban sks yang sudah ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahannya. 

Mengapa kita harus mengecek Data Mahasiswa di PDPT DIKTI? Hal ini tentu sangat berkaitan bahwa kita benar-benar diakui oleh DIKTI sebagai Mahasiswa yang sah dan dari perguruan tinggi yang sah pula. Hal ini juga sanggup menepis anggapan bahwa kita bukan sebagai "Mahasiswa Bodong".

Sebenarnya untuk apa sih PDPT DIKTI itu? PDPT DIKTI banyak dipakai oleh banyak sekali kalangan dalam hal menilai seorang mahasiswa secara akademisnya. Sebagai pola di dunia kerja, HRD akan melihat track record seorang mahasiswa selama perkuliahnnya dari Website PDPT ini, selain itu HRD akan menilai status mahasiswa ini apakah berkuliah aktif atau tidak.

BAGAIMANA CARA MENGECEK DATA MAHASISWA DI WEBSITE DIKTI

Berikut ini merupakan paling termudah dalam mencek Data Mahasiwa di Website DIKTI:

Pertama-tama, kita buka dahulu WEBSITE FORLAP PDPT DIKTI di http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau klik DISINI

Langkah Kedua, Isi kolom Pencarian Data Mahasiswa yang terdiri Perguruan Tinggi, Program Studi, Kata Kunci, Pengaman. Hati-hati dalam mengisi kolom Perguran Tinggi jangan hingga salah instruksi Perguruan Tinggi ya. Pada kolom Kata Kunci isi Nama kau atau NIM kau dan pada kolom Pengaman isi abjad sama ibarat yang ada di kotak, klik CARI MAHASISWA



Langkah Ketiga, Sampai disini kau sanggup mengetahui Informasi singkat kau sebagai mahasiswa, yang terdiri dari gosip NIM, Nama Mahasiswa, Jenjang, Perguruan Tinggi, Program Studi. 


Langkah Keempat, Jika teman ingin lebih tahu gosip lengkap mengenai Data Mahasiswa sobat, kau sanggup klik Nama kamu, maka keluarlah gosip lengkap Data Mahasiswa yang terdiri dari Profil Mahasiswa, Status Mahasiswa, dan Riwayat Studi.



Keywords:
  1. Cara Mencari NIM di DIKTI
  2. Cara Cek NIM di PDPT DIKTI
  3. Cara Cek Info Mahasiswa di DIKTI
  4. Cara Mencari Jumlah SKS di DIKTI
  5. Cara Cek Mahasiswa Aktif
  6. Cara Mencegah Mahasiswa Bodong
  7. NIM di PDPT DIKTI
  8. Cara Cek Keaslian Data Mahasiswa
  9. Cara mencari Informasi Data Mahasiswa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Mengecek Data Mahasiswa Aktif Dan Nim Di Dikti"

Posting Komentar